Comscore Tracker

PSM Vs Persija, Ujian Berat bagi Juku Eja

Kedua tim sama-sama ingin bertahan di jalur kemenangan

Makassar, IDN Times - PSM Makassar menjamu Persija Jakarta di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, sore ini, Jumat (5/8/2022). Partai pekan ketiga BRI Liga 1 2022-2023 ini akan menentukan posisi kedua tim di klasemen.

Tuan rumah PSM berada di atas angin. Mereka menang dua laga awal dan menghuni peringkat dua klasemen sementara. Sedangkan Persija mengumpulkan tiga poin dari hasil satu kali menang dan sekali kalah.

Duel klasik sesama alumnus Perserikatan ini bakal berlangsung sengit. Tapi, Persija agaknya dibayangi masalah kelelahan. Ini lantaran mereka baru berangkat ke Parepare pada Kamis kemarin (4/8/2022) dan langsung menjajal lapangan, alih-alih sehari lebih cepat seperti yang dilakukan Bali United pekan lalu.

Baca Juga: PSM Vs Persija: Ujian Sesungguhnya Buat Macan Kemayoran

1. PSM tetap waspada meski Persija tanpa Krmencik

PSM Vs Persija, Ujian Berat bagi Juku EjaPelatih PSM Makassar Bernardo Tavares dalam laga Grup H AFC Cup 2022 kontra Tampines Rovers di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (the-afc.com)

Dalam dua laga terakhir, Persija mengandalkan strategi possession ball. Mereka bahkan amat dominan saat dibekuk 1-0 oleh Bali United di pekan pembuka. Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, merasa beruntung lantaran Michael Krmencik justru absen akibat demam. Tapi bukan berarti ia akan menurunkan kewaspadaan.

"Karena nomor 27 tidak main (Krmencik), kemungkinan penggantinya adalah nomor 9 (Abdulla Yusuf) yang menurut pengamatan saya juga adalah pemain bagus. Tapi apa pun itu, kita akan lihat besok. Siapa pun yang bermain, mereka tetap tim yang kuat. Ini akan jadi ujian berat untuk kita," ungkapnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Kamis (4/8/2022).

Di sisi lain, ia juga mewaspadai Hanno Behrens, motor serangan Persija asal Jerman. Ia tercatat sudah mengemas satu gol, dan dua shots on target dari empat percobaan. Eks penggawa Hansa Rostock itu juga sudah melepas 34 operan sukses.

2. Persija memaksimalkan stok pemain tersedia

PSM Vs Persija, Ujian Berat bagi Juku EjaPelatih kepala Persija Jakarta, Thomas Doll, dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan kontra PSM Makassar pada Kamis 4 Agustus 2022. (Dok. Persija.id)

Berbicara dalam kesempatan terpisah, pelatih kepala Persija Thomas Doll menyebut timnya datang ke Parepare dengan misi menang. Usai start tak mulus di pekan pembuka, mereka ingin tetap berada di jalur kemenangan. Ia pun menyebut PSM sebagai tim yang tak bisa dipandang sebelah mata.

"Kami akan bermain dengan lawan yang kuat. Mereka sudah meraih dua kemenangan dan dalam kondisi yang bagus sehingga akan menjadi pertandingan yang sulit," ucap sosok berpaspor Jerman itu.

"Kami datang ke sini untuk bermain sepakbola yang baik dan hasil yang positif. Pertandingan terakhir kami mendapat tiga poin yang berharga. Kami siap untuk memainkan sepakbola yang bagus dan mendapatkan poin," imbuhnya.

Kendati demikian, ia mengaku sedikit risau dengan demam yang menimpa empat pemainnya. Selain Krmencik, masalah tersebut juga dialami oleh Firza Andika, Dony Tri Pamungkas, Rezaldi Hehanussa serta pelatih kiper Jan Klima. Alhasil, coach Doll harus memaksimalkan stok 20 nama yang ia boyong.

3. Juku Eja terakhir menang atas Macan Kemayoran pada April 2021

PSM Vs Persija, Ujian Berat bagi Juku EjaPesepak bola Persija Jakarta Novri Setiawan (kanan) dihadang pesepak bola PSM Makassar Dallen Doke (kiri) saat pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Senin (21/3/2022). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

PSM tidak pernah menang atas Persija dalam empat pertemuan terakhir. Kemenangan terakhirnya atas Macan Kemayoran terjadi pada kualifikasi grup Piala Menpora 2021 lalu.

Berikut ini catatan lima pertemuan terakhir PSM Makassar melawan Persija Jakarta.

21/03/2022 Persija 3-1 PSM (Liga 1)

07/12/2021 PSM 0-3 Persija (Liga 1)

18/04/2021 PSM 0-0 Persija (Piala Menpora)

15/04/2021 Persija 0-0 PSM (Piala Menpora)

22/03/2021 Persija 0-2 PSM (Piala Menpora)

Siapa yang akan memetik poin penuh? Saksikan duel Juku Eja versus Macan Kemayoran pada Jumat sore ini (5/8/2022) pukul 17.00 WITA.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Liga 1 2022-2023 Pekan Ketiga: Ada PSM Vs Persija

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya