Comscore Tracker

PSM vs Persib, Bukan Ajang Temu Kangen Robert Alberts

Tak ada waktu untuk nostalgia!

Minggu 18 Agustus 2019, Stadion Andi Mattalatta Mattoanging - Makassar, 19:30 WITA

Makassar, IDN Times - Jika dilihat sekilas, lanjutan pekan ke-15 Shopee Liga 1 2019 ini adalah acara reuni. Ya, suasana tersebut menyeruak berkat hadirnya Robert Rene Alberts sebagai juru taktik Persib Bandung. Untuk pertama kalinya sejak resmi menjadi bagian dari Maung Bandung pada Mei silam, meneer Robert berjumpa dengan tim yang dibesutnya selama dua setengah tahun (2016-2018).

Alih-alih jadi ajang temu kangen penuh keakraban, big match PSM kontra Persib siap sajikan bentrok bertensi tinggi. Tuan rumah hendak bertahan dalam trek kemenangan sekaligus mengerek sedikit demi sedikit peringkat mereka di papan klasemen sementara. Adapun tamu berusaha lepas dari tren negatif --belum sekalipun menang-- yang sudah berjalan selama lima laga beruntun.

1. Darije Kaleic (dua dari kanan), pelatih PSM Makassar, sudah kantongi kelemahan tim lawan

PSM vs Persib, Bukan Ajang Temu Kangen Robert AlbertsIDN Times/Achmad Hidayat Alsair

Dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging pada Sabtu (17/8) sore kemarin, pelatih kepala PSM yakni Darije Kalezic sudah mengantongi kelemahan Persib. Kendati tim yang dilatihnya kini adalah skuad 'warisan' Robert, bukan berarti tim lawan serta merta tahu seluruh isi dan komposisi  dapur taktiknya.

"Memang selalu menguntungkan jika seorang pelatih sudah sangat akrab dengan kualitas dan strategi tim yang akan dilawannya. Namun jika pemain PSM melakukan tugas dengan baik serta disiplin dalam strategi yang tentu berbeda dengan musim kemarin, kami bisa meraih poin penuh," tandas pelatih berpaspor Swiss tersebut.

Tanda tanya besar menyasar pos kiper dan bek kanan. Cederanya Rivky Mokodompit membuat benteng terakhir Juku Eja diisi entah oleh Hery Prasetyo atau Hilman Syah. Absennya Asnawi Mangkualam Bahar dan Zulkifli Syukur yang pindah ke Sriwijaya FC membuat opsi mengerucut pada Hasim Kipuw, Beny Wahyudi atau Taufik Hidayat.

Baca Juga: PSM vs Persib Bandung, Pluim Anggap Reuni dengan Robert Biasa Saja

2. Juru taktik Persib, Robert Rene Alberts, datang ke Makassar untuk melepas inkonsistensi

PSM vs Persib, Bukan Ajang Temu Kangen Robert AlbertsPersib.co.id/M. Jatnika Sadili

Adapun Robert Rene Alberts dari kubu Persib tetap mengakui kualitas PSM sebagai tim favorit. Supardi Nasir cs memang masih didera inkonsistensi, namun bukan berarti mereka tak ingin segera bangkit. Tahu banyak perihal karakter permainan sang lawan pun jadi modal positif melawat ke Kota Daeng.

"Ini akan jadi laga yang menarik dari sudut pandang teknis. PSM adalah tim bagus. Tapi sementara ini kami belum menemukan ritme permainan terbaik. Tapi, kami selalu mencari poin di setiap kesempatan. Kami akan menantang salah satu tim terbaik Liga 1 dan kami sudah siap," papar sosok 64 tahun tersebut dalam kesempatan terpisah.

Meski sudah umumkan tiga legiun asing anyar, para pemain yang akan dilepas dipastikan tetap tampil di Mattoanging. Salah satunya adalah bek tengah Bojan Malisic. Palang pintu asal Serbia itu rupanya masih dibutuhkan untuk menjaga sektor belakang Persib untuk membendung agresifitas para penyerang PSM.

3. Dalam lima pertemuan terakhir dengan Juku Eja, Maung Bandung menang sebanyak dua kali

PSM vs Persib, Bukan Ajang Temu Kangen Robert AlbertsLiga-Indonesia.id

Prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

PSM (4-3-3)

Hery Prasetyo; Beny Wahyudi, Aaron Evans, Abdul Rahman Sulaeman, Taufik Hidayat; Rizky Pellu, Marc Klok, Wiljan Pluim; Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga, M Rahmat

Persib (4-2-3-1)

I Made Wirawan; Ardi Idrus, Bojan Malisic, Indra Mustafa, Supardi Nasir; Asri Akbar, Hariono; Ghozali Siregar, Esteban Vizcarra, Febri Hiriyadi; Ezechiel N'Douassel

Catatan lima pertemuan terakhir :

24/10/2018 PSM 1-0 Persib (Liga 1)

23/05/2018 Persib 3-0 PSM (Liga 1)

26/01/2018 Persib 0-1 PSM (Piala Presiden)

15/10/2017 PSM 2-1 Persib (Liga 1)

05/07/2017 Persib 2-1 PSM (Liga 1)

Baca Juga: Preview PSM Vs Persib: Tensi Tinggi Demi Kans Juara

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Just For You