PSM Makassar Vs Arema FC, Waktunya Juku Eja Bangkit!

Kedua tim saat ini sama-sama menghuni papan bawah klasemen

Makassar, IDN Times - PSM Makassar akan bermain di kandang sendiri melawan Arema FC pada lanjutan Liga 1, Jumat (20/10/2023). Kedua tim saat ini sama-sama berada di papan bawah.

Tuan rumah, PSM Makassar, saat ini berada di posisi 13 dalam klasemen sementara dan belum meraih kemenangan dalam lima pertandingan terakhir. Mereka berada dalam situasi sulit dan perlu segera meraih kemenangan.

Sementara itu, Arema FC, yang menduduki posisi 16 dengan 13 poin, sedang mencari kestabilan. Mereka telah meraih dua kemenangan dalam enam pertandingan terakhir. Mungkin mereka bisa menjadi kejutan bagi PSM Makassar.
 

Baca Juga: Jelang Saling Jajal, Tavares Sebut Arema FC Senasib dengan PSM

1. Pelatih PSM, Bernardo Tavares, sudah mempelajari permainan tim tamu

PSM Makassar Vs Arema FC, Waktunya Juku Eja Bangkit!Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, dalam laga BRI Liga 1 2022-23 kontra Arema FC yang berlangsung di Stadion PTIK Jakarta Selatan, Sabtu 4 Februari 2023. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Kamis (19/10/2023), pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares mengatakan timnya dan Arema FC pada dasarnya senasib. Kedua kubu kompak dirundung berbagai kesulitan, sekaligus sama-sama berjuang dalam keterbatasan.

Meski begitu, ia yakin Pasukan Ramang bisa memutus tren buruk tersebut. Gaya bermain tim tamu bahkan sudah dipelajari sebagai bekal untuk meraih tiga poin.

"Kita juga pelajari tim Arema mereka main dengan mengandalkan ball possession mereka juga mengandalkan kelebihan individual seperti penyerang mereka. Kita sudah membicarakan ini sebelumnya untuk antisipasi hal ini, kita harus lebih bekerja keras," papar pelatih asal Portugal tersebut.

PSM sendiri tak bisa menurunkan sejumlah pemain akibat cedera dan akumulasi kartu. Sebut saja Everton Nascimento, Donald Bissa, Yakob Sayuri, Kenzo Nambu serta Erwin Gutawa. Alhasil, PSM dipastikan akan melakukan rotasi dan andalkan para pemain muda.

2. Fernando Valente, juru taktik Arema FC, membidik poin penuh di Parepare

PSM Makassar Vs Arema FC, Waktunya Juku Eja Bangkit!Pelatih kepala Arema FC Fernando Valente (kiri) bersama asisten pelatih F.X. Yanuar (kanan) dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pekan ke-16 BRI Liga 1 2023-24 melawan PSM Makassar, Kamis 19 Oktober 2023. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

Sementara itu, Fernando Valente dari Arema FC menegaskan bahwa timnya sudah dalam kondisi siap tempur. Meski belum bisa menurunkan seluruh pemain andalannya, ia yakin bisa memberi perlawanan di kandang PSM. Poin penuh dikejar dengan percaya diri demi membawa Singo Edan menjauh dari zona degradasi.

"Memang, kami punya sedikit masalah dengan line-up. Pemain-pemain yang disiapkan masuk line-up sudah dipersiapkan dan akan coba melakukan yang terbaik," tutur Valente dalam kesempatan terpisah.

"Kami lakukan hanyalah bermain dan bertarung sekuat tenaga untuk mendapat hasil terbaik," imbuh sosok yang sempat menangani tim cadangan Shakhtar Donetsk tersebut.

Arema sendiri siap menurunkan beberapa pemain andalannya seperti Bagas Adi Nugroho, Charles Lokolingoy, Gustavo Almeida hingga Ariel Lucero. Arkhan Fikri yang baru kembali dari tugas Timnas Indonesia pun ikut diboyong ke Parepare.

3. Juku Eja bisa memenangi tiga dari lima pertemuan terakhir dengan Singo Edan

PSM Makassar Vs Arema FC, Waktunya Juku Eja Bangkit!Kiper Arema FC Malang Adilson Maringa (kedua kanan) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Willem Pluim (kanan) dalam laga lanjutan Liga 1 2022-2023 di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (4/2/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.

Berikut ini perkiraan susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-4-3)

Reza Arya Pratama (GK); Daffa Salman, Yuran Fernandes, Safrudin Tahar; Dzaky Asraf, Akbar Tanjung, Muhammad Arfan, Yance Sayuri; Ricky Pratama, Everton Nascimento, Andy Harjito

Arema FC (4-3-3)

Julian Schwarzer (GK); Rifad Marasabessy, Bagas Adi Nugroho, Charles Raphael, Achmad Maulana; Jayus Hariono, Ginanjar Wahyu; Dedik Setiawan, Gustavo Almeida, Charles Lokolingoy

Catatan lima pertemuan terakhir :

04/02/2023 Arema FC 0-1 PSM (Liga 1)

20/08/2022 PSM 1-0 Arema FC (Liga 1)

11/06/2022 Arema FC 0-1 PSM (Piala Presiden)

30/03/2022 Arema FC 1-0 PSM (Liga 1)

05/09/2021 PSM 1-1 Arema FC (Liga 1)

Baca Juga: Wiljan Pluim Hengkang, Lini Tengah PSM Makassar Semakin Berlubang

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya