Saga Status Wiljan Pluim, dan Janjinya Pensiun di PSM Makassar

Ia belum kembali berkumpul dengan tim hingga sekarang

Makassar, IDN Times - Nama gelandang serang PSM Makassar, Wiljan Pluim, menjadi topik panas selama beberapa pekan terakhir. Ini lantaran ia sudah tidak masuk dalam daftar susunan pemain sejak pekan ke-11 BRI Liga 1 2023-24. Selain itu, sosok yang akrab disapa Willy tersebut dikabarkan masih berada di Belanda meski jeda internasional sudah selesai.

Praktis, desas-desus tentang hengkangnya gelandang kreatif tersebut kembali menyeruak. Terutama sejak kabar tentang tunggakan gaji pemain dan staf pelatih PSM Makassar terdengar, meski sudah diatasi oleh manajemen. Dewa United dan Persib Bandung disebut-sebut sedang memantau dari dekat perkembangan situasi Pluim.

1. Pernah mengatakan bahwa PSM Makassar adalah klub terakhir dalam kariernya

Saga Status Wiljan Pluim, dan Janjinya Pensiun di PSM MakassarPesepak Bola Bhayangkara Presisi Indonesia FC Adam Najem (kanan) mengadang pesepak bola PSM Makassar Wiljan Pluim (kiri) dalam pertandingan Liga 1 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (29/7/2023). (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Meski begitu, Pluim sendiri masih memiliki kontrak hingga tahun 2024. Dengan umur sudah menginjak 34 tahun, jebolan tim muda Vitesse Arnhem tersebut sudah berbicara tentang rencana pensiun. Selepas membawa PSM juara Liga 1 musim kemarin, ia mengaku Juku Eja adalah klub terakhir dalam karier profesionalnya.

"Saya punya kesepakatan dengan istri. Kalau kontrak dengan PSM sudah habis, saya harus langsung pulang ke Belanda kalau tak ada yang berminat dengan saya," ungkapnya pada 31 Maret 2023, selepas seremoni pemberian trofi juara di Parepare.

2. Siap gantung sepatu begitu kontraknya bersama Juku Eja selesai pada 2024

Saga Status Wiljan Pluim, dan Janjinya Pensiun di PSM MakassarPesepak bola Persija Jakarta Hansamu Yama (tengah) berusaha melewati pesepak bola PSM Makassar Willem Jan Pluim (kanan) dalam laga perdana Liga 1 2023/2024 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (3/7/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Lebih jauh, Pluim juga berseloroh bahwa jika ada tim Liga 1 yang ingin menggunakan jasanya, mereka juga harus merekrut Direktur PSM yakni Sadikin Aksa. Pluim pun menjawab segala rumor tentang statusnya saat itu dengan candaan.

"Jadi, jika ada tim yang ingin membeli saya, mungkin itu Barcelona," celoteh ayah dua anak tersebut di hadapan awak media saat itu.

Dalam wawancara dengan Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) pada 5 Mei 2023, Pluim lebih terang-terangan lagi. Secara eksplisit, ia mengatakan akan langsung gantung sepatu begitu kontraknya dengan Pasukan Ramang habis.

Baca Juga: Alasan Wiljan Pluim Absen Lawan Persebaya, Bukan karena Cedera

3. Menyumbang satu gol dan dua asis di Liga 1 sebelum "menghilang" dari sesi latihan rutin

Saga Status Wiljan Pluim, dan Janjinya Pensiun di PSM MakassarPesepak bola PSM Makassar Willem Jan Pluim (kedua kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persikabo 1973 dalam lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/7/2023). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa.

Sebelum menghilang dari sesi latihan rutin sejak 14 Agustus 2023, Pluim selalu menjadi starter di delapan pertandingan Liga 1. Pemilik postur  1,91 meter tersebut bahkan sudah menyumbang satu gol dan dua asis.

Namun hanya lima bulan setelah janji pensiun di PSM, Pluim kembali menjadi salah satu komoditas panas bursa transfer tengah musim. Sejumlah klub santer diberitakan siap langsung memberi penawaran jika situasi saga Pluim-PSM.

Lantas apakah akan ada perpisahan atau Juku Eja bisa bernapas lega? Suporter PSM paling tidak harus menunggu hingga bulan November mendatang, saat klub-klub Liga 1 kembali diizinkan berburu pemain.

Baca Juga: AFC Cup: Tanpa Yuran-Pluim, PSM Dilibas Hai Phong Tiga Gol Tanpa Balas

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya