Comscore Tracker

Tekuk Persib di Final, Ramang Muda PSM Makassar Juara U-16 EPA 2021

Menekuk Persib di final dengan skor tipis 1-2

Makassar, IDN Times - Tim PSM Makassar U-16 berhasil mengunci gelar juara ajang Elite Pro Academy (EPA) 2021 untuk kelompok usia di bawah 16 tahun.

Mereka menekuk Persib Bandung U-16 dengan skor tipis 1-2 dalam partai final yang dihelat di Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, Kamis siang (25/11/2021).

Dua gol Ramang Muda diciptakan oleh bek sayap Fakhri Al-Qadri dan penyerang Arjuna Tri Wahyudi, masing-masing di menit ke-33 dan 38. Sedangkan gol balasan Persib U-16 tercipta dari penalti striker Muhamad Gaoshirowi pada awal babak kedua.

1. Pelatih PSM U-16 Erik Saputra memuji kerja keras dan kebersamaan timnya

Tekuk Persib di Final, Ramang Muda PSM Makassar Juara U-16 EPA 2021Pelatih PSM Makassar Erik Saputra merayakan kemenangan atas Borneo FC dalam laga semifinal Elite Pro Academy (EPA) 2021 di Lapangan Sabilulungan Kab. Bandung, Rabu 24 November 2021. (Instagram.com/akademipsmmakassar)

Berbicara dalam sesi jumpa pers pascafinal, juru taktik PSM U-16 yakni Erik Saputra sangat bahagia dengan capaian ini. Apalagi anak asuhnya diakui sempat lambat panas. Bahkan mereka baru memastikan lolos di akhir fase grup, dengan status peringkat 3 terbaik.

Di babak gugur, mereka menundukkan Persija dengan skor 4-0 dan Borneo FC lewat adu penalti. Erik memuji kerja keras dan kebersamaan timnya sebagai resep sukses memboyong trofi EPA U-16.

"Para pemain sudah bekerja keras, walau di penyisihan sempat terseok-seok dan nyaris tidak lolos ke fase berikutnya. Tapi anak-anak bisa buktikan dengan kerja keras, ketekunan, kebersamaan yang bagus, sehingga kita bisa seperti ini," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima IDN Times.

2. Target awal Ramang Muda adalah lolos ke babak 8 besar

Tekuk Persib di Final, Ramang Muda PSM Makassar Juara U-16 EPA 2021PSM Makassar U-16 saat berhadapan dengan Arema FC di seri pertama Elite Pro Academy (EPA) 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Erik bahkan mengaku tak menyangka bisa memboyong gelar juara EPA U-16. Dengan persiapan mepet dan minimnya uji coba sebelum berangkat ke Jawa Barat, ia sempat memilih realistis untuk perkara target.

"Kalau memimpikan (bisa juara), saya sebagai pelatih juga memimpikan. Tapi kalau berpikir sampai sejauh ini, itu di luar perkiraan saya. Karena awalnya target saya lolos ke fase 8 besar, dengan materi pemain yang pas-pasan," tuturnya.

"Persiapan kami bahkan tidak sampai satu bulan. Tapi inilah sepak bola, tidak ada yang bisa menebak hasilnya," imbuh Erik.

3. Setelah ini, sejumlah pemain U-16 akan dimasukkan ke tim U-18

Tekuk Persib di Final, Ramang Muda PSM Makassar Juara U-16 EPA 2021Para pemain PSM Makassar U-16 berpose sebelum bertanding melawan Borneo FC U-16 di semifinal Elite Pro Academy 2021 (EPA) yang berlangsung di Lapangan Sabilulungan Kab. Bandung, Rabu 24 November 2021. (Instagram.com/akademipsmmakassar)

Senada dengan sang pelatih, kapten tim PSM U-16 Sulthan Zaky membuka pernyataan dengan pujian kepada rekan-rekan setim yang sudah berjuang sekuat tenaga. Menurutnya, hasil ini diraih juga berkat kedekatan yang terjalin di antara pemain.

"Saya sangat bangga dan bersyukur atas kemenangan ini. Semua itu karena usaha dan doa, berkat kebersamaan di hotel, dan ini juga berkat kuasa Allah SWT," ungkap bek pemilik nomor punggung 14 itu.

Coach Erik menyebut sebagian pemain U-16 akan "naik kelas" ke level U-18, sebagai bagian dari upaya Akademi PSM melahirkan talenta-talenta baru.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya