PSM Vs RANS FC, Tavares Belum Pasti Turunkan Pemain Baru

Tavares yakin 4 ribu penonton tetap jadi tambahan semangat

Makaasar, IDN Times - Meski jumlah penontonnya dibatasi menjadi 50 persen dari total kapasitas, Bernardo Tavares selaku pelatih PSM Makassar tetap yakin 4.000 suporter yang hadir tetap menjadi energi tambahan bagi perjuangan Wiljan Pluim dkk kala menjamu RANS Nusantara FC, Senin besok (30/1/2023).

"Mudah-mudahan 4000 ribu suporter dapat memberikan tenaga ekstra buat pemain, membantu kita untuk membuat hasil yang lebih bagus sebelumnya," katanya dapam sesi jumpa pers pra-pertandingan di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Minggu sore (29/1/2023).

1. Bernardo Tavares enggan anggap remeh tim tamu

PSM Vs RANS FC, Tavares Belum Pasti Turunkan Pemain BaruPelatih PSM Makassar Bernardo Tavares saat memimpin sesi latihan di Lapangan Bosowa Sport Center, Sabtu 14 Mei 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

RANS Nusantara FC memang sedang berada di posisi 16 klasemen sementara pekan ke-21 BRI Liga 1 2022-23. Tapi, Tavares meminta anak asuhnya tak menganggap remeh tim promosi tersebut. Terlebih mereka bisa menahan imbang beberapa klub kuat, termasuk Bali United di pekan terakhir.

"Saya melihat pertandingan mereka sebelumnya melawan Bali United dan mereka memberikan performa yang bagus. Begitu juga di pertandingan-pertandingan lainnya," jelasnya.

"Mereka seri melawan Madura United FC, Borneo FC, dan ada beberapa pertandingan yang sebenarnya tampil baik dan performa yang bagus," lanjut pelatih berpaspor Portugal itu.

2. Gunansar Mandowen belum tentu langsung lakoni debut

PSM Vs RANS FC, Tavares Belum Pasti Turunkan Pemain BaruPenyerang PSM Makassar, Gunansar Mandowen, dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Pallangga pada Jumat 28 Januari 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Lantas apakah Gunansar Mandowen bisa langsung tampil di pertandingan ini? Tavares enggan mengiyakan, sebab anak muda 22 tahun tersebut masih butuh beradaptasi dengan sistem permainan Pasukan Ramang racikannya. 

"Soal Gunansar Mandowen, dia baru latihan dua kali dan terakhir main bulan September tahun lalu, Persipura memiliki suatu sistem yang berbeda dengan PSM dan model yang berbeda, pergerakan-pergerakan yang beda dengan kita," paparnya.

"Jadi saya tidak bisa janji kepada kalian. Tapi kalau situasi pertandingan sudah mendesak, dan tim membutuhkan dia, bisa jadi ia akan turun. Tapi kami tidak bisa janji," sambung eks juru taktik IFK Helsinki tersebut.

3. Yuran Fernandes ingin rebut poin penuh setelah gagal menang di dua laga terakhir

PSM Vs RANS FC, Tavares Belum Pasti Turunkan Pemain BaruBek PSM Yuran Fernandes (kiri) berebut bola dengan striker Persebaya Silvio Junior (kanan) dalam laga pekan ke-9 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Sabtu 10 September 2022. (Dok. Persebaya.id)

Berbicara dalam kesempatan yang sama, bek tengah Yuran Fernandes masih teringat pertemuan mereka di putaran pertama. Saat itu, Magenta Force bisa memimpin lebih dulu sebelum PSM balikkan keadaan jadi 1-2. Ia berpendapat anak asuh Rahmad Darmawan itu punya gaya permainan ofensif yang harus dibendung. Ia pun membidik tiga poin usai gagal menang di dua laga terakhir.

"RANS Nusantara FC merupakan tim yang bagus dan kita tidak memberikan space dan waktu kepada pemakn lawan untuk berpikir dan membuat keputusan-keputusan yang bagus," ungkap pemain asal Cape Verde itu.

"Jadi untuk pertandingan besok kita harus merubah situasi yang ada.  Karena di dia pertandingan sebelumnya kita tidak tampil memuaska, jadi kita harus ubah gaya permainan dan berusaha mendapat 3 poin," sambung Yuran.

Baca Juga: PSM Vs RANS Nusantara FC Hanya Boleh Dihadiri 4 Ribu Penonton

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya