PSM dan Bhayangkara Berbagi Angka usai Imbang 1-1 di Parepare

PSM gagal mempertahankan keunggulan di babak kedua

Makassar, IDN Times - PSM Makassar gagal memetik kemenangan di kandang sendiri, saat menjamu Bhayangkara FC, di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Jumat malam (8/12/2023). Kedua tim bermain imbang 1-1.

Pada pertandingan itu, PSM lebih dulu unggul lewat gol Kenzo Nambu di babak kedua. Juku Eja hampir mengamankan poin penuh, sebelum Junior Brandao mencetak gol balasan di 15 menit akhir pertandingan.

Tambahan satu poin tak membuat PSM Makassar beranjak dari posisi 10 klasemen sementara dengan 28 poin. Sedangkan Bhayangkara FC masih berada di dasar klasemen dengan 12 poin.

Jalannya pertandingan:

Pertandingan dimulai dengan serangan dari kubu tuan tumah. Yakob Sayuri dari PSM Makassar berusaha menciptakan peluang di menit kedua, tetapi upayanya diblok oleh pertahanan Bhayangkara FC.

Tidak mau ketinggalan, Bhayangkara FC melalui David Maulana juga mencoba merespons dengan perobaan pada menit ke-5. Tapi serangannya masih bisa dihalangi oleh lini pertahanan PSM Makassar.

Bhayangkara FC terus menunjukkan agresivitas di lapangan dengan beberapa serangan yang mengancam di menit-menit awal sepanjang 20 menit awal. Sani Rizki Fauzi dan Junir Brandao silih berganti melepas tembakan, tapi tak berhasil membidik target. Dendy Sulistyawan juga ikut menciptakan peluang, dan belum bisa membuahkan gol.

PSM Makassar berusaha membalas mulai menit ke-23, Yance Sayuri berhasil melepaskan tembakan tapi diblok oleh seorang bek lawan. Usaha serupa dilakukan oleh Adilson da Silva dan Daffa Salman lewat double chance empat menit berselang, tapi masih belum mampu menggetarkan jala lawan.

Kedua tim terus berupaya meningkatkan intensitas serangan. Yakob Sayuri dari PSM Makassar membuat beberapa upaya pada menit ke-33 dan ke-34, tapi tembakannya diblok oleh pemain belakang lawan.

Bhayangkara FC baru keluar menyerang di pengujung babak pertama. Mereka mencoba lewat tembakan I Putu Gede Juni Antara dan David Maulana. Tapi dua percobaan tersebut masih diblok oleh pemain belakang PSM Makassar.

Kedua tim sudah berusaha memburu gol sepanjang pertama dengan saling bertukar serangan lewat skeman permainan terbuka. Tapi tak ada satu gol pun tercipta hingga masuk masa turun minum.

Kedua tim tetap bermain menyerang di babak kedua. Pada menit ke-48, Ze Paulo dari PSM Makassar mencoba peruntungannya, tetapi bola masih berhasil dihadang oleh pertahanan The Guardians. Menit ke-56, tembakan jarak dekat Victor Mansaray melalui serangan balik bisa dihalau oleh kaki kiper Bhayangkara FC yakni Aqil Savik. 

Juku Eja berhasil membuka keunggulan pada menit ke-59 lewat sundulan Kenzo Nambu. Manfaatkan sepak pojok Yance Sayuri, Kenzo yang lolos dari penjagaan bisa mengonversi peluang emas tersebut.

Menit ke-64, wasit menghadiahkan penalti pada tim tuan rumah setelah Adilson dijegal oleh Marcelo Herrera. Padahal menurut tayangan ulang, jegalan Marcelo terjadi di luar kotak penalti.

Yuran yang ditunjuk sebagai eksekutor gagal melaksanakan tugasnya sebab tembakannya dihalau oleh kiper Bhayangkara FC yakni Aqil Savik. Bola rebound liar bisa dimanfaatkan Adilson dan sudah melewati garis gawang, tapi dianulir karena dianggap lebih dulu pelanggaran terhadap Aqil Savik.

Setelah berulang kali mengirim serangan balik, Bhayangkara FC akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-78 lewat sepakan Junior Brandao. Manfaatkan sapuan tidak sempurna Daffa Salman, striker asal Brasil tersebut langsung melepas tembakan keras first time yang menghujam gawang PSM yang dikawal Reza Arya.

Berikut ini susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Daffa Salman, Yuran Fernandes, Erwin Gutawa; Yance Sayuri (Ricky Pratama, 85'), Ze Paulo (Rasyid Bakri, 84'), Akbar Tanjung, Kenzo Nambu (Ricky Pratama, 79'), Yakob Sayuri; Adilson da Silva (Joao Pedro, 86'), Victor Mansaray

Bhayangkara FC (4-3-3)

Muhammad Aqil Savik (GK); I Putu Gede Juni Antara, Anderson Salles, Marcelo Herrera, Fatchu Rochman (Dimas Juliono Pamungkas, 71'); David Maulana, Matias Mier (Muhammad Hargianto. 61'), Zulfahmi Arifin (Muhammad Ragil, 71'); Dendy Sulistyawan (Witan Sulaeman, 71'), Junior Brandao, Sani Rizki Fauzi (Osvaldo Haay, 55')

Baca Juga: Lawan Bhayangkara, Pelatih PSM: Pemain Belum Digaji Tiga Bulan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya