Comscore Tracker

Ini Jadwal Baru PSM Makassar di AFC Cup 2020

AFC Cup 2020 sempat ditunda karena COVID-19

Makassar, IDN Times - Manajemen PSM Makassar telah menerima informasi terkait kelanjutan babak penyisihan grup AFC Cup 2020. Media Officer PSM, Sulaimam Karim mengatakan, berdasarkan rilis resmi AFC, pertandingan digelar kembali pada 23 hingga 29 September 2020 mendatang.

AFC sempat menunda sementara turnamen sebagai imbas dari pandemik COVID-19. Penundaan dimulai sejak 18 Maret 2020. "PSM Makassar masih akan melakoni tiga laga di fase penyisihan," kata Sulaiman dalam rilis resmi yang diterima jurnalis di Makassar, Kamis (9/7/2020).

1. Belum diketahui tempat laga lanjutan akan digelar

Ini Jadwal Baru PSM Makassar di AFC Cup 2020the-afc.com

Meski jadwal telah dirilis AFC namun, kata Sulaiman, pihak PSM belum secara rinci mengetahui di mana tempat pertandingan lanjutan nantinya. "AFC belum merilis di mana venue tiga laga sisa tersebut. Ada kemungkinan, tiga laga sisa itu akan dipusatkan di satu tempat saja," ujar Sulaiman.

Di AFC Cup, PSM Makassar tergabung di grup H bersama tiga tim lainnya, yakni Tampines Rovers dari Singapura, Shan United dari Myanmar dan Kaya FC Iloilo dari Filipina. Pada tiga laga yang telah dilakoni, skuad asuhan Bojan Hodak itu telah mengantongi 4 poin dari hasil sekali menang, sekali kalah dan sekali imbang.

Kekalahan PSM Makassar dialami saat tandang ke kandang Tampines Rovers, 12 Februari 2020 lalu. Kemudian menang saat menjamu Shan United, 26 Februari 2020. Terakhir, Pasukan Ramang ditahan imbang Kaya FC Iloilo, 10 Maret 2020. Tiga laga tunda yang bakal dilakoni berturut-turut adalah melawan Kaya FC Iloilo, Tampines Rovers, dan Shan United.

2. PSM Makassar sempat istirahatkan pemain seiring penundaan Liga 1 2020 karena COVID-19

Ini Jadwal Baru PSM Makassar di AFC Cup 2020ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

PSM Makassar sempat memberlakukan penambahan waktu istirahat bagi seluruh pemainnya. Perpanjangan waktu libur latihan sebagai upaya mencegah penularan COVID-19. Sulaiman saat itu mengatakan, tim PSM sedianya diagendakan kembali menjalani latihan pada Minggu, 22 Maret 2020.

PSM mulai membelakukan libur bagi para pemain sejak Senin, 16 Maret 2020. Libur pemain juga merupakan dampak dari pemberhentian sementara Liga 1 2020. "Imbas corona. Melihat situasi dan perkembangan di Makassar," kata Sulaiman kepada wartawan di grup percakapan WhatsApp, Sabtu, 21 Maret 2020.

Para pemain diimbau agar tetap menjaga kondisi kesehatan sebaik mungkin. Mereka juga diingatkan untuk tetap latihan fisik seperti biasa, sebagaimana porsi yang diberikan pelatih. "Jaga kondisi tubuh, diimbau tetap berlatih sendiri-sendiri. Yang paling penting adalah meminimalisir hal-hal yang bisa menyebabkan terpapar virus corona," Sulaiman menerangkan.

Baca Juga: Status Liga Belum Pasti, Manajemen PSM: Kami Ikut Apa Kata Pemerintah

3. PSSI lebih dulu mengambil keputusan melanjutkan liga di susul AFC Cup 2020

Ini Jadwal Baru PSM Makassar di AFC Cup 2020Liga-Indonesia.id

Informasi mengenai kelanjutan AFC Cup didahului dengan keputusan PSSI untuk melanjutkan kembali gelaran Liga 1 Indonesia 2020. Surat Keputusan Bernomor SKEP/53/VI/2020 tentang Kelanjutan Kompetisi Dalam Keadaan Luar Biasa Tahun 2020 menyatakan bahwa seluruh kompetisi sepak bola di Indonesia akan kembali dilanjutkan pada bulan Oktober 2020.

Kendati rencana melanjutkan Liga 1 2020 sudah mendapat lampu hijau dari PSSI dan PT LIB, PSM Makassar ternyata masih belum menentukan kapan seluruh penggawa Juku Eja kembali berkumpul dan berlatih bersama. "Belum ada keputusan. Masih dibicarakan oleh tim pelatih," ujar Sulaiman kepada IDN Times pada Kamis (2/7/2020).

Seluruh pemain PSM sendiri telah menjalani program latihan mandiri di rumah masing-masing selama tiga bulan terakhir, atau sejak Liga 1 resmi ditangguhkan pada akhir Maret. Lebih jauh, seluruh pemain asing bahkan sudah tidak berada di Makassar.

Baca Juga: Kata Pemain dan Suporter PSM Merespons Liga 1 Dilanjutkan Oktober 2020

Topic:

  • Sahrul Ramadan
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya