PSM Vs Persib, Juku Eja Bertekad Melanjutkan Tren Positif

Tim tamu sedang limbung usai ditinggal pelatih Luis Milla

Makassar, IDN Times - Duel klasik akan tersaji di pekan keempat BRI Liga 1 2023-24. PSM Makassar akan menjamu Persib Bandung di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Sabtu malam (22/7/2023). Meski mempertemukan dua tim penghuni papan atas musim lalu, kini nasib mereka identik : kompak sedang kesulitan.

PSM saat ini berada di peringkat 12 klasemen sementara lantaran baru mengantongi 4 poin dari tiga laga. Beruntung, mereka baru saja memutus tren negatif pekan lalu berkat kemenangan 0-1 atas Persikabo 1973 pekan lalu. Kepala anak asuh Bernardo Tavares kini bisa mendongak percaya diri.

Nasib Persib justru sebaliknya. Mereka sedang bertengger di posisi 16, tepat di tepi jurang zona merah, lantaran imbang tiga kali beruntun. Hasil sama kuat 2-2 atas Dewa United pekan lalu berujung pada mundurnya Luis Milla sebagai pelatih kepala Maung Bandung. Bisa dibilang, mereka sedang limbung saat melawat ke Parepare.

Baca Juga: Dari Renaldi ke Mufli, Nasib 5 Pemain PSM Jebolan Garuda Select

1. Motivasi PSM sedang menanjak usai menang atas Persikabo pada pekan lalu

PSM Vs Persib, Juku Eja Bertekad Melanjutkan Tren PositifPesepak bola PSM Makassar Willem Jan Pluim (kedua kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Persikabo 1973 dalam lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/7/2023). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa.

Tim tamu memang sedang terguncang, tapi Bernardo Tavares selaku juru taktik PSM enggan melihatnya sebagai keuntungan. Bahkan bisa jadi ada kejutan yang disiapkan untuk menghentikan upaya Juku Eja bertahan di jalur kemenangan. Ia mewanti-wanti anak asuhnya agar tidak menganggap enteng Persib.

"Kami belum tahu apakah Persib akan memainkan permainan yang sama dengan sebelumnya ketika masih dilatih Luis Milla atau tidak. Karena pelatih baru (caretaker, red.) bisa saja melakukan perubahan taktik dan itu yang belum kami ketahui," ungkapnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Jumat (21/7/2023).

PSM kemungkinan turun dengan kekuatan penuh saat menjamu Persib, minus Erwin Gutawa dan Dzaky Asraf yang sedang jalani hukuman kartu merah. Tapi, publik menunggu Tavares menurunkan bek Kike Linares dan Adilson da SIlva sejak menit pertama. Sejak pekan pertama, keduanya memang selalu turun sebagai pemain pengganti.

2. Tim pelatih Persib sudah menganalisis permainan tim tuan rumah sepekan terakhir

PSM Vs Persib, Juku Eja Bertekad Melanjutkan Tren PositifPara pemain Persib Bandung sedang jalani sesi latihan resmi di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare pada Jumat 21 Juli 2023. (Dok. Ofisial Persib Bandung/Amandeep Rohimah)

Di sisi lain, Yaya Sunarya selaku caretaker Persib punya tugas berat. Tak cuma membawa timnya ke jalur kemenangan, tapi juga harus memetik poin penuh di kandang lawan. Meski begitu, ia termotivasi dengan yang dilakukan Dewa United pada pekan kedua. Sebagai persiapan, analisis gaya permanan Pasukan Ramang dilakukan sepekan terakhir.

"Saya pikir setiap tim di era sekarang memiliki tim di belakangnya. Artinya, ada tim yang bekerja untuk membantu tim. Kita melakukan analisa sebelum melawan Dewa United, dan itu sama dengan pertandingan besok melawan PSM," ungkapnya dalam kesempatan terpisah.

"Data yang didapat menjadi bahan untuk pertandingan besok. Sekarang, kita tinggal fokus terhadap tim kita dengan target kemenangan, dan kita akan berusaha untuk mengejar itu," imbuh Yaya.

Demi memutus dahaga kemenangan, Pangeran Biru akan turun dengan seluruh pemain andalan. Mulai dari Nick Kuipers, Marc Klok, Beckham Putra hingga David da Silva.

3. Pada lawatan terakhir ke Parepare, Pangeran Biru dilibas dengan skor telak 5-1

PSM Vs Persib, Juku Eja Bertekad Melanjutkan Tren PositifSalah satu momen pertandingan pekan ketujuh BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar versus Persib Bandung di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Senin 29 Agustus 2022. (Persib.co.id/Barly Isham)

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Safrudin Tahar, Yuran Fernandes, Kike Linares; Yakob Sayuri, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Yance Sayuri; Wiljan Pluim, Everton Nascimento

Persib Bandung (4-1-3-2)

Teja Paku Alam (GK); Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Alberto Rodriguez, Rachmat Irianto; Marc Klok; Ryan Kurnia, Beckham Putra, Febri Hariyadi; David da Silva, Ciro Alves

Catatan lima pertemuan terakhir :

14/02/2023 Persib 1-2 PSM (Liga 1)

29/08/2022 PSM 5-1 Persib (Liga 1)

22/02/2022 PSM 0-2 Persib (Liga 1)

02/10/2021 Persib 1-1 PSM (Liga 1)

22/12/2019 Persib 5-2 PSM (Liga 1)

Siapa berhasil memetik tiga poin di Parepare? Saksikan duel PSM Makassar versus Persib Bandung pada Sabtu malam ini (22/7/2023), pukul 20.00 WITA.

Baca Juga: Buntut Bentrokan Antar Suporter, PSM Makassar Didenda Total Rp45 Juta

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya