Comscore Tracker

PSM Vs Madura United: Ujian Perdana untuk Joop Gall

Seperti apa debutnya sebagai juru taktik Juku Eja?

Makassar, IDN Times - PSM mengawali langkah di putaran kedua BRI Liga 1 2021/22 dengan bersua Madura United pada Sabtu besok (8/1/2022). Berlangsung di Stadion Kompyang Sujana Denpasar, partai pekan ke-18 tersebut akan jadi ujian perdana Joop Gall sebagai pelatih kepala PSM.

Berbicara dalam sesi jumpa pers daring pada Jumat siang (7/1/2022), coach Gall mengaku masa persiapan mepet jadi masalah tersendiri. Ia bahkan baru memimpin latihan pada Rabu silam (5/1/2022).

"Persiapan kita sangat tidak optimal, tapi tak menghalangi kita untuk memberikan segalanya untuk pertandingan ini. Saya juga akan menggunakan segala informasi yang kita punya untuk mempersiapkan tim," ungkapnya.

Baca Juga: Termasuk Bektur, PSM Makassar Boyong 34 Pemain ke Bali

1. Joop Gall menyebut anak asuhnya berhasrat mendongkrak posisi di klasemen

PSM Vs Madura United: Ujian Perdana untuk Joop GallPemain baru PSM Makassar, Julyano Pratama (kiri), dalam sesi latihan di Bosowa Sport Center (BSC) pada Minggu 2 Januari 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Pelatih 58 tahun itu kembali menegaskan bahwa modalnya mengadu nasib di Indonesia adalah kualitas hasil tempaan liga Eropa. Berbekal pengalaman di level tertinggi, ia ingin menyuntik semangat dan segala ilmunya ke dalam kubu Juku Eja.

Gall yakin lambat laut akan menemukan pola permainan yang cocok untuk PSM. Sekali lagi, masa persiapan mepet jadi penghalangnya meracik komposisi tim jelang putaran kedua BRI Liga 1 2021/22. Tak lupa, ada kepercayaan yang akan dibangun, sekaligus memacu semangat mendongkrak posisi di klasemen.

"Saya harus mencari tahu gaya yang cocok untuk PSM. Kita akan menemukannya, meski dalam waktu yang terbilang singkat," ujarnya.

"Saya akan memberi skuad ini banyak kepercayaan agar mendaki papan klasemen. Para pemain jelas merasa kecewa dengan posisi yang sekarang. Jadi, mereka sangat berhasrat memperbaikinya dan naik lebih tinggi," imbuh Gall.

2. Gelandang Hugo "Jaja" Gomes dos Santos jadi salah satu pemain yang diwaspadai

PSM Vs Madura United: Ujian Perdana untuk Joop GallPesepak bola Madura United FC Hugo Gomes Dos Santos Silva (kanan) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Willem Jan Pluim (kiri) dalam lanjutan Liga 1 2021-2022 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (12/9/2021). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.

Gall sendiri rupanya sudah mengantongi sejumlah nama pemain Madura United yang harus diwaspadai. Mereka adalah duo gelandang Hugo "Jaja" Gomes dos Santos Silva dan Slamet Nurcahyono.

"Mereka berdua benar-benar menarik. Mungkin tidak kuat secara fisik, tapi mereka punya pengalaman," jelas eks pemain SC Heerenveen itu.

Menyoal apakah Wiljan Pluim bisa turun di laga besok, Gall menyebut tim pelatih masih perlu mengamati secara jeli. Perannya sebagai gelandang kreatif membuat keputusan terkait Pluim harus diambil secara jeli.

"Kita tak ingin ambil risiko. Tapi di beberapa latihan terakhir, Wiljan tampil bagus. Sangat senang melihatnya kembali ke lapangan dan berlatih secara penuh bersama tim," ungkap Gall.

Pluim dibekap cedera lutut sejak awaln Desember lalu. Progres penyembuhannya sudah menunjukkan hasil positif, dan ia sudah berlatih bersama tim sejak Senin lalu (3/1/2022).

3. Ferdinand Sinaga berharap masa adaptasinya berlangsung cepat

PSM Vs Madura United: Ujian Perdana untuk Joop GallPemain pinjaman PSM Makassar, Ferdinand Sinaga, dalam sesi latihan di Bosowa Sport Center (BSC) pada hari Rabu 5 Januari 2022. (Instagram.com/psm_makassar)

Berbicara dalam kesempatan yang sama, Ferdinand Sinaga ingin cepat kembali beradaptasi dengan tim. Beruntung, ia sudah kenal dengan sebagian besar pemain.

"Meski baru bergabung dua hari lalu, tapi saya sudah tahu teman-teman pemain. Mereka mempersiapkan diri dengan sangat bagus. Saya lihat di sesi latihan kemarin mereka kompak. Jadi saya yang harus lebih mendekatkan diri ke mereka," ungkap pemain pinjaman dari Persis Solo itu.

"Kita siap untuk pertandingan besok, dan mudah-mudahan saya bisa memberi yang terbaik, dan semoga saya cepat beradaptasi bersama tim," sambung Ferdinand.

Bisakah Joop Gall dan Ferdinand Sinaga membawa hasil maksimal? Saksikan pertandingan PSM versus Madura United pada Sabtu besok (8/1/2022) pukul 18.00 WITA.

Baca Juga: Langsung Tancap Gas, PSM Mulai Bersiap untuk AFC Cup

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya