Comscore Tracker

Rizky Pellu Dapat Panggilan TC Timnas untuk SEA Games

Ini jadi pemanggilan pertama Pellu sejak September 2019

Makassar, IDN Times - Gelandang PSM Makassar Rizky Pellu mendapatkan panggilan untuk mengikuti pemusatan latihan Tim Nasional Indonesia untuk persiapan SEA Games Vietnam 2021. Dia menyusul dua pemain PSM yang lebih dulu dipanggil, yakni Firza Andika dan Yakob Sayuri.

Dalam salinan surat PSSI untuk PSM Makassar, Pellu diwajibkan sudah berada di Jakarta sejak Jumat 12 Februari 2021 lalu. Tapi belum ada kabar apakah gelandang 28 tahun itu sudah bergabung di pemusatan latihan (TC).

"Suratnya sudah kami teruskan ke Pellu," ujar Media Officer PSM Makassar Sulaiman Abdul Karim melalui pesan singkat, Senin (15/2/2021) siang.

Baca Juga: Persiapan SEA Games 2021, Dua Penggawa PSM Dipanggil Ikut TC Timnas

1. Pellu gantikan gelandang PSIS yang ikut tes masuk TNI

Rizky Pellu Dapat Panggilan TC Timnas untuk SEA GamesPemain PSM Makassar Rizky Pellu (kiri) berebut bola dengan pemain PSS Sleman Arthur Irawan (kanan) pada pertandingan Liga 1 2020 di Stadion Andi Matalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (1/3/2020). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Rizky Pellu dipanggil ke Timnas untuk mengisi kuota yang lowong. Dia menggantikan Tegar Infantrie, pemain tengah asal PSIS Semarang, yang absen karena mengikuti tes masuk TNI Angkatan Udara (AU).

Terakhir kali Rizky Pellu tampil sebagai starter Merah Putih yakni pada laga uji coba kontra Yordania di Amman, 11 Juni 2019. Timnas yang kala itu masih dilatih Simon McMenemy, ditekuk dengan skor telak 4-1, di mana Pellu bermain selama 90 menit.

Gelandang kelahiran Ambon tersebut sempat kembali dipanggil untuk dua pertandingan kualifikasi Piala Dunia medio September 2019. Saat itu, Indonesia menjalani sepasang partai kandang menjamu Malaysia dan Thailand. Namun Pellu dicadangkan tanpa sekalipun turun sebagai pemain pengganti.

2. Rizky Pellu jadi pengganti salah satu dari lima pemain yang absen ikuti pemusatan latihan

Rizky Pellu Dapat Panggilan TC Timnas untuk SEA GamesSuasana pemusatan latihan Timnas Indonesia di Jakarta, 9 Februari 2021, sebagai persiapan untuk SEA Games Vietnam. (Dok. PSSI)

Di sisi lain, Firza Andika juga berhalangan hadir di TC Timnas lantaran status sebagai peserta seleksi anggota TNI AU. Pelatih kepala Shin Tae-yong kemudian memilih Muhammad Salman Alfarid, pemain muda Persija Jakarta, sebagai pengisi slot kosong untuk pos bek kiri.

Dari 36 nama yang sebelumnya dipanggil, total ada lima pemain belum hadir. Selain Firza Andika dan Tegar Infantrie, ada juga duo Persija Osvaldo Haay - Braif Fatari serta bek muda Madura United Dodi Alexvan Djin.

3. Fokus tim pelatih Timnas saat ini adalah memulihkan level kebugaran pemain yang anjlok

Rizky Pellu Dapat Panggilan TC Timnas untuk SEA GamesLatihan Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Shin Tae-yong (IDN Times/Herka Yanis)

PSSI memilih Stadion Madya Gelora Bung Karno dan Lapangan D Senayan, Jakarta Pusat, sebagai tempat TC Timnas untuk SEA Games 2021. Berlangsung sejak Senin pekan lalu (8/2/2021), fokus Shin dan tim pelatih adalah memulihkan kebugaran pemain yang anjlok lantaran tak bertanding berbulan-bulan.

Edisi ke-31 SEA Games tersebut akan digelar di Hanoi, ibu kota Vietnam, pada 21 November hingga 2 December 2021. Pada SEA Games 2019 Filipina lalu, Timnas U-22 asuhan Indra Sjafri meraih medali perak cabang olahraga sepak bola putra.

Baca Juga: Polri Isyaratkan Beri Izin Liga 1 2021, PSM Makassar Tunggu Kepastian

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya