Piala Menpora 2021: PSM Makassar Bakal Boyong 23 Pemain ke Malang

Tim pelatih mengaku sudah kantongi komposisi tim utama

Makassar, IDN Times - Sudah satu setengah pekan para pemain PSM Makassar jalani pemusatan latihan di Bosowa Sport Center. Tim pelatih Juku Eja pun telah mengantongi gambaran tim utama di ajang Piala Menpora. Masih ada seleksi tahap akhir untuk mengerucutkan komposisi.

"Kami saat ini punya 30-an pemain yang terdiri dari senior dan junior. Untuk kekuatan tim yang kita bawa hanya 23 pemain," ujar asisten pelatih Budiardjo Thalib pada Kamis (18/3/2021), seperti dikutip dari ANTARA.

Menurut eks juru taktik Sriwiyaja FC itu, pemain senior yang sudah kenyang pengalaman bakal diutamakan. Sementara, 11 nama yang dipanggil dari akademi masih butuh pengamatan lebih lanjut.

1. Terhitung ada 17 pemain dalam skuad sementara PSM yang sudah punya jam terbang

Piala Menpora 2021: PSM Makassar Bakal Boyong 23 Pemain ke MalangSejumlah pesepak bola PSM Makassar menjalani latihan perdana di Lapangan Bosowa Sport Centre, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (7/3/2021). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Jika menilik daftar pemain sementara, ada 17 pemain yang sesuai kriteria tim pelatih. Di bawah mistar gawang, mencuat nama Hilmansyah serta Syaiful Syamsuddin. Turut pula kiper muda Reza Arya Pratama yang promosi pada musim 2019.

Di lini belakang sendiri terdapat Zulkifli Syukur, Hendra Wijaya, Hasyim Kipuw Ahmad Hari dan Nurhidayat Haji Haris. Kemudian menyusul duo rekrutan baru yakni palang pintu Erwin Gutawa plus bek kiri Abdul Rachman. Belum menghitung Abdul Rahman Sulaeman yang masih berjuang pulihkan cedera.

Masuk lapangan tengah ada Sutanto Tan, Muhammad Arfan kemudian Rasyid Bakri. Lalu bertindak sebagai penyerang yakni Rizky Eka Pratama, Zulham Zamrun, Patrich Wanggai ditambah Yakob Sayuri yang baru tiba Rabu (17/3/2021) kemarin.

2. Pelatih kepala PSM mulai menerka kemungkinan turunkan Sayuri Bersaudara

Piala Menpora 2021: PSM Makassar Bakal Boyong 23 Pemain ke MalangSayuri Bersaudara, Yakob (kiri) dan Yance (kanan), dalam sesi latihan PSM Makassar sebagai persiapan menuju Piala Menpora 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Di sisi lain, pelatih kepala Syamsuddin Batola tak menutup peluang pemain muda diberi kesempatan unjuk gigi. Ia mulai menerka-nerka kemungkinan menduetkan pemain baru Yance Sayuri, bersama sang saudara yakni Yakob Sayuri.

"Sistem pergantian pemain di sana (Piala Menpora) memang membolehkan langsung masukkan dua pemain baru dan sebagainya," ungkap Syam, sapaan akrabnya.

Kendati demikian, Syam mengaku masih mengamati keadaan. Terlebih Yakob baru saja mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia selama satu bulan. Padahal winger 23 tahun itu disebutnya punya kualitas sebagai jaminan masuk tim utama.

Baca Juga: Jelang Piala Menpora 2021, PSM Datangkan Lagi Tiga Pemain Seleksi

3. Terjun tanpa satu pun pemain asing, coach Syam enggan mematok target muluk-muluk di Malang

Piala Menpora 2021: PSM Makassar Bakal Boyong 23 Pemain ke MalangPelatih kepala PSM Makassar, Syamsuddin Batola, saat memimpin sesi latihan di Bosowa Sport Center pada Senin 8 Maret 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Bersua Persija Jakarta di matchday pembuka Grup B, Senin 22 Maret mendatang, coach Syamsuddin mengaku enggan mematok target muluk-muluk. Terjun ke pramusim tanpa satu pun pemain asing, ia cuma bisa berjanji PSM akan tampil maksimal. 

"Saya pada setiap pertandingan selalu ingin menang, begitu pun saat menghadapi Persija. Kalaupun nanti hasilnya berkata lain, itu kita lihat nanti (setelah pertandingan)," lanjut penggawa Juku Eja dekade 1990-an itu.

Daftar 23 pemain tim utama sendiri baru dirilis hari Sabtu (20/3/2021) ini. "Belum ada (daftar nama pemain untuk Piala Menpora). Nanti (diumumkan) pas hari keberangkatan," tulis Media Officer PSM Makassar Sulaiman Abdul Karim, dalam pesan singkat yang diterima IDN Times pada Kamis malam.

Baca Juga: PSM Makassar Pakai Jasa Zulham-Nurhidayat di Piala Menpora 2021

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya