Tavares Frustasi PSM Cuma Bisa Imbang Lawan Bhayangkara

Juku Eja belum beranjak dari posisi 10 klasemen Liga 1

Makassar, IDN Times - Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares tidak puas dengan hasil imbang timnya melawan Bhayangkara FC, Jumat malam (8/12/2023). Kedua tim berbagi poin usai bermain dengan skor akhir 1-1.

Tavares mengatakan semestinya Juku Eja bisa menang di pertandingan itu. Sebab sebagai tuan rumah, mereka memiliki banyak peluang mencetak gol.

"Hal tersebut sebenarnya membuat kita merasa frustrasi sebab ini adalah kali terakhir kita bertanding di Parepare ," katanya pada konferensi pers usai pertandingan.

Pertandingan lawan Bhayangkara FC adalah pertandingan kandang terakhir PSM di Parepare. Sebab Pemerintah Kota Parepare berencana mengerjakan renovasi stadion Gelora BJ. Habibie.

Baca Juga: PSM dan Bhayangkara Berbagi Angka usai Imbang 1-1 di Parepare

1. Bermain lebih menyerang, PSM Makassar hanya mampu mencetak satu gol

Tavares Frustasi PSM Cuma Bisa Imbang Lawan BhayangkaraStriker PSM Makassar, Adilson da Silva (kiri), saat melewati hadangan gelandang Bhayangkara FC yakni David Maulana (kanan) dalam laga pekan ke-22 BRI Liga 1 2023-24 yang berlangsung di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Jumat 8 Desember 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Juku Eja membuka keunggulan lebih dulu lewat gol sundulan Kenzo Nambu pada menit ke-59. Kans menambah keunggulan lewat penalti Yuran Fernandes tujuh menit berselang malah terbuang sia-sia. Anak asuh Mario Gomez akhirnya samakan kedudukan lewat gol Junior Brandao di menit ke-79 lewat tembakan first time indah.

PSM sendiri lebih banyak mengirim serangan sepanjang pertandingan. Total tembakan yang mereka lepas mencapai 16, di mana 4 diantaranya mengarah langsung ke gawang lawan. Bhayangkara FC sendiri hanya catatkan 3 shots on target dari 9 peluang.

Kombinasi serangan balik lewat sisi sayap dan umpan-umpan jauh membuat kubu tuan rumah kerap membuat lini belakang The Guardians kewalahan. Tapi, kuartet bek Bhayangkara FC dan kiper Aqil Savik menunjukkan kinerja solid.

2. Jumlah penonton laga ini naik signifikan ketimbang partai kandang sebelumnya

Tavares Frustasi PSM Cuma Bisa Imbang Lawan BhayangkaraGelandang PSM Makassar, Akbar Tanjung (kiri), berusaha mengadang gelandang Bhayangkara FC Zulfahmi Arifin (kanan) dalam laga pekan ke-22 BRI Liga 1 2023-24 yang berlangsung di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Jumat 8 Desember 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Lebih jauh, Tavares mengungkapkan rasa terima kasih atas kedatangan para suporter di stadion. Jumlah penonton sendiri mencapai 7.325 orang, meningkat drastis ketimbang laga pekan ke-20 melawan Persikabo pada Kamis lalu (23/11/2023) yang dihadiri 2.390 pasang mata.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada suporter yang datang mendukung kita dan membuat atmosfer pertandingan terasa luar biasa. Kami tahu pengorbanan apa yang mereka lakukan, termasuk perjalanan jarak jauh yang mereka tempuh," jelas juru taktik asal Portugal tersebut.

3. Juku Eja akan bertandang ke markas Persik Kediri sebelum kompetisi diliburkan

Tavares Frustasi PSM Cuma Bisa Imbang Lawan BhayangkaraAksi striker PSM Makassar, Victor Mansaray (tengah) dalam laga pekan ke-22 BRI Liga 1 2023-24 versus Bhayangkara FC yang berlangsung di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Jumat 8 Desember 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Laga versus Bhayangkara FC ini jadi partai terakhir mereka di Parepare. Ini lantaran GBJH akan direnovasi oleh Kementerian PUPR mulai akhir Desember atau awal Januari. Alhasil, Muhammad Arfan dan kawan-kawan dipastikan menjadi musafir hingga akhir musim 2023-24.

Saat ini, PSM Makassar tertahan di posisi 10 klasemen sementara dengan perolehan 28 poin. Sebelum kompetisi diliburkan lantaran perhelatan Piala Asia hingga bulan Februari 2024, mereka akan bertandang ke kandang Persik Kediri untuk lanjutan pekan ke-23 Liga 1 pada Senin 18 Desember 2023.

Baca Juga: Lawan Bhayangkara, Pelatih PSM: Pemain Belum Digaji Tiga Bulan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya