Jelang Saling Jajal, Tavares Sebut Arema FC Senasib dengan PSM

Kompak dirundung kesulitan dan berada di papan bawah

Makassar, IDN Times - Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, menyebut anak asuhnya akan berhadapan dengan tim yang sama-sama dirundung kesulitan. Kesebelasan tersebut adalah Arema FC, di mana mereka akan saling berhadapan pada laga pekan ke-16 BRI Liga 1 2023-24 pada Jumat malam besok (20/10/2023).

"Bagi saya, performa mereka (Arema FC) di pertandingan sebelumnya itu lumayan bagus meski mendapat hasil yang tidak memuaskan. Senasib dengan kita sebab mengalami situasi yang sama," ujar Tavares dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pada Kamis sore (19/10/2023).

1. Arema FC diakui berpotensi menyulitkan tim tuan rumah yang sedang dirundung tren negatif

Jelang Saling Jajal, Tavares Sebut Arema FC Senasib dengan PSMGustavo Almeida saat mencoba mencari celah di pertahanan Borneo FC. (Dok. Media Officer Arema FC)

Tavares rupanya masih terbayang betapa sulitnya untuk mencetak gol pada laga terakhir sebelum jeda internasional. Saat itu, Juku Eja kena bekuk dua gol tanpa balas oleh Madura United yang bertamu ke Stadion Gelora B.J. Habibie Parepare, 8 Oktober silam.

"Sungguh tidak mudah melawan Madura United kemarin. Kita mendapat banyak peluang tapi justru tidak bisa mencetak gol," jelas juru taktik asal Portugal tersebut.

Saat itu, PSM mampu melepas total 23 tembakan tapi hanya 6 yang mengarah ke gawang. Itu pun belum bisa menjebol gawang lawan. Melawan Singo Edan dengan Gustavo Almeida sebagai ujung tombak, bukan tak mungkin kubu tuan rumah lagi-lagi tak berkutik menghadapi permainan efektif.

2. Tavares percaya anak asuhnya akan tetap berusaha memberikan yang terbaik

Jelang Saling Jajal, Tavares Sebut Arema FC Senasib dengan PSMPelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, memberikan instruksi dalam sesi latihan di Stadion Kalegowa Palangga pada Sabtu 14 September 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Lebih jauh, sang pelatih kepala masih percaya bahwa Muhammad Arfan dan kawan-kawan mampu memutus rentetan hasil buruk. Hanya kerja keras yang bisa mengerek PSM Makassar keluar dari papan bawah klasemen sementara, meski kondisi tim masih timpang lantaran tak bisa turun dengan kekuatan penuh.

"Memang di momen-momen sulit seperti ini, kita harus bekerja lebih keras lagi. Ini seperti efek bola salju yang semakin membesar. Belum lagi hal-hal sulit yang kita alami. Termasuk banyaknya pemain-pemain yang cedera dan belum pulih seratus persen," jelas Tavares.

"Meski sedang dalam masa sulit, para pemain akan tetap berusaha untuk selalu memberikan yang terbaik," imbuh pemilik lisensi UEFA Pro tersebut.

Baca Juga: Lawan Arema FC, Pelatih PSM Makassar Ingin Akhiri Tren Buruk

3. Akbar Tanjung ingin menjaga fokus selama 90 menit demi meraih kemenangan

Jelang Saling Jajal, Tavares Sebut Arema FC Senasib dengan PSMGelandang PSM Makassar, Akbar Tanjung, dalam sesi latihan di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare pada Januari 2023. (Instagram.com/psm_makassar)

Senada dengan Tavares, gelandang Akbar Tanjung sudah siap untuk meraih kemenangan pertama sejak 15 September 2023. Ia yakin misi menjauh dari zona degradasi bukan hal yang mustahil dilakukan.

"Untuk kesiapan besok, kita harus lebih siap dari tim tamu. Kita harus fokus di menit awal sampai menit akhir. Kita tahu kita harus bekerja lebih keras dari pertandingan-pertandingan sebelumnya. Semoga kita mendapat hasil yang positif, tiga poin," tegas si pemilik nomor punggung 45.

Sanggupkah Pasukan Ramang meraup poin penuh di rumah sendiri? Saksikan pertandingan pekan ke-16 BRI Liga 1 2023-24 antara PSM Makassar versus Arema FC pada Jumat besok (20/10/2023), pukul 20.00 WITA.

Baca Juga: Mengenang 6 Gol Penting Wiljan Pluim selama Membela PSM Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya