Piala Presiden: Persib Vs PSM, Bentrok Dua Tim Beda Nasib

Laga klasik jadi pembuka ajang Piala Presiden 2024

Makassar, IDN Times - Turnamen pramusim Piala Presiden 2024 akan dibuka dengan duel klasik antara Persib Bandung dan PSM Makassar. Partai Grup A yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat Soreang pada Jumat sore (19/7/2024) tersebut adalah pertemuan dua tim dengan nasib berbeda.

Persib sedang menikmati masa bulan madu, berkat status jawara Liga 1 2023/2024 . Mereka berhasil mempertahankan mayoritas pemain pilar, dan tidak mengalami banyak perombakan di bursa transfer awal musim 2024/2025.

Sedangkan PSM adalah tim yang sedang dibangun ulang. Usai ditinggal banyak penggawa penting, mereka getol merekrut nama-nama anyar. Total 12 pemain sudah digaet, termasuk 5 tenaga impor yang baru pertama kali merumput di Indonesia.

Baca Juga: Persib Vs PSM di Piala Presiden, Tavares Bandingkan Kondisi Kedua Tim

1. Pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares, antusias menghadapi sang juara bertahan Liga 1

Piala Presiden: Persib Vs PSM, Bentrok Dua Tim Beda NasibPelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares, berbicara di sesi jumpa pers pra-pertandingan Grup A Piala Presiden 2024 melawan Persib Bandung, Kamis 18 Juli 2024. (Dok. PialaPresiden.id)

Kondisi tim yang berbeda jadi fokus utama pelatih kepala PSM, Bernardo Tavares. Ia bahkan mengatakan bahwa tugasnya di setiap awal musim ibarat membangun sebuah tim baru dari nol. Meski begitu, Juku Eja disebut tetap antusias menghadapi sang juara bertahan.

"Kami akan berusaha yang terbaik untuk mempersiapkan tim untuk musim ini. Turnamen ini bagus untuk kami, memberi kami kesempatan untuk berhadapan dengan tim bagus, dalam hal ini menghadapi sang juara," tuturnya dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Kamis malam (19/7/2024).

PSM sendiri kemungkinan langsung memasang para pemain baru sebagai starter. Sebut saja bek tengah Aloisio Neto, winger Daisuke Sakai dan striker Nermin Haljeta yang akan tandem dengan Adilson da Silva.

2. Di sisi lain, kubu Persib buta sama sekali kekuatan sang lawan

Piala Presiden: Persib Vs PSM, Bentrok Dua Tim Beda NasibPelatih kepala Persib Bandung Bojan Hodak (kiri) dan gelandang Marc Klok (kanan) di sesi jumpa pers pra-pertandingan Grup A Piala Presiden 2024 melawan PSM Makassar, Kamis 18 Juli 2024. (Dok. PialaPresiden.id)

Sementara itu, Bojan Hodak selaku juru latih Persib mengaku sama sekali buta kekuatan PSM. Alasannya tentu saja perombakan tim seiring hengkangnya sejumlah pemain kunci Pasukan Ramang. Selain itu, kebugaran pemain kubu Pangeran Biru juga masih belum sampai di level yang diharapkan.

"Mengenai PSM, saya menilai mereka adalah skuat yang bagus tapi ada banyak perubahan dari musim lalu. Sedangkan kami mempertahankan mayoritas pemain dan hanya ada beberapa pergantian saja," kata Hodak di kesempatan terpisah.

"Ini menjadi pertandingan yang menarik karena kedua tim belum sebetulnya tahu berapa pemain yang benar-benar siap," imbuh sosok asal Kroasia tersebut.

Kendati demikian, Persib kemungkinan belum bisa menurunkan kekuatan penuh. Gelandang Tyronne del Pino baru bergabung pada Kamis kemarin (18/7/2024). Tapi pemain lain seperti Nick Kuipers, Rachmat Irianto dan Febri Hariyadi siap bermain sejak menit pertama.

3. Pangeran Biru tak pernah menang atas Juku Eja di empat pertemuan terakhir

Piala Presiden: Persib Vs PSM, Bentrok Dua Tim Beda NasibSalah satu momen pertandingan pekan ke-21 BRI Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung versus PSM Makassar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api Bandung pada Senin 4 Desember 2023. (Dok. Persib.co.id)

Perkiraan susunan pemain kedua tim :

Persib Bandung (4-2-3-1)

Kevin Ray Mendoza (GK); Henhen Herdiana, Nick Kuipers, Mateo Kocijan, Rezaldi Hehanusa; Marc Klok, Rachmat Irianto; Febri Hariyadi, Adzikry Fadillah, Ciro Alves; David da Silva

PSM Makassar (3-5-2)

Hilman Syah (GK); Daffa Salman, Yuran Fernandes, Aloisio Neto; Dzaky Asraf, Muhammad Arfan, Akbar Tanjung, Latyr Fall, Daisuke Sakai; Adilson da Silva, Nermin Haljeta

Catatan lima pertemuan terakhir :

04/12/2023 Persib 0-0 PSM (Liga 1)

22/07/2023 PSM 4-2 Persib (Liga 1)

14/02/2023 Persib 1-2 PSM (Liga 1)

29/08/2022 PSM 5-1 Persib (Liga 1)

22/02/2022 PSM 0-2 Persib (Liga 1)

Siapa yang akan merebut tiga poin di laga pembuka Piala Presiden 2024? Saksikan duel klasik Persib Bandung kontra PSM Makassar pada Jumat sore ini (19/7/2024) pukul 16.30 WITA.

Baca Juga: Ikuti Piala Presiden 2024, PSM Makassar Bisa Panen Uang Tampil

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya