Comscore Tracker

Wiljan Pluim Sudah Tiba, Apa Bisa Main saat PSM Jumpa Persija?

Harus jalani karantina selama lima hari terlebih dahulu

Makassar, IDN Times - Satu-satunya legiun asing PSM Makassar yang tersisa, Wiljan Pluim, sudah berada di Indonesia. Ini diketahui dari unggahan Instagram story @wiljanpluim pada Selasa (13/4/2021) sore.

Dalam foto tersebut, terlihat gelandang 32 tahun itu sedang berada dalam kamar sebuah hotel di Jakarta untuk menjalani karantina. Sesuai aturan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), semua WNA wajib melakukan hal tersebut selama lima hari.

1. Wiljan Pluim takkan memperkuat PSM di semifinal Piala Menpora

Wiljan Pluim Sudah Tiba, Apa Bisa Main saat PSM Jumpa Persija?Tangkapan layar Instagram story pemain PSM Makassar, Wiljan Pluim, yang diunggah pada Selasa 13 April 2021. (Instagram.com/wiljanpluim)

Lantaran peraturan Kemenkes tersebut, Pluim dipastikan absen sepenuhnya dari dua leg babak semifinal Piala Menpora kontra Persija Jakarta. Duel ulangan final Piala Indonesia 2018/19 tersebut bakal dihelat pada Kamis (15/4/2021) dan Minggu (18/4/2021) nanti.

Namun tak cuma itu. Manajemen ternyata tak memasukkan nama jebolan tim muda Vitesse Arnhem itu dalam daftar 30 penggawa Juku Eja untuk helatan pramusim tersebut.

"Kalau lawan Persija, Pluim sudah pasti tidak bisa dimainkan. Karena kami tidak mendaftarkan dia di Piala Menpora," ungkap Media Officer PSM Sulaiman Abdul Karim melalui pesan singkat pada Selasa (13/4/2021) sore.

2. Manajemen Juku Eja tetap kukuh dengan pendirian menggunakan skuad full pemain lokal

Wiljan Pluim Sudah Tiba, Apa Bisa Main saat PSM Jumpa Persija?Gelandang PSM Makassar, Wiljan Pluim, saat berlatih bersama rekan-rekan setimnya di Stadion Dwi Windu Bantul, DI Yogyakarta, pada Sabtu (3/10/2020), (Instagram.com/psm_makassar)

Alhasil, janji manajemen PSM Makassar untuk turun cuma dengan pemain lokal tetap terjaga. Terlebih dari seluruh kontestan semifinal, cuma tim asuhan Syamsuddin Batolla itu yang tak menyelipkan legiun asing di starting eleven.

Di sisi lain, eks penggawa Becamex Binh Duong itu sempat santer diberitakan jadi incaran sejumlah klub Liga 1. Salah satunya Persita Tangerang yang disebut melakukan negosiasi pada bulan Maret kemarin.

Baca Juga: Piala Menpora: Antar Lini Persija vs PSM, Siapa Unggul?

3. Dua leg duel Pasukan Ramang kontra Macan Kemayoran tak memakai aturan gol tandang

Wiljan Pluim Sudah Tiba, Apa Bisa Main saat PSM Jumpa Persija?Pemain PSM Makassar, Rizky Eka Pratama (kanan) berusaha merebut bola dari pemain Persija Jakarta, Tony Sucipto (kiri) dalam pertandingan babak penyisihan Grup B Piala Menpora, di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Senin (22/3/2021). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Leg pertama Persija versus PSM akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo Sleman, pada Kamis (15/4/2021) malam. Sementara Stadion Manahan Solo didapuk sebagai tuan rumah leg kedua di hari Minggu (18/4/2021) mendatang.

Alih-alih menerapkan regulasi kejuaraan yang sudah lazim, PT Liga Indonesia Baru selaku operator menerapkan perubahan untuk semifinal. Tak ada aturan gol tandang yang diterapkan. Maka jika skor sama kuat di sepanjang dua pertemuan, pemenang ditentukan lewat adu penalti tanpa perpanjangan waktu.

Baca Juga: Piala Menpora: Masuk Ramadan, PSM Makassar Bakal Gelar Latihan Malam

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya