Rizky Eka Teken Kontrak Sampai 2026 dengan PSM, Dewa United Gigit Jari

Ada 22 pemain dipastikan berkostum Juku Eja musim depan

Makassar, IDN Times - Satu lagi pilar skuat juara yang dipertahankan PSM Makassar. Dia adalah Rizky Eka Pratama, winger lincah yang bisa beoperasi di sektor kiri ataupun kanan. Ini diumumkan melalui akun Instagram resmi mereka pada Selasa pagi (30/5/2023).

"Pemain berposisi gelandang ini memperpanjang kontraknya selama 3 tahun. Dengan kontrak barunya ini, Rizky Eka Pratama akan membela Pasukan Ramang hingga 2026 mendatang," demikian petikan pernyataan tertulis yang diterima IDN Times.

Rizky Eka sendiri memang santer diberitakan jadi incaran sejumlah klub Liga 1 selama bursa transfer awal musim. Salah satunya Dewa United, yang sudah merekrut dua eks PSM yakni Agung Mannan serta Ahmad Rusadi. Alhasil, kabar ini membuat Tangsel Warriors harus gigit jari.

Baca Juga: Memori Manis-Pahit PSM Makassar Kala Bertamu ke Stadion GBK

1. Rizky Eka dipromosikan ke tim utama pada putaran kedua Liga 1 2019

Rizky Eka Teken Kontrak Sampai 2026 dengan PSM, Dewa United Gigit JariPemain PSM Makassar Rizky Eka Pratama (tengah) berusaha melewati Pesepakbola Persipura Jayapura Yohanis Tjoe (kanan) dan Oh Inkyun (kiri) dalam lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (18/11/2019). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Pemain kelahiran Kabupaten Bone tersebut sempat menimba ilmu bal-balan di PPLP Sulawesi Selatan sebelum bergabung dengan PSM U-19 pada 2017. Cukup lama menjadi penggawa tim junior, Rizky baru promosi ke tim senior pada putaran kedua Liga 1 2019. Saat itu, PSM ditangani oleh Darije Kalezic.

Pada musim debutnya, ia bahkan bisa menggeser seniornya yakni Zulham Zamrun dalam skema ofensif 4-3-3. Di musim 2019, Rizky mencatatkan 22 kali penampilan dengan waktu bermain mencapai 1.547 menit. Tak lupa, satu gol dan lima asis turut disumbangnya saat itu.

2. Musim lalu menyumbang satu gol dan empat asis dari 34 penampilan

Rizky Eka Teken Kontrak Sampai 2026 dengan PSM, Dewa United Gigit JariYakob Sayuri (kiri), Rizky Eka Pratama (tengah) dan Muhammad Dzaky Asraf (kanan) merayakan gol yang dicetak ke gawang Tampines Rovers dalam laga Grup H AFC Cup 2022 yang berlangsung di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (Dok. the-afc.com)

Pada Liga 1 2022-23, pemuda 23 tahun tersebut kerap turun sebagai pemain pengganti. Pelatih kepala Bernardo Tavares memercayakan pos sayap kepada Sayuri Bersaudara. Tapi, Rizky Eka tetap memberi kontribusi.

Pemilik nomor puunggung 24 tersebut tampil di 32 pertandingan (1.609 menit) ajang domestik dan internasional. Ia turut menyumbang 1 gol dan 4 asis sepanjang musim lalu.

Sejak bergabung dengan tim senior, Rizky Eka Pratama catatkan total 84 penampilan di ajang resmi, tak menghitung turnamen pramusim atau uji coba. Ada dua gol dan tujuh asis ia ciptakan selama empat tahun berkostum merah marun.

3. Pasukan Ramang sudah mengamankan tanda tangan 22 pemain untuk Ligina 2023-24

Rizky Eka Teken Kontrak Sampai 2026 dengan PSM, Dewa United Gigit JariWinger PSM Makassar, Rizky Eka Pratama, dalam sesi latihan di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare pada 15 April 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Dengan ini, sudah ada 22 pemain yang dipastikan berseragam merah marun untuk menghadapi Ligina 2023-24. Masih ada 13 pemain lagi yang harus segera direkrut, sekaligus memenuhi kuota pemain berdasarkan regulasi PT LIB. Berikut ini daftarnya.

Kiper : Reza Arya Pratama, Harlan Suardi, Muhammad Ardiansyah, Raka Octa Bernanda

Belakang : Erwin Gutawa, Safrudin Tahar, Yance Sayuri, Sulthan Zaky

Tengah : Wiljan Pluim, Muhammad Arfan, Rasyid Bakri, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Adil Nur Bangsawan, Rizky Pellu, Victor Dethan, Ananda Raehan Alief, Rizky Eka Pratama, Yakob Sayuri

Depan : Everton Nascimento, Ricky Pratama, Mufli Hidayat

Keterangan : Nama bercetak miring adalah pemain berusia di bawah 25 tahun. Nama bercetak tebal adalah pemain baru.

Baca Juga: Ananda-Victor Sepakati Tambahan Kontrak 3 Tahun dengan PSM Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya