Comscore Tracker

PSM vs Kalteng Putra, Ini Peta Kekuatan Antar Lini Kedua Kesebelasan

Ada dua mantan penggawa PSM di kubu Laskar Isen Mulang

Makassar, IDN Times - Setelah laga tandang kontra Persebaya batal, PSM langsung mengalihkan fokus ke partai lanjutan pekan ke-27 Shopee Liga 1 2019. Pasukan Ramang bakal menjamu Kalteng Putra di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging pada hari Rabu (6/11) sore.

Sebagai tuan rumah, PSM membidik kemenangan demi mencapai target finis di zona lima besar pada akhir kompetisi. Target tersebut memang masuk akal, lantaran Kalteng Putra saat ini berdiam di posisi 17 klasemen sementara alias menghuni zona degradasi.

Namun I Gede Sukadana dkk pantang menyerah. Mereka melawat ke Kota Daeng dengan target poin demi lanjutkan misi bertahan di kasta tertinggi sepak bola nasional. Waspada? Harus. Ini seolah mengulang yang pernah diutarakan coach Kalezic: situasi terjepit bisa membuat sebuah tim tampil mengejutkan.

Sebagai pengantar, berikut IDN Times menyajikan kekuatan dan kondisi terkini lini per lini PSM dan Kalteng Putra.

1. Belakang: Empat lawan tiga, tapi sama-sama kritis

PSM vs Kalteng Putra, Ini Peta Kekuatan Antar Lini Kedua KesebelasanLiga-Indonesia.id

PSM harus menerima kenyataan bahwa sektor belakang dalam situasi gawat. Abdul Rahman Sulaeman mengakhiri musim lebih cepat akibat cedera otot paha yang mendera sejak akhir September. Sementara itu, Asnawi Mangkualam Bahar dan Firza Andika mengikuti pemusatan latihan Timnas U-23 asuhan Indra Sjafri.

Tak banyak pilihan untuk Darije Kalezic. Daftar palang pintu murni sisakan Aaron Evans dan Munhar, kendati Hasyim Kipuw atau bahkan Raphael Maitimo bisa diplot menjadi bek sentral. Sementara itu, Beny Wahyudi serta Taufik Hidayat akan diserahi tugas mengawal pos kanan-kiri.

Kalteng Putra, di bawah kendali Gomes de Oliviera, acap kali bermain dengan tiga bek yakni trio Kevin Gomes, Rafael Bonfim dan Wasyiat Hasbullah. Wasyiat jadi sumber informasi berharga. Pemuda kelahiran Gowa, 24 tahun silam tersebut tentu sudah paham kekuatan seluruh lini Juku Eja lantaran pernah berseragam merah marun dari 2016 hingga 2018.

Sayang, Kevin Gomes dilarang bertolak ke Makassar lantaran harus jalani hukuman akibat kantongi kartu kuning ketiga sewaktu menjamu Persib pekan kemarin. Opsi coach Gomes mengerucut pada dua, yakni bek veteran O.K. John atau anak muda bernama Bhudiar Riza.

2. Tengah: Tuan rumah tanpa konduktor andalan

PSM vs Kalteng Putra, Ini Peta Kekuatan Antar Lini Kedua KesebelasanLiga-Indonesia.id

Sempat diberitakan bakal absen, Wiljan Pluim tenyata bisa merumput. Kemungkinan besar keputusan ini diambil oleh match commisioner setelah partai lawan Persebaya --dimana si gelandang berpaspor Belanda itu jalani sanksi akumulasi kartu kuning-- malah batal. Sanksi pun "diputihkan".

Tanpa sang kapten sekaligus motor penggerak serangan, lini tengah tuan rumah bisa kelimpungan minim kreasi. Marc Klok dan Rizky Pellu siap mengawal lini tengah PSM bersama Pluim. Sementara Rasyid Bakri dan Muhammad Arfan mungkin akan memulai laga dari bangku cadangan.

Sementara itu, Kalteng Putra tanpa Takuya Matsunaga juga akibat akumulasi kartu. Yan Pieter Nasadit mampu mengemban tugas gelandang bertahan, yang sejak putaran kedua Shopee Liga 1 2019 jadi milik Takuya. Selebihnya, barisan penyaring serangan Ela Mikeh diisi oleh I Gede Sukadana, Fajar Handika serta Elthon Maran.

Baca Juga: Asa Kalteng Putra, Taklukkan PSM Makassar agar Keluar Zona Degradasi

3. Depan: Saatnya penyerang Juku Eja unjuk gigi?

PSM vs Kalteng Putra, Ini Peta Kekuatan Antar Lini Kedua KesebelasanANTARA FOTO/Aprilio Akbar

Juku Eja kemungkinan masih mengandalkan trisula Ezra Walian - Amido Balde - M. Rizky Eka Pratama. Namun bukan berarti peluang M Rahmat dan Zulham Zamrun untuk turun sejak menit pertama juga tertutup. Jika situasi tetap buntu, ada sang pendobrak situasi bernama Ferdinand Sinaga.

Yang jadi pertanyaan, siapa ujung tombak untuk laga esok? Balde atau Ferdinand? Coach Kalezic berancang-ancang amankan tiga poin dengan strategi ofensif, dan yang dibutuhkan adalah seorang penyerang dengan insting tajam di dalam kotak penalti.

Laskar Isen Mulang berangkat dari Palangka Raya tanpa Patrich Wanggai yang pada laga terakhir dihadiahi kartu merah. Praktis hanya dua penyerang tersedia yaitu Ferinando Pahabol dan Eydison.

Krisis lini depan bakal diatasi coach Gomes dengan menurunkan salah satu gelandang bertipe menyerang. Maka yang masuk radar pelatih kelahiran Brasil itu antara lain Maldini Pali dan Pandi Lestaluhu.

Baca Juga: PSM Makassar Cemaskan Kebangkitan Kalteng Putra

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Just For You