PSM dan Bali United Bersaing untuk Tiket Liga Champions Asia

PT LIB belum menentukan jadwal dan lokasi laga play-off

Makassar, IDN Times - PSM Makassar tidak bisa lama-lama bersantai usai dipastikan menjadi juara Liga 1 musim 2022/2023. Sebab mereka bakal menjalani babak play-off untuk mendapatkan tiket babak kualifikasi Liga Champions Asia 2023-2024.

Menurut rilis PT Liga Indonesia Baru (LIB) Senin malam (10/4/2023), PSM menghadapi juara Liga 1 musim lalu, Bali United. Pemenangnya akan mendapatkan satu tiket ke fase penyisihan.

Baca Juga: Sadikin Aksa, Sosok di Balik Layar Kesuksesan PSM Juara

1. Ada tiga slot untuk klub Indonesia ke turnamen Asia

PSM dan Bali United Bersaing untuk Tiket Liga Champions AsiaSalah satu momen pertandingan pekan ke-19 BRI Liga 1 2022-23 antara Bali United versus PSM Makassar di Stadion Sultan Agung Bantul, Jumat 20 Januari 2023. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Untuk musim depan, klub Indonesia mendapatkan tiga slot untuk tampil di babak grup AFC Cup 2023-2024. Tim yang kalah dari laga PSM vs Bali United bisa langsung tampil di babak grup AFC Cup.

"PSSI sudah bersurat ke AFC terkait nominasi dan kriteria dari wakil Indonesia yang berhak tampil di tiga slot yang sudah diinformasikan AFC," jelas Direktur Utama PT LIB yakni Ferry Paulus.

"Tim yang kalah dari play off, statusnya langsung hadir di AFC Cup pada babak penyisihan grup, tambahnya.

2. PT LIB belum menentukan kapan dan di mana pertandingan play-off digelar

PSM dan Bali United Bersaing untuk Tiket Liga Champions AsiaSalah satu momen pertandingan pekan kedua BRI Liga 1 2022-23 antara PSM Makassar versus Bali United di Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Jumat 29 Juli 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

PT LIB berwenang menggelar laga play-off antara PSM melawan Bali United. Namun meski Liga 1 musim ini sudah akan memasuki pekan terakhir, rencana tempat dan waktu pertandingan tersebut belum dipastikan.

"Soal venue dan tanggal, nanti akan diumumkan secara resmi," ujar Hanif Marjuni, Media and Public Relation Manager PT LIB, saat dikonfirmasi oleh IDN Times pada Selasa pagi (11/4/2023).

3. Juku Eja membidik partisipasi keempat di kejuaraan antarklub paling bergengsi

PSM dan Bali United Bersaing untuk Tiket Liga Champions AsiaSalah satu momen pertandingan final AFC Cup 2022 Zona ASEAN antara PSM Makassar versus Kuala Lumpur City FC yang berlangsung di KLFA Stadium Cheras, Rabu 24 Agustus 2022. (Dok. Ofisial PSM Makassar/Agung Dewantara)

Jika berhasil memenangi laga play off ini, PSM akan merasakan lagi panggung kejuaraan antarklub paling bergengsi di Asia setelah terakhir kali berpartisipasi 18 tahun. Juku Eja sendiri sudah pernah bertanding dalam ajang serupa pada 1996-97, 2000-01, 2004 dan 2005.

Namun, kalau pun gagal lolos, Wiljan Pluim dkk kembali terjun ke ajang AFC Cup untuk kali keempat secara beruntun sejak musim 2019.

Baca Juga: Rasyid Bakri, Loyalitas Sang Pangeran Bawa PSM Makassar Juara Liga 1

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya