PSM Makassar Vs Persik Kediri, Sama-Sama dalam Kondisi Timpang

Kedua tim tak bisa menurunkan tim terbaiknya di laga ini

Makassar, IDN Times - PSM Makassar kembali bertemu penghuni papan bawah pada laga pekan keenam BRI Liga 1 2023-24, pada Kamis sore nanti (3/8/2023) di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare. Kali ini adalah Persik Kediri, yang saat ini menempati peringkat 16 klasemen sementara.

Langkah Persik sedang tertatih lantaran baru memetik empat poin sejak pekan pertama. Mereka bahkan mengalami dua kekalahan beruntun sebelum menantang Juku Eja. Alhasil, kubu Macan Putih jalani lawatan berat di Parepare.

Ini bertolak belakang dengan PSM. Sang tuan rumah sedang menikmati tren positif sejak pekan ketiga. Wiljan Pluim dan kawan-kawan bahkan sanggup membawa pulang satu poin dari markas Bhayangkara FC pekan lalu. Kendati demikian, kedua kubu sama-sama tak bisa menurunkan tim terbaiknya.

1. PSM Makassar akan melakukan rotasi lantaran beberapa pemain mengalami cedera

PSM Makassar Vs Persik Kediri, Sama-Sama dalam Kondisi TimpangPara pemain PSM Makassar dalam sesi official training di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Rabu 2 Agustus 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, merasa sedikit khawatir jelang laga ini. Selain faktor kebugaran, jadwal laga akhir pekan membuatnya harus memutar otak untuk menjalankan rotasi pemain. Alhasil, mereka akan kembali timpang seperti pekan sebelumnya.

"Sayangnya saya tidak bisa melakukan rotasi yang saya mau karena banyak pemain cedera. Seperti yang kita ketahui, kita tidak memiliki Ananda (Raehan Alief), Rizky Pellu sebelumnya, dan juga Rasyid (Bakri) yang baru pulih. Ada juga beberapa pemain yang sedang mengalami cedera sekarang," tuturnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Rabu kemarin (2/8/2023).

Beberapa penggawa Juku Eja yang dikabarkan sedang menepi karena cedera yakni kiper Reza Arya Pratama, striker Everton Nascimento serta penyerang muda Andy Harjito. Meski begitu sudah ada sejumlah pemain yang siap kembali diturunkan usai jalani pemulihan, salah satunya Adilson da Silva.

2. Persik Kediri dihadapkan pada misi sulit dalam lawatam ke Parepare

PSM Makassar Vs Persik Kediri, Sama-Sama dalam Kondisi TimpangPara pemain Persik Kediri dalam sesi official training di Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, Rabu 2 Agustus 2023. (Instagram.com/persikfcofficial)

Senasib dengan tim tuan rumah, Persik tidak bisa membawa tiga pemain mereka. Kiper Kartika Ajie dan bek kanan Symen Lyngbo harus menepi untuk sementara waktu karena cedera. Sedangkan salah satu motor serangan mereka, Renan Silva, absen akibat akumulasi kartu kuning.

Juru taktik Persik, Marcelo Rospide, enggan langsung mengibar bendera putih. Ia memandang laga ini sebagai momen menebus hasil buruk di dua laga terakhir. Meski sulit, tapi pelatih asal Brasil tersebut termotivasi dengan apa yang dilakukan Dewa United di pekan kedua.

"Kami melakukan perjalanan yang cukup jauh sehingga kami tidak melakukan latihan. Kami datang ke sini dengan hasil kurang baik di partai sebelumnya. Tentu target tim ke sini meraih hasil maksimal," kata.

"Terkait PSM saya tahu mereka tim kuat dan dibutuhkan keseimbangan. Kita coba bermain aman dan akan memaksimalkan semua strategi yang sudah saya siapkan," ungkap Rospide.

3. Dari lima pertemuan terakhir Juku Eja dan Macan Putih, empat diantaranya berakhir imbang

PSM Makassar Vs Persik Kediri, Sama-Sama dalam Kondisi TimpangSalah satu momen pertandingan uji coba antara Persik Kediri melawan PSM Makassar di Stadion Brawijaya Kediri, 24 Juni 2023. (Instagram.com/persikfcofficial)

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Muhammad Ardiansyah (GK); Kike Linares, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Yakob Sayuri, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Kenzo Nambu, Yance Sayuri; Wiljan Pluim, Adilson da Silva

Persik Kediri (4-2-3-1)

Dikri Yusron (GK); Agil Munawar, Anderson Nascimento, Al Hamra Hehanusa, Yusuf Meilana; Rohit Chand, Adi Eko Jayanto; Muhammad Supriadi, Bayu Otto, Flavio Silva; Jefinho

Catatan lima pertemuan terakhir :

24/06/2023 Persik 1-1 PSM (Uji Coba)

19/02/2023 PSM 2-1 Persik (Liga 1)

02/09/2022 Persik 0-0 PSM (Liga 1)

19/06/2022 PSM 0-0 Persik (Piala Presiden)

18/01/2022 PSM 0-0 Persik (Liga 1)

Siapa yang berhasil memetik poin penuh dalam laga ini? Saksikan pertandingan PSM Makassar versus Persik Kediri pada Kamis sore ini (3/8/2023), pukul 16.00 WITA.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya