Reza Arya, Buah Kesabaran Menunggu 3 Tahun Jadi Kiper Utama PSM

Reza Arya Pratama ungkap pesan khusus Bernardo Tavares

Makassar, IDN Times - Musim ini jelas tak terlupakan untuk penjaga gawang PSM Makassar, yakni Reza Arya Pratama. Selain akhirnya menjadi kiper utama, ia bisa merasakan tampil di panggung AFC Cup serta menjadi pilar utama dalam keberhasilan Juku Eja meraih gelar juara BRI Liga 1 2022-23.

Reza menyebut bahwa ada dua orang yang memiliki andil besar dalam perkembangan pesatnya pada 10 bulan terakhir.

"Pertama adalah pelatih kiper, Alan Haviludin. Yang kedua adalah coach Bernardo Tavares sebab ia memberi kepercayaan penuh kepada saya. Saya pun termotivasi untuk itu, bahwa di setiap pertandingan harus memberi yang terbaik," ujarnya dalam video wawancara yang diunggah ke kanal YouTube resmi PT Liga Indonesia Baru (LIB), 1 April lalu.

1. Reza Arya dipromosikan ke tim utama pada musim 2019

Reza Arya, Buah Kesabaran Menunggu 3 Tahun Jadi Kiper Utama PSMKiper PSM Makassar, Reza Arya Pratama, di musim 2019. (Instagram.com/rezaaryapratama45)

Alumnus PPLP Sulsel tersebut jadi produk Akademi PSM. Memulai karier di U-17, ia berturut-turut naik jenjang ke U-18 dan U-19, sebelum akhirnya promosi ke tim senior pada musim 2019 saat Juku Eja masih dilatih Darije Kalezic.

Meski sudah promosi, ia tetap menyandang status kiper ketiga hingga musim 2021-22. Saat itu, Reza masih kalah saing dengan dua seniornya yakni Hilman Syah serta Syaiful Syamsuddin. Tapi, Reza tak menyerah dan terus belajar dari kiper senior yang sempat memperkuat PSM seperti Herry Prasetyo dan Rivky Mokodompit.

"Saya selalu bersabar, sebab pasti ada kesempatan nanti. Saya juga ambil contoh senior saya, Hilman Syah. Sebelum jadi pemain inti, dia juga kan sempat jadi cadangan tiga tahun," kata pemuda 22 tahun tersebut.

2. Tavares memberi pesan khusus padanya sebelum musim dimulai

Reza Arya, Buah Kesabaran Menunggu 3 Tahun Jadi Kiper Utama PSMPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, menyalami kiper Reza Arya Pratama selepas laga semifinal Zona ASEAN AFC Cup 2022 kontra Kedah Darul Aman FC di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Selasa 9 Agustus 2022. (the-afc.com)

Kesempatan baru datang jelang musim 2022-23. Hilman Syah memutuskan hengkang ke RANS Nusantara FC, sedangkan Syaiful meneken kontrak dengan Dewa United. Di tengah paceklik opsi kiper, Tavares mengalihkan perhatiannya pada Reza. Terlebih pelatih kiper Alan Haviludin ternyata mampu memoles penampilannya.

"Dia (Tavares, red) pernah bilang akan membantu saya tampil lebih top lagi, asal saya terus belajar dan belajar terutama untuk distribusi bola," jelasnya saat bercerita pesan Tavares sebelum musim dimulai.

"Dia sering bilang saya harus lebih meningkatkan distribusi bola agar permainan saya bisa lebih bagus lagi," ungkap pengagum Ederson Moraes itu.

Baca Juga: Tiga Pemain PSM Catatkan Prestasi Unik usai Juara Liga 1

3. Mengaku masih punya banyak kekurangan meski statistiknya terbilang bagus

Reza Arya, Buah Kesabaran Menunggu 3 Tahun Jadi Kiper Utama PSMKiper PSM Makassar, Reza Arya Pratama, dalam sesi latihan di musim 2022-23. (Instagram.com/psm_makassar)

Statistik Reza Arya musim ini terbilang mentereng. Ia cuma kebobolan 32 kali dari 36 pertandingan resmi yang dimainkan. Namanya pun masuk dalam lima besar kiper dengan penyelamatan terbanyak di Liga 1 2022-23 dengan 83 saves, hanya terpaut tiga angka dari seniornya yakni Hilman Syah.

Meski begitu, ia enggan besar kepala. Reza mengaku masih banyak hal yang harus diperbaiki untuk meningkatkan kualitas. Apalagi ini baru tahun pertamanya bermain reguler untuk PSM.

"Kelemahan saya mungkin antisipasi bola-bola crossing dan distribusi bola harus lebih ditingkatkan lagi. Kalau kelebihan, saya merasa lebih tenang karena sudah sering dimainkan," jelas pemuda 22 tahun tersebut.

Baca Juga: Ramadhan Sananta Belum ke TC Timnas U-23, PSM Sudah Minta Izin

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya