Comscore Tracker

PSM Vs Persipura: Misi Wajib Menang di Pundak Syamsuddin Batolla

Sang caretaker menyebut beban sebagai cambuk motivasi

Makassar, IDN Times - Meski Milomir Seslija baru saja dicopot dari jabatan sebagai pelatih kepala, PSM Makassar tetap serius bersiap jelang laga pekan ke-14 kontra Persipura pada Sabtu malam (27/11/2021).

Partai yang digelar di Stadion Sultan Agung Bantul itu punya makna krusial bagi Juku Eja. Mereka wajib lepas dari performa inkonsisten selama lima pekan terakhir. Menang seolah jadi harga mati, jika tak ingin melorot lebih jauh di papan klasemen.

Misi poin penuh saat ini berada di pundak caretaker Syamsuddin Batolla. Berbekal evaluasi usai kekalahan 1-0 dari PSIS, ia sadar bahwa PSM harus segera bangkit.

1. Syamsuddi Batolla selaku caretaker PSM paham dengan ekspektasi suporter

PSM Vs Persipura: Misi Wajib Menang di Pundak Syamsuddin BatollaCaretaker PSM Makassar Syamsuddin Batolla berbicara dalam sesi jumpa pers virtual jelang laga pekan ke-14 BRI Liga 1 2021/22 kontra Persipura Jayapura, Jumat 26 November 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Berbicara dalam sesi jumpa pers virtual pada Jumat sore (26/11/2021), coach Batolla paham dengan ekspektasi para suporter PSM Makassar. Tapi ia tak mau para pemain malah tak bermain lepas lantaran beban harus menang. Terlebih usai nahkoda berganti.

"Kalau ditanya tentang apa ada beban, itu menjadi cambuk untuk saya untuk meraih hasil maksimal. Saya sudah tekankan pada pemain untuk bermain seperti biasa. Pergantian pelatih ini sudah biasa dalam tim," ungkapnya.

Sebagai catatan, palang pintu PSM dekade 1990-an itu membawa Pasukan Ramang ke semifinal Piala Menpora 2021. Kian apik lantaran mereka turun tanpa satupun pemain asing.

2. Meski berada di zona degradasi, Persipura tetap tim yang kuat

PSM Vs Persipura: Misi Wajib Menang di Pundak Syamsuddin BatollaPesepak bola Persipura Jayapura Yohanes Pahabol (tengah) melakukan selebrasi bersama rekannya Elisa Basna (dua kiri) usai mencetak gol ke gawang Persikabo 1973 saat pertandingan Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (22/11/2021). (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Situasi yang dialami PSM Makassar sekarang juga terjadi pada Persipura. Pekan lalu, Jacksen F. Tiago dipecat. Hadir sebagai pengganti yakni Alfredo Vera, sosok yang pernah membawa mereka juara Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016.

Meski sang lawan bercokol di zona degradasi, itu tak jadi alasan bagi Batolla untuk menurunkan kewaspadaan.

"Persipura tim bagus. Selama kompetisi berjalan mereka mengandalkan pemain-pemain muda, jadi perlu proses. Setelah pergantian pelatih, permainan mereka meningkat. Itu jadi hal yang saya waspadai," tegasnya.

"Saya kira semua pemain Persipura punya kemampuan individu bagus. Tapi untuk penjagaan khusus tidak ada. Semua sama berbahayanya," pungkas Batolla.

3. Gelandang PSM Muhammad Arfan menyebut partai ini akan berjalan alot

PSM Vs Persipura: Misi Wajib Menang di Pundak Syamsuddin BatollaGelandang PSM Muhammad Arfan dalam salah satu sesi latihan pada 4 November 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Sementara itu, gelandang PSM Makassar Muhammad Arfan menyebut laga besok akan berlangsung alot. Tapi, ia menegaskan ia dan rekan-rekan setim sudah siap 100 persen.

"Kita tahu pertandingan besok tidak mudah karena Persipura adalah tim yang bagus. Maka dari itu, seluruh pemain PSM sudah tahu apa yang dilakukan besok demi mendapat hasil yang kita harapkan," kata si pemilik nomor punggung 48. Di laga lawan PSIS sebelumnya, ia harus absen akibat akumulasi kartu kuning.

Saat ditanya tentang pergantian pelatih, Appang --sapaan akrabnya--menyebut hal itu sudah lumrah. "Saya rasa tidak begitu berpengaruh, itu sudah normal. Saya dan tim berterima kasih juga atas kerja sama dengan pelatih sebelumnya," imbuhnya.

Siapa yang berhak membawa pulang poin penuh? Jangan lewatkan laga PSM versus Persipura pada Sabtu besok (27/11/2021) pukul 21.30 WITA.

Baca Juga: 5 Pertemuan Terakhir PSM Vs Persipura, Rekor Memihak Pasukan Ramang

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya