Comscore Tracker

PSM Makassar vs PSIS Semarang, Waspada Sengatan Pasukan Biru

Siapa berhak atas poin penuh di Mattoanging?

Rabu 11 September 2019, Stadion Andi Mattalatta Mattoanging - Makassar, 16.30 WITA

Makassar, IDN Times - Libur sudah selesai. PSM memulai perjalanan separuh musim Shopee Liga 1 2019 dengan laga tunda pekan ke-11. Menjamu PSIS Semarang di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging pada Rabu (11/9) sore, sang tuan rumah kembali memancang poin penuh demi merangsek ke persaingan papan atas.

Namun bukan berarti misi ini semudah membalikkan telapak tangan. Tim tamu menyandang reputasi lumayan mentereng kala berlaga jauh dari markasnya. Dari delapan kesempatan away sejak awal musim, mereka berhasil memetik tiga hasil imbang dan sepasang kemenangan. Tiga sisanya berakhir kekalahan.

Baca Juga: Profil Singkat Firza Andika, Penggawa Baru PSM Makassar

1. Pelatih PSM, Darije Kalezic (kanan), menyebut anak asuhnya sudah sangat siap mendulang poin penuh

PSM Makassar vs PSIS Semarang, Waspada Sengatan Pasukan BiruIDN Times/Achmad Hidayat Alsair

Sadar dengan rekor apik PSIS, Darije Kalezic mengaku telah menyiapkan strategi khusus untuk gagalkan misi poin tamu dari Semarang. Dalam sesi jumpa media pra-pertandingan pada Selasa (10/9) sore, pelatih kepala berpaspor Swiss menegaskan anak asuhnya sudah sangat siap mendulang tiga poin.

"Situasi dalam tim sedang bagus-bagusnya. Mereka sudah tak sabar bertanding. Mereka seperti 'lapar' akan kemenangan," pungkasnya.

Kendati Juku Eja takkan diperkuat Marc Klok (masalah kebugaran) dan Firza Andika (cedera engkel kaki kiri), coach Kalezic telah mengantongi nama pengganti. Selain itu besar kemungkinan Zulham Zamrun dan Amido Balde, dua pencetak gol terbanyak di helatan Piala Indonesia 2018-19, turun sejak menit pertama.

2. Bambang Nurdiansyah (kanan), juru taktik PSIS, tak silau dengan materi mengkilap sang tuan rumah

PSM Makassar vs PSIS Semarang, Waspada Sengatan Pasukan BiruLiga-Indonesia.id

Dari kubu lawan, Bambang Nurdiansyah selaku juru taktik PSIS menegaskan bahwa Hari Nur Yulianto cs tak ciut dengan materi pemain PSM yang disebutnya komplit. Belum lagi menyoal trah Mattoanging sebagai tempat 'angker' bagi tim-tim yang datang melawat. Misi mencuri poin dicanangkan, meski dipastikan tak mudah.

"Status sebagai tim besar, ditambah lagi PSM belum terkalahkan musim ini di Makassar. Tapi semua bisa terjadi dalam sepak bola. Yang penting usaha dulu, hasilnya setelah pertandingan berakhir," tandas pelatih yang baru bekerja untuk pasukan biru jelang putaran pertama rampung, dalam kesempatan terpisah.

Meski nama rekrutan anyar Laskar Mahesa Jenar --gelandang serang kelahiran Chili berpaspor Palestina, Jonathan Cantillana-- masuk dalam rombongan ke Makassar, Bambang masih menunggu rekomendasi dari pelatih fisik.

3. Siapa berhak mendulang poin? Juku Eja atau Laskar Mahesa Jenar?

PSM Makassar vs PSIS Semarang, Waspada Sengatan Pasukan BiruANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

PSM (4-3-3)

Rivky Mokodompit; Asnawi Mangkualam Bahar, Aaron Evans, Abdul Rahman Sulaeman, Beny Wahyudi; Raphael Maitimo, Muhammad Arfan, Wiljan Pluim; M Rahmat, Amido Balde, Zulham Zamrun

PSIS (4-3-3)

Jandia Eka Putra; Soni Setiawan, Rian Ardiansyah, Wallace Costa Alves, Finky Pasamba; Septian David Maulana, Heru Setyawan, Bayu Nugroho; Hari Nur Yulianto, Claudir Marini Jr., Komarudin

Catatan tiga pertemuan terakhir :

16/03/2019 PSIS 1-0 PSM (Piala Presiden)

30/07/2018 PSIS 1-1 PSM (Liga 1)

25/03/2018 PSM 2-0 PSIS (Liga 1)

Baca Juga: Parade Jersey PSM Makassar dari Masa ke Masa (1)

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Just For You