Comscore Tracker

Undian Final Piala Indonesia: PSM Melawat ke Jakarta Lebih Dulu

Juku Eja baru menjadi tuan rumah di leg kedua

Makasssar, IDN Times - Usai merampungkan fase semi final, Piala Indonesia 2018/19 bakal menggelar babak penentu siapa yang berhak membawa pulang trofi supremasi usai 'menghilang' selama lima tahun.

Persija dan PSM bakal saling jajal dalam dua leg final kejuaraan yang mempertemukan klub-klub sepak bola Indonesia dari kasta tertinggi Liga 1 hingga tim-tim yang selama ini lebih banyak berkecimpung di kompetisi Liga 3 regional.

Macan Kemayoran kembali merasakan final Piala Indoensia sejak menjadi runner-up edisi 2005 (kalah 4-3 dari Arema via perpanjangan waktu) usai menekuk wakil Kalimantan, Borneo FC, dengan agregat 3-2.

Baca Juga: PSM Lolos ke Final Liga Indonesia, Kalezic Ucapkan Terima Kasih

1. Undian final Piala Indonesia 2018/19 dihelat pada Selasa (9/7) di SUGBK Jakarta

Undian Final Piala Indonesia: PSM Melawat ke Jakarta Lebih DuluPSSI.org

Adapun Juku Eja akhirnya menyabet tiket menuju penentuan juara untuk pertama kali dalam sejarah klub, berkat keunggulan gol tandang dalam agregat sama kuat 2-2 atas Madura United. Sebagai catatan tambahan, Persija dan PSM adalah rival sengit sepanjang gelaran Liga 1 musim kemarin.

Sebagai 'pengantar' menuju helatan pamungkas, PSSI selaku penyelenggara menggelar proses drawing pada Selasa (9/7) sore di Garuda Store, Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

Pengundian ini bertujuan menentukan siapa yang berhak menjadi tuan rumah dan melawat ke kandang lawan dahulu mengingat final Piala Indonesia edisi kali ini memakai format dua leg kandang-tandang, alih-alih satu laga di tempat netral seperti enam edisi sebelumnya.

2. Persija lebih dulu menjamu PSM di leg pertama sebelum melawat ke Makassar sepekan berselang

Undian Final Piala Indonesia: PSM Melawat ke Jakarta Lebih DuluMyCujoo/PSSI.tv

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria, Sigit Hindoroseto selaku perwakilan Kratingdaeng Indonesia yang merupakan sponsor Piala Indonesia 2018/19, serta manajer kedua tim yakni Ardhi Tjahjoko (Persija) dan Munafri Arifuddin (PSM) sebagai perwakilan.

Hasilnya, Persija akan menjamu lebih dulu sang tamu dari Makassar di leg pertama pada Minggu 21 Juli. Sedang anak asuh Darije Kalezic kebagian giliran menjadi tuan rumah untuk leg kedua sepekan kemudian, Minggu 28 Juli. Seluruh pertandingan digelar pada sore hari pukul 15.30 WIB (16.30 WITA).

Baca Juga: Jalan Panjang PSM Makassar dalam Merajai Sepak Bola Indonesia

3. Macan Kemayoran berharap bisa menjamu Wiljan Pluim cs di SUGBK

Undian Final Piala Indonesia: PSM Melawat ke Jakarta Lebih DuluInstagram.com/psm_makassar

Wiljan Pluim cs dipastikan menerima lawatan Persija di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging pada leg kedua, sesuatu yang sudah dilakoni sejak Babak 32 Besar. Sementara itu pasukan Julio Banuelos berharap bisa menjamu PSM di SUGBK, kendati Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi jadi opsi cadangan.

Selain trofi, juara Piala Indonesia 2018/19 akan mendapatkan hadiah sebesar Rp2 miliar di saat runner-up diberi Rp. 1,5 milyar. Selain itu, jawara edisi kali ini juga mendapat satu tiket ke babak play-off kualifikasi AFC Cup 2020.

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Ita Lismawati F Malau

Just For You