Comscore Tracker

PSM Tampil Perkasa, Amiruddin: Berkat Kerja Keras

Pasukan Ramang mantap di puncak klasemen sementara

Makassar, IDN Times - Asisten pelatih PSM Makassar Ahmad Amiruddin menyebut keberhasilan timnya memperpanjang tren positif tak lepas dari teamwork yang ditunjukkan pemain di lapangan. Ini jadi resep utama kemenangan 3-1 atas Persita Tangerang dalam laga pekan ke-13 BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Sultan Agung Bantul, Kamis sore (8/12/2022).

"Kami PSM bersyukur atas hasil ini. Ini adalah hasil dari kerja keras pemain, sesuai dengan yang dilatihkan kemarin," ujarnya dalam sesi jumpa pers selepas pertandingan.

Pada pertandingan itu, Amiruddin menggantikan peran pelatih Bernardo Tavares yang terkena sanksi akumulasi kartu kuning. Soal kemenangan, Amiruddin mengakui timnya tampil solid.

"Kami di babak pertama lebih banyak kesempatan daripada tim lawan, begitu pula di babak kedua. Tapi yang terpenting adalah kerja sama," sambung coach Ahmad.

Baca Juga: Meski tanpa Pelatih Kepala, PSM Sukses Taklukkan Persita 3-1

1. Permainan efektif PSM sukses membendung agresivitas Persita

PSM Tampil Perkasa, Amiruddin: Berkat Kerja KerasSalah satu momen pertandingan pekan ke-13 BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar versus Persita Tangerang di Stadion Sultan Agung Bantul, Kamis 8 Desember 2022. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Pendekar Cisadane tak bisa membendung permainan efektif Juku Eja. Anak-anak Makassar cuma menguasai 29% aliran bola dan cuma catatkan 6 tembakan tepat sasaran dari 9 percobaan. Persita malah lebih agresif dengan 71% possession ball serta 8 shots in target dari 13 peluang.

Namun, persentase konversi gol PSM lebih tinggi yakni 50%. Di saat Persita, yang mengandalkan Argentine connection yakni Ezequiel Vidal serta Ramiro Fergonzi, cuma mencapai 12,5%.

Selain itu, pertahanan PSM juga bekerja solid dalam membendung serangan Persita. Total mereka melakukan 14 tekel, 22 intersep dan 22 kali clearances.

2. Pasukan Ramang tak mengubah susunan tim dari laga sebelumnya

PSM Tampil Perkasa, Amiruddin: Berkat Kerja KerasSalah satu momen pertandingan pekan ke-13 BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar versus Persita Tangerang di Stadion Sultan Agung Bantul, Kamis 8 Desember 2022. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Di sisi lain, PSM tak mengubah susunan tim mereka dari laga sebelumnya. Dua pemain muda kembali dipercaya merumput sejak menit pertama yakni Victor Dethan serta Ricky Pratama. Ini lantaran stok pemain tergerus akibat cedera dan pemanggilan ke Timnas.

"Memang kita kekurangan stok pemain. Tapi alhamdulillah dari gameplan awal yang dirancang coach Bernardo, semuanya percaya pada kemampuan seluruh pemain," katanya.

"Makanya kalau ada yang absen, memang ada kekurangan tapi kami support yang turun. Mereka bisa membalas kepercayaan tersebut," imbuh eks asisten pelatih Borneo FC itu. Meski demikian, ia mengakui jadwal yang mepet membuat pemain rentan cedera.

3. Selanjutnya, Muhammad Arfan dkk akan berjumpa Bhayangkara FC

PSM Tampil Perkasa, Amiruddin: Berkat Kerja KerasPara pemain PSM Makassar berpose sebelum laga pekan ke-13 BRI Liga 1 2022-23 versus Persita Tangerang di Stadion Sultan Agung Bantul, Kamis 8 Desember 2022. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Sementara itu, Yance Sayuri tak dapat menyembunyikan rasa gembira setelah mencetak gol pertama untuk PSM. Terlebih gol tersebut lahir dari sepakan voli first time indah. Tapi, ia tetap memberi kredit pada tim pelatih atas suntikan motivasi saat turun minum.

"Pertandingan hari ini berat sekali. Di babak pertama kita ragu apakah kita bisa menang atau kalah, tapi di kamar ganti kita mendapat suntikan semangat dari tim pelatih untuk mempertahankan rekor ini," kata pemilik nomor punggung 11 itu.

"Jadi begitu masuk babak kedua, kita bisa bekerja lebih keras lagi," tutup kembaran Yakob Sayuri tersebut.

Pasukan Ramang masih belum tergeser dari puncak klasemen sementara dengan koleksi 28 poin. Di pekan ke-14, mereka akan berjumpa Bhayangkara FC pada Senin pekan depan (12/12/2022).

Baca Juga: Freesmile Membakar Semangat Suporter Makassar Lewat "PSM Till I Die"

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya