Raih Poin Penuh, Pelatih PSM Ucapkan Terima Kasih ke Suporter

Juku Eja menang 3-1 atas RANS Nusantara FC di Parepare

Makassar, IDN Times - Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, menyebut ada dua kunci keberhasilan mereka menekuk RANS Nusantara FC dengan skor 3-1 dalam laga pekan ke-21 BRI Liga 1 2022-23.

"Pertama adalah fans dan suporter yang datang mendukung langsung di tengah cuaca seperti ini. Kedua tentu saja adalah para pemain," ujarnya dalam sesi jumpa pers selepas di Stadion Gelora BJ Habibie (GBJH) Parepare tersebut rampung, Senin malam (30/1/2023).

Meski jumlahnya kurang dari 3.200 orang, Tavares tetap mengapresiasi pada para suporter yang tetap sabar menunggu saat laga tersebut dihentikan akibat guyuran hujan deras.

1. PSM tampil dominan sepanjang pertandingan

Raih Poin Penuh, Pelatih PSM Ucapkan Terima Kasih ke SuporterSalah satu momen pertandingan pekan ke-21 BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar versus RANS Nusantara FC di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Senin 30 Januari 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Menyoal statistik, Juku Eja memang tampil dominan alih-alih kembali memperagakan permainan efektif. Mereka bisa menguasai 52 persen aliran bola, melepas 12 tembakan yang mengarah ke gawang, melepas 168 operan sukses dengan akurasi mencapai 55 persen.

Tim tamu sendiri cuma catatkan 48 persen possession ball, 2 shots on target dari total 6 peluang, serta 149 successful passes yang tingkat akurasinya adalah 50 persen. Rendahnya tingkat ketepatan operan memang tak lepas dari laju bola yang kerap tersendat akibat genangan air hujan.

Kondisi lapangan membuat kedua tim kompak menerapkan direct football yang untung-untungan. Beruntung, masuknya Ramadhan Sananta di babak kedua menambah daya gedor lini depan PSM, menbuat serangan jadi lebih tertata.

2. Dukungan sekitar 3 ribu suporter tetap bisa membakar semangat pemain

Raih Poin Penuh, Pelatih PSM Ucapkan Terima Kasih ke SuporterSalah satu momen pertandingan pekan ke-21 BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar versus RANS Nusantara FC di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Senin 30 Januari 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Dalam kesempatan yang sama, winger PSM yakni Yakob Sayuri juga menyampikan apresiasi kepada seluruh penonton yang hadir di GBJH. Dukungan mereka jadi resep kedigdayan di kandang sendiri, setelah sempat tertinggal pada babak pertama.

"Saya dan teman-teman mengucap syukur dan berterima kasih kepada teman-teman suporter yang sudah hadir. Walaupun cuaca sedang hujan dan tidak baik, tapi masih bisa mengorbankan waktunya untuk datang ke stadion," ujar Yakob yang mencetak dua gol di pertandingan ini.

3. Status duel selanjutnya kontra Arema FC masih belum jelas

Raih Poin Penuh, Pelatih PSM Ucapkan Terima Kasih ke SuporterPara pemain PSM Makassar berpose sebelum pertandingan pekan ke-21 BRI Liga 1 2022-23 versus RANS Nusantara FC di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Senin 30 Januari 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Pasukan Ramang saat ini bertengger di posisi kedua dengan nilai 41, menempel ketat sang pemuncak klasemen sementara yakni Persija Jakarta. Tapi, mereka rentan kembali tergeser jika Persib Bandung bisa menekuk PSIS Semarang pada Selasa sore besok (31/1/2023).

Selanjutnya, PSM akan lakoni partai tandang melawan Arema FC pada Sabtu mendatang (4/2/2023). Status duel versus Singo Edan sendiri masih belum jelas lantaran mereka tak kunjung mendapat kandang sementara akibat derasnya penolakan.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya