Comscore Tracker

Fans di Ambon Patungan Membuat Mural Timnas Belanda untuk Piala Dunia

Mural sebagai wujud kecintaan terhadap Timnas Belanda

Ambon, IDN Times – Fans tim nasional (timnas) Belanda di Kota Ambon, Maluku, rela patungan demi membuat mural di tembok sepanjang 200 meter lebih, sebagai bentuk dukungan kepada De Oranje pada Piala Dunia Qatar 2022.

Karya serupa juga pernah dibuat pada Piala Dunia 2018. Khusus kali ini, para pemuda di kawasan itu kembali memperbaharui mural tersebut. Mereka menambah pernak-pernik natal bercorak oranye.

“Mural itu sebagai bukti kecintaan kami untuk tim De Oranje,” ujar Sani Lisapaly kepada IDN Times, Rabu (30/11/2022).

1. Ide membuat mural agar fans De Oranje di Ambon diketahui KNVB

Fans di Ambon Patungan Membuat Mural Timnas Belanda untuk Piala DuniaMural timnas sepak bola Belanda di daerah Bere-bere, Kota Ambon, Maluku/Muhammad Jaya untuk IDN Times

Sani mengatakan, inisiatif membuat mural itu berawal dari harapan sejumlah fans Timnas Belanda agar mereka bisa diketahui oleh KNVB (Internasional Koninklijke Nederlandse Voetbalbond),induk sepak bola Kerajaan Belanda, bahwa mayoritas warga Ambon merupakan fans fanatik De Oranje.

Mural mulai dibuat sejak Piala Dunia 2018, namun saat Piala Eropa tak dicat lagi karena Belanda tidak masuk. ”Nah di 2022, kami patungan lagi membeli cat dan membuat mural,” jelas Sani. Karena bertepatan menjelang Natal, kata Sani, maka karya seni itu ditambahkan pernak-pernik natal.

2. Bere-Bere terkenal dengan tembok mural KNVB dan De Oranje

Fans di Ambon Patungan Membuat Mural Timnas Belanda untuk Piala DuniaMural timnas sepak bola Belanda di daerah Bere-bere, Kota Ambon, Maluku/Muhammad Jaya untuk IDN Times

Kepala Pemasaran Internasional KNVB, Ilja Dijkstr mengatakan, mural KNVB dan De Oranje di Bere-Bere, Kota Ambon sudah sangat terkenal dan diketahui oleh KNVB.  

“Mural tersebut di lokasi di mana para penggemar sudah sering ke sini untuk berkumpul dan berfoto,” jelasnya.

3. Filosofi di balik mural di Bere-Bere bagi KNVB

Fans di Ambon Patungan Membuat Mural Timnas Belanda untuk Piala DuniaMural timnas sepak bola Belanda di daerah Bere-bere, Kota Ambon, Maluku/Muhammad Jaya untuk IDN Times

Lukisan mural yang ada saat ini merupakan hadiah dan pengakuan bagi komunitas penggemar Timnas Belanda di Ambon.

“Alasan mengapa kami memilih lukisan mural adalah karena akan ada, tidak hanya dalam hitungan jam tapi berhari-hari. Bahkan berbulan-bulan,” jelasnya.

Mural itu juga tanda nyata bahwa KNVB pernah berkunjung ke Ambon. Selain itu, lokasi mural itu juga jadi tempat para penggemar berkumpul dan berfoto untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap De Oranje.

Baca Juga: Serunya Nobar Piala Dunia Qatar Vs Belanda yang Digelar KNVB di Ambon

4. Gembira mendengarkan cerita fans fanatik De Oranje di Ambon

Fans di Ambon Patungan Membuat Mural Timnas Belanda untuk Piala DuniaRibuah fans fanatik di Kota Ambon, Maluku, pawae usai Belanda kalahkan Qatar 2.-0/Istimewa

Ilja mengaku sangat senang dengan beragam kegiatan dan ekspresi kecintaan fans kepada De Oranje di Ambon. Mulai cerita unik tentang alasan mereka mendukung Oranje dan berkonvoi setelah Oranje berlaga!

“Saya tidak yakin para penggemar yang di Belanda akan begitu bersemangat seperti di sini,” tandasnya.

Ilja mengaku, belum pernah mengalami hal seperti ini sebelumnya. Pengalaman itu diakuinya sangat luar biasa dan akan dia ceritakan ke semua rekan di KNVB.

”Saya senang melihat konvoi sudah sampai ke media Belanda karena para penggemar di Ambon mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas kefanatikan mereka yang sesungguhnya,” ujarnya.

Baca Juga: Delegasi KNVB Puji Bakat Sepak Bola Anak-Anak Tulehu Maluku Tengah

Muhammad Jaya Photo Community Writer Muhammad Jaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya