TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Asnawi Jadi Pesepak Bola Sulsel Pertama yang Cetak Gol di Piala Asia

Eks pemain PSM penentu kemenangan Indonesia atas Vietnam

Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Vietnam pada laga kedua penyisihan grup D Piala Asia 2023 di Stadion Abdullah Bin Khalifah, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024). ANTARAFOTO/Yusran Uccang/rwa.

Makassar, IDN Times - Asnawi Mangkualam menjadi penentu kemenangan Indonesia atas Vietnam di matchday kedua Grup D Piala Asia 2023 Qatar. Berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium Doha pada Jumat malam (19/1/2024), penaltinya pada menit ke-43 jadi satu-satunya gol yang tercipta dalam laga tersebut.

Wasit Sadullo Gulmurodi asal Tajikistan menunjuk titik putih setelah Nguyen Thanh Binh melanggar Rafael Struick dengan cara menarik kaos. Anak asuh Philippe Troussier tersebut bahkan kehilangan satu pemain akibat kartu merah di pengujung waktu normal. Tiga poin ini membuat asa Merah Putih melaju ke fase gugur masih terbuka.

Baca Juga: Tanpa Klub, Tim Mana Saja Peminat Asnawi Mangkualam?

1. Asnawi kini sejajar dengan para legenda Timnas seperti Widodo C. Putro dan Bambang Pamungkas

Untuk olahraga Sulawesi Selatan (Sulsel), tembakan duabelas pas Asnawi sangat membanggakan. Ini jadi pertama kalinya seorang pesepak bola asal Sulsel mencetak gol di putaran final Piala Asia, sejak Indonesia debut pada edisi 1996 atau 28 tahun yang lalu.

Asnawi serta Marselino Ferdinan yang mencetak gol pada laga pertama versus Irak kini sejajar dengan para legenda Timnas pembobol gawang lawan di Piala Asia. Sebut saja Widodo C. Putro, Ronny Wabia, Budi Sudarsono, Ponaryo Astaman, Elie Aiboy serta Bambang Pamungkas. Sejuah ini, total sudah 12 gol dilesakkan Timnas di Piala Asia.

2. Sebelumnya ada gelandang Syamsul Chaeruddin yang menyumbang satu asis pada Piala Asia 2007

Sebelum gol Asnawi, sumbangsih pesepak bola Sulsel dalam gol Timnas di pentas Piala Asia terjadi pada edisi 2007. Saat itu, Indonesia berhadapan dengan Arab Saudi dalam matchday kedua Grup D yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Diawali duel dengan gelandang Arab Saudi, Syamsul Chaeruddin berhasil merebut bola dan mengirim umpan terobosan ke Elie Aiboy pada menit ke-17. Lolos dari jebakan offside, Elie melewati kiper Yasser Al Mosailem sebelum menceploskan bola ke gawang. Asis Syamsul membuat Indonesia samakan kedudukan, meski akhirnya kalah 2-1.

Berita Terkini Lainnya