Comscore Tracker

Raih Poin Penuh di Sleman, Pelatih PSM: Ini Modal Berharga!

Menekuk PSS Sleman 1-2 di Stadion Maguwoharjo

Makassar, IDN Times - PSM Makassar bisa bernapas lega setelah memulai BRI Liga 1 2022-23 dengan sempurna. Mereka bisa menekuk PSS Sleman 2-1 saat melawat ke Stadion Maguwoharjo, Sabtu malam (23/7/2022). Dua gola Wiljan Pluim hanya berbalas sundulan Tyson Duarte di pengujung laga.

Berbicara dalam sesi jumpa pers selepas laga usai, pelatih kepala PSM yakni Bernardo Tavares menyebut poin penuh dari kandang lawan jadi bekal berharga untuk memulai kisah di musim baru.

"Saya kira ini kemenangan tandang pertama PSM dalam beberapa tahun ini. Dan menurut saya, pemain, staf dan suporter kita layak mendapat kebahagiaan ini. Ini tiga poin yang sangat penting untuk memulai liga," ujarnya.

1. PSM bermain efektif dengan pertahanan kokoh

Raih Poin Penuh di Sleman, Pelatih PSM: Ini Modal Berharga!Pesepak bola PSM Makasar Y. Sayuri (kiri) berebut bola dengan pemain PSS Sleman Ferre (kedua kiri) saat pertandingan Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta, Sabtu (23/7/2022). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Menyoal laga tersebut, PSM bermain lebih efektif. Meski tak banyak menguasai bola, hanya 36 persen, mereka bisa menahan mayoritas serangan PSS di sepertiga akhir pertahanan. Padatnya lapangan tengah dan pertahanan solid turut sulitkan upaya anak asuh Seto Nurdiyantoro. Meski tancap gas di pengujung laga dan mencuri satu gol, PSS tak bisa menyamakan kedudukan.

"Terkait pertandingan, kedua tim bisa mendapat banyak peluang. Untungnya kita mencetak dua gol, dan tim lawan mendapat banyak peluang. Kita juga punya peluang mencetak gol ketiga untuk mengakhiri pertandingan, kita sudah bicara ini di ruang ganti," tutur Tavares.

"Tapi, ada pepatah mengatakan, jika sebuah tim tak mencetak gol ketiga, lawan akan mencetak gol pertama mereka. Itulah yang terjadi. Untung kita bisa mempertahankan keunggulan hingga menit terakhir," sambungnya.

2. Pujian disematkan pada seluruh pemain, tak cuma Wiljan Pluim

Raih Poin Penuh di Sleman, Pelatih PSM: Ini Modal Berharga!Pesepak bola PSM Makasar Pluim (kedua kiri) mencetak gol ke gawang PSS Sleman saat pertandingan Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta, Sabtu (23/7/2022). (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Wiljan Pluim kembali menunjukkan tajinya. Tak cuma memborong dua gol, ia beberapa kali mengirim umpan kunci yang mengawali ancaman. Playmaker asal Belanda tersebut melanjutkan tren performa apik sejak Piala Presiden.

Meski begitu, Bernardo Tavares tetap menyematkan kredit pada anak asuhnya yang lain. Mulai dari kiper Reza Arya dengan saves krusial, Rasyid Bakri, Everton Nascimento hingga Yuran Fernandes.

"Semua bermain bagus. Bisa saja Willy (panggilan Wiljan Pluim, red) mencetak gol, tapi semua bekerja dengan baik saat kehilangan bola," kata pelatih asal Portugal itu.

"Willy mencetak gol bagus, tapi ini juga berkat kerja keras tim. Pianis takkan tampil bagus tanpa orang-orang yang mempersiapkan penampilannya sebelum menghibur orang banyak," tutupnya.

Baca Juga: Bekuk PSS 1-2, PSM Bawa Poin Penuh di Laga Perdana

3. Pekan depan, Pasukan Ramang menjamu Bali United di Parepare

Raih Poin Penuh di Sleman, Pelatih PSM: Ini Modal Berharga!Para pemain PSM Makassar berpose jelang laga pekan pertana BRI Liga 1 2022-23 melawan PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sabtu 23 Juli 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Berbicara mewakili pemain, bek PSM yakni Dallen Doke mengaku bersyukur dengan kemenangan ini. Ia tetap bahagia kendati ditarik keluar pada babak kedua oleh coach Tavares.

"Saya sangat bangga dengan tim ini, karena kita datang dan bisa dapat tiga poin. Dan pastinya kemenangan ini juga untuk suporter PSM yang sudah datang jauh-jauh, kepada teman dan keluarga yang ada di Makassar," ungkap pemilik nomor punggung 33 tersebut.

Di pekan kedua, PSM akan lakoni partai kandang kontra Bali United. Laga tersebut berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, pada Jumat mendatang (29/7/2022).

Baca Juga: Malam Ini PSS Sleman Vs PSM Makassar, Ujian Mental di Laga Pembuka

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya