Suporter PSM Ultimatum Manajemen, Diminta Segera Membuka Ruang Dialog

Sehubungan dengan masalah finansial yang tak kunjung reda

Makassar, IDN Times - Rasa gelisah suporter PSM Makassar atas kesulitan finansial klub membuat mereka berani bersikap. Tergabung dalam wadah Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia (PN-SSI) Wilayah Sulawesi, mereka mengultimatum pihak manajemen untuk bisa transparan terkait kondisi tim sebenarnya.

"(Kami) meminta manajemen PSM Makassar, bapak Sadikin Aksa selaku CEO PSM untuk menggelar pertemuan terbuka kepada seluruh elemen kelompok suporter (maksimal 1x24 jam) sejak surat ini diterbitkan," demikian petikan surat pernyataan PN-SSI Sulawesi yang diterima IDN Times pada Sabtu (16/12/2023).

Praktis, hari ini jadi batas manajemen dan CEO PT. Persaudaraan Sepakbola Makassar yakni Sadikin Aksa untuk menjawab tuntutan suporter tersebut.

1. CEO PSM, Sadikin Aksa (kiri), diminta segera menggelar pertemuan dengan perwakilan suporter

Suporter PSM Ultimatum Manajemen, Diminta Segera Membuka Ruang DialogDirektur Utama PSM Makassar Sadikin Aksa memeluk gelandang M Arfan usai timnya memastikan juara Liga 1 musim 2022/2023. (Dok. Istimewa)

Meski begitu, PN-SSI tetap mengutamakan dialog bersama manajemen Juku Eja. Membuka ruang-ruang diskusi sangat diutamakan untuk menjelaskan duduk perkara dan mencari jalan keluar. Meski begitu, suporter sudah menyiapkan rencana cadangan jika permintaan tersebut tak kunjung mendapat balasan.

"Apabila langkah poin pertama (dialog, red.) tidak mendapatkan respons, maka PN-SSI Sulawesi menyerahkan sepenuhnya keputusan pada seluruh kelompok suporter, termasuk kemungkinan adanya aksi besar-besaran yang dilakukan oleh seluruh kelompok suporter," tegas para kelompok suporter dalam surat tersebut.

2. Masalah tunggakan gaji kembali dibeberkan Bernardo Tavares pada 7 Desember 2023 silam

Suporter PSM Ultimatum Manajemen, Diminta Segera Membuka Ruang DialogGelandang PSM Makassar, Ze Paulo (kiri) saat berusaha melewati bek Bhayangkara FC Marcelo Herrera (kanan) dalam laga pekan ke-22 BRI Liga 1 2023-24 yang berlangsung di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Jumat 8 Desember 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Masalah tunggakan gaji yang dialami PSM Makassar kembali dibeberkan oleh sang pelatih kepala, Bernardo Tavares, pada 7 Desember silam. Mereka bahkan sama sekali tidak menggelar latihan persiapan jelang partai pekan ke-22 BRI Liga 1 2023-24 kontra Bhayangkara FC. Hasilnya, Juku Eja ditahan imbang 1-1 meski berlaga di Parepare.

"Ada pemain kami yang gajinya tertunggak satu bulan, dua bulan, bahkan tiga bulan. Salah satu anggota staf bahkan sudah lima bulan tidak menerima gaji," ungkapnya.

"Masalah tersebut tidak membuat suasana dalam tim lebih bagus. Padahal pertandingan ini sangat penting, terlebih kita akan menghadapi tim yang punya anggaran lebih besar serta pemain-pemain dengan skill individu bagus," jelas pelatih asal Portugal itu.

Baca Juga: Merasa Dikhianati Masalah Gaji, Victor Mansaray Cabut dari PSM

3. Yang terbaru, Victor Mansaray umumkan hengkang lantaran gajinya belum juga dibayar

Suporter PSM Ultimatum Manajemen, Diminta Segera Membuka Ruang DialogPenyerang PSM Makassar, Victor Mansaray, dalam sesi pemanasan jelang laga pekan ke-18 BRI Liga 1 2023-24 kontra Persija Jakarta yang berlangsung di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Jumat 3 November 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Yang tebaru, striker Victor Mansaray pada Jumat lalu (15/12/2023) mengatakan telah mengakhiri kontraknya bersama PSM secara sepihak. Problem gaji yang belum dibayar jadi alasan utama pemain berpaspor Amerika Serikat tersebut untuk hengkang meski kontraknya masih menyisakan 4,5 bulan.

"Penundaan gaji adalah sesuatu yang sama sekali tidak saya tolerir. Saya merasa dikhianati dan dibohongi oleh pihak manajemen (PSM Makassar, red.)," ungkap jebolan Seattle Sounders dalam unggahan story di akun Instagram pribadinya, @baller___97.

Kendati demikian, Mansaray tetap disiapkan untuk laga pekan ke-23 versus Persik Kediri yang berlangsung pada Senin besok (18/12/2023). "Mansaray terjadwal berangkat ke Kediri," jelas Media Officer PSM Sulaiman Abdul Karim dalam keterangan tertulis pada Sabtu sore (16/12/2023).

Baca Juga: Resmi Pamit dari PSM Makassar, Everton Ungkapkan Pesan Penuh Haru

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya