Comscore Tracker

PSM Jajal Empat Pemain Baru Jelang Jumpa PSIS di Piala Menpora

Marco Kabiay cs sudah mulai mengikuti sesi latihan tim

Makassar, IDN Times - Sejak Senin pekan ini, ada yang baru dalam sesi latihan PSM Makassar. Terdapat empah wajah anyar di antara pemain yang berlatih di lapangan Bosowa Sport Center Makassar.

Empat orang itu adalah Marco Kabiay, Junius R. Bate, Julius Josel Omkarsba, dan Jacky Adrian Runtulalo. Mereka bergabung dalam sesi latihan PSM jelang laga perempat final Piala Menpora menghadapi PSIS Semarang, Jumat, 9 April 2021 nanti.

Mereka memang turut terlibat dalam sesi latihan di bawah arahan pelatih Syamsuddin Batolla. Namun mereka sejauh ini berstatus pemain seleksi, dan tidak termasuk bagian skuat yang akan diboyong untuk pertandingan melawan PSIS.

"Keempatnya masih dalam pemantauan tim pelatih," ujar Media Officer PSM Makassar Sulaiman Abdul Karim lewat pesan singkat yang diterima IDN Times, Selasa malam (6/4/2021).

Baca Juga: PSM Harap Patrich Wanggai Pulih Jelang 8 Besar Piala Indonesia

1. Eks penggawa Sulut United, Jacky Runtulalo, jadi salah satu dari empat pemain baru di sesi latihan

PSM Jajal Empat Pemain Baru Jelang Jumpa PSIS di Piala MenporaBek Jacky Adrian Runtulalo saat masih memperkuat tim Sulut United di Liga 2 2020. (Instagram.com/jackyruntulalo)

Marco Kabiay jadi yang paling senior dari barisan pemain trial. Gelandang 30 tahun tersebut pernah membela sejumlah tim,  mulai dari Persipura Jayapura (2008-2012), Arema FC (2017), Persija Jakarta (2017) dan PSMS Medan (2018). Adapun klub terakhir yang dibela pria asal Jayapura itu yakni Persis Solo di tahun 2020.

Selanjutnya ada Jacky Adrian Runtulalo, bek kelahiran Manado berumur 27 tahun. Alumnus tim Pra-PON Sulawesi Utara itu memulai kariernya bersama klub lokal Persma 1960 Manado (2016). Dari Liga Nusantara (kini Liga 3), Jacky loncat kelas ke Liga 2 pada 2018 dengan menerima pinangan Persita Tangerang.

Dua musim bersama Pendekar Cisadane, Jacky memutuskan "mudik" dengan berseragam Sulut United di Liga 2 2020. Kebersamaan cuma berlangsung setahun, sebab ia menyatakan hengkang pada akhir Februari lalu.

2. Bek kiri Junius R. Bate sebelumnya bermain untuk Kalteng Putra FC

PSM Jajal Empat Pemain Baru Jelang Jumpa PSIS di Piala MenporaBek kiri Junius R. Bate dalam sesi latihan PSM Makassar di Bosowa Sport Center, Senin 5 April 2021. (YouTube.com/PSM Makassar)

Lalu ada Junius Rato Bate, bek kiri kelahiran Buleleng. Pria 27 tahun tersebut tercatat pernah membela Persiwa Wamena (2012-2014), Bali United (2015-2019), dipinjamkan ke Celebest FC Palu (2017), PS Sleman (2019) dan PSIM Yogyakarta (2019), di mana ia setim dengan Hendra Wijaya serta Saldy Amiruddin. Pada musim 2020, Junius berseragam Kalteng Putra FC.

Terakhir yakni Julius Josel Omkarsba, penyerang muda didikan Persib Bandung. Berposisi sebagai winger kiri, ia mengantar tim junior Persib menjadi kampiun Liga 1 U-19 2018. Tampil moncer di kelompok umur, manajemen kemudian menyodorkan kontrak tim utama berdurasi satu setengah musim.

Pemuda 22 tahun tersebut sebelumnya masih mengikuti persiapan Persib untuk Piala Menpora. Ia pun ikut bermain dalam training match antara Pangeran Biru kontra Tim Pra-PON Jawa Barat pada 13 Maret lalu.

3. Tim pelatih masih menimbang berapa lama Josel Omkarsba cs ikut berlatih bersama skuad Juku Eja

PSM Jajal Empat Pemain Baru Jelang Jumpa PSIS di Piala MenporaPenyerang Julius Josel Omkarsba dalam sesi latihan PSM Makassar di Bosowa Sport Center, Senin 5 April 2021. (YouTube.com/PSM Makassar)

Meski sudah ikut ambil bagian dalam sesi latihan, tim pelatih masih menimbang berapa lama empat pemain itu bakal bersama skuad Juku Eja.

"Kalau soal berapa lama, ya tergantung rekomendasi pelatih. Tapi untuk saat ini, mereka dipantau dulu," jelas Sulaiman.

Pasukan Ramang telah jalani sesi latihan terakhir di Bosowa Sport Center pada Selasa (6/4/2021) sore. Mereka bakal segera kembali ke Malang, Jawa Timur, untuk bersiap partai melawan PSIS.

Baca Juga: 3 Pemain PSM yang Bersinar Sepanjang Fase Grup Piala Menpora 2021

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya