Comscore Tracker

PSM Pilih Stadion BJ Habibie Parepare untuk Markas Sementara

Direktur PSM Munafri Arifuddin sudah meninjau stadion itu

Makassar, IDN Times - Wacana PSM Makassar menggunakan Stadion Gelora BJ Habibie Parepare sebagai homebase sementara bukan lagi sekadar isapan jempol. Direktur PSM Munafri Arifuddin menyambangi arena berkapasitas 20 ribu penonton tersebut pada Rabu kemarin (8/9/2021).

Sebelum kunjungan tersebut, sosok yang biasa disapa Appi' itu menghadap Wali Kota Parepare Taufan Pawe di kantornya bersama sejumlah petinggi PSM lain. Ia menyebut bahwa kunjungan ini juga untuk mengetahui sejauh mana kesiapan stadion tersebut jadi tuan rumah Liga 1 di musim mendatang.

"Selain itu agar segala kekurangan untuk menyelenggarakan pertandingan bisa kita tuntaskan sama-sama," ungkap Appi dalam keterangan pers yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Pelatih PSM Ungkap Sulitnya Cetak Gol ke Gawang Arema

1. Akses dan infrastruktur memadai jadi alasan PSM memilih Stadion BJ Habibie

PSM Pilih Stadion BJ Habibie Parepare untuk Markas SementaraDirektur PSM Makassar Munafri Arifuddin (kiri) saat meninjau Stadion Gelora BJ Habibie Parepare didampingi Wali Kota Parepare Taufan Pawe (tengah) pada Rabu 8 September 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Seiring renovasi Stadion Andi Mattalatta Mattoanging yang terkesan berjalan lamban, opsi pindah kandang untuk sementara sudah mengemuka setahun terakhir. Manajemen PSM pun sempat mengirim tim untuk mengecek sejumlah kandidat stadion potensial di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Menurut Appi', Stadion Gelora BJ Habibie dipilih dengan alasan jarak dan infrastruktur penunjang yang dianggap sudah memenuhi syarat.

"Yang paling utama (jadi pertimbangan kami) adalah akses dan infrastruktur," kata Appi'.

"Parepare ini adalah kota yang ramai, jalanan akses dari Makassar bagus, dan banyak hotel yang mendukung di sini. Stadionnya pun berkapasitas 20 ribu, itu sudah sangat bagus," dia melanjutkan.

2. Rencananya baru akan digunakan untuk Liga 1 musim depan

PSM Pilih Stadion BJ Habibie Parepare untuk Markas SementaraDirektur PSM Makassar Munafri Arifuddin (kiri) saat meninjau Stadion Gelora BJ Habibie Parepare didampingi Wali Kota Parepare Taufan Pawe (kanan) pada Rabu 8 September 2021. (Dok. MO PSM Makassar)

Dengan faktor-faktor dan syarat dari operator kompetisi Stadion Gelora BJ Habibie, manajemen Juku Eja sepakat bahwa Parepare sudah dua langkah di depan ketimbang kandidat lainnya.

Saat ditanya potensi PSM bermarkas di sana, Appi' menyebut kemungkinannya sangat besar yakni 80 persen. Ini tak lepas dari kebutuhan mendesak atas stadion. Tapi masih ada situasi yang harus diamati.

"Insyaallah kalau tahun depan kompetisi sudah bisa home-away dan kita sudah bisa keluar dari persoalan pandemik ini, kita bisa pakai stadion ini," tuturnya.

"Kenapa kita datang ke Pak Wali Kota (Taufan Pawe), karena kita punya banyak waktu untuk melakukan perbaikan," imbuh Appi'.

3. Wali Kota Parepare Taufan Pawe yakin industri sepak bola bisa memberi dampak positif

PSM Pilih Stadion BJ Habibie Parepare untuk Markas SementaraKondisi Stadion Gelora BJ Habibie Parepare usai proses renovasi. (Instagram.com/taufanpawe)

Berbicara dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Parepare Taufan Pawe menyebut penduduk kota terbesar kedua Sulsel itu akan merasa terhormat jika PSM bermarkas di sana, meski untuk sementara.

Ia turut menekankan bahwa industri sepak bola nasional saat ini sudah bisa memberi dampak positif bagi ekonomi kota penyelenggara.

"Pak Appi' (Munafri Arifuddin) mengatakan, industri sepak bola ini sangat menjanjikan. Seperti inilah yang saya maksud. Dengan semangat ini, saya meyakini pada sektor kepariwisataan Kota Parepare bakal meningkat," kata Taufan seperti dilansir ANTARA.

Stadion yang dikenal sebagai tuan rumah turnamen Habibie Cup itu direnovasi oleh Pemerintah Kota Parepare sejak tahun 2020. Anggaran Rp1,5 miliar dari APBD dipakai untuk perbaikan fitur-fitur penting stadion. Mulai dari rumput, lapangan, ruang ganti pemain, toilet, ruang wasit, ruang media serta tribun tertutup.

Baca Juga: 4 Catatan Menarik di Laga Pertama PSM Musim 2021/22

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya