PSM Makassar Vs Persis Solo, Wajib Menang di Kandang!

Kedua tim sama-sama berkutat di papan tengah klasemen

Makassar, IDN Times - PSM Makassar akan menjamu Persis Solo dalam laga pekan ke-10 BRI Liga 2023-24 di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Senin malam ini (28/8/2023). Mental tuan rumah sedang meningkat usai memastikan diri tampil di fase grup AFC Cup 2023-24.

Kemenangan telak 4-0 atas Yangon United menjadi modal berharga untuk memutus tren negatif di Liga 1. Anak asuh Bernardo Tavares sendiri menelan dua kekalahan beruntun, dan sedang berada di papan tengah klasemen sementara yakni peringkat 14, atau hanya dua posisi dari zona merah.

Adapun Persis Solo duduk di peringkat ke-13 lantaran masih belum keluar dari performa inkonsisten. Setelah lima pekan tanpa kemenangan, akhirnya mereka mampu mengakhiri paceklik dengan membekuk Bali United dengan skor 3-1 pekan lalu.

Baca Juga: PSM Makassar Diduga Terlilit Utang 5,6 Miliar, Manajemen Bungkam!

1. Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, meminta anak asuhnya tampil 100 persen

PSM Makassar Vs Persis Solo, Wajib Menang di Kandang!Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam salah satu pertandingan BRI Liga 1 2022-23. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Pelatih kepala PSM , Bernardo Tavares, kembali harus berhadapan dengan masa persiapan mepet. Bahkan jika Persis tampil merepotkan, ia menganggap ini lantaran waktu latihan dan recovery tim tamu lebih panjang.

Meski begitu, pelatih asal Portugal itu menegaskan anak asuhnya tetap akan tampil mengerahkan 100 persen. Tentu saja ini agar mereka mampu meraih poin penuh di kandang sendiri.

"Bagus jika memang mereka siap untuk pertandingan. Itu artinya mereka menghabiskan waktu untuk menganalisa tim kita dan kita akan melawan tim yang bagus, mereka sangat siap," ungkap pelatih berlisensi UEFA Pro tersebut dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Minggu (27/8/2023).

Juku Eja sendiri dipastikan tanpa dua pemain andalannya. Kapten tim Wiljan Pluim kembali absen dari sesi latihan resmi, sedangkan Akbar Tanjung meminta izin karena melangsungkan pernikahan.

2. Leonardo Medina, juru taktik Persis, mewaspadai ancaman dari bola kedua

PSM Makassar Vs Persis Solo, Wajib Menang di Kandang!Pelatih kepala PSM Makassar, Leonardo Medina, dalam salah satu juma pers pertandingan BRI Liga 1 2023-24. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Di sisi lain, Persis sudah melakukan analisa permainan tim tuan rumah. Ada beberapa hal yang mereka harus waspadai. Salah satunya adalah bola kedua, senjata berbahaya PSM dan kerap langsung mengarah ke gawang lawan.

"Kita bekerja banyak di bola kedua. Ini karena kita tahu PSM Makassar adalah tim yang bagus di bola kedua. Itu kenapa kita harus kerja keras di bola kedua pada laga nanti. Kita harus kerja keras untuk dapat menang," ujar juru taktik Persis, Leonardo Medina, dalam kesempatan terpisah.

"Sekali lagi kita fokus di bola kedua. Sebab jika kita tidak antisipasi, mereka bahaya. Ini kita tahu dari video rekaman pertandingan. Kita harus melakukannya dengan baik dan pemain akan kerja keras juga fokus pada karakteristik PSM," papar Medina.

Laskar Sambernyawa sendiri wajib menang agar mereka tidak semaki melorot ke zona degradasi. Meski Ramadhan Sananta masih absen usai memperkuat Timnas U-23, Persis sudah bisa menurunkan Alexis Messidoro yang menepi pekan lalu.

3. Pada pertemuan terakhir, Laskar Sambernyawa dibekuk Juku Eja dengan skor 3-2

PSM Makassar Vs Persis Solo, Wajib Menang di Kandang!Pemain PSM Makassar Wiljan Pluim (kiri) melindungi bola dari pemain Persis Solo Alexis Messidoro (kanan) dalam laga pekan ke-28 BRI Liga 1 2022-23 yang berlangsung di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Minggu 5 Maret 2023. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Kike Linares; Yakob Sayuri, Ananda Raehan Alief, Muhammad Arfan, Kenzo Nambu, Yance Sayuri; Adilson da Silva, Everton Nascimento

Persis Solo (3-4-3)

Pancar Nur Widiastono (GK); Diego Bardanca, Jaime Rodriguez, Rian Miziar; Eky Taufik, Taufik Febriyanto, Sutanto Tan, Alexis Messidoro; David Gonzalez, Fernando Rodriguez, Moussa Sidibe

Catatan dua pertemuan terakhir :

05/03/2023 PSM 3-2 Persis (Liga 1)

29/09/2022 Persis 1-1 PSM (Liga 1)

Siapa yang bisa memetik poin penuh dan menjauh dari papan bawah? Saksikan duel PSM Makassar versus Persis Solo pada Senin malam ini (28/8/2023), pukul 20.00 WITA.

Baca Juga: Undian AFC Cup: Bali United Jumpa Lawan Berat, PSM Ketemu Saddil

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya