Jelang Piala Menpora 2021, PSM Datangkan Lagi Tiga Pemain Seleksi

Sinyal bahwa lini tengah masih ingin diperkuat

Makassar, IDN Times - Ada tiga wajah baru yang mengikuti sesi latihan PSM Makassar di Bosowa Sport Center, Senin (15/3/2021) sore. Mereka adalah Yance Sayuri, Ferdinand Ayomi, dan Sutanto Tan. Dua nama awal sudah berada di Makassar sejak Minggu (14/3/2021) kemarin, sedang yang terakhir baru tiba tadi siang.

Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, mengonfirmasi ketiganya berstatus pemain seleksi. "Menurut pelatih (Syamsuddin Batola), masih trial. Keputusan final nanti jelang keberangkatan," ujar pria yang biasa disapa Sule itu melalui pesan singkat kepada IDN Times, Senin malam.

1. Yance Sayuri dan Ferdinand Ayomi sebelumnya bermain di level Liga 2 dan Liga 3

Jelang Piala Menpora 2021, PSM Datangkan Lagi Tiga Pemain SeleksiFoto pemain trial PSM Makassar untuk Piala Menpora 2021, Yance Sayuri dan Ferdinand Ayomi. (Instagram.com/yan_sayuri23 - Instagram.com/ferdinanferry15)

Yan Sayuri, adik winger Yakob Sayuri, sebelumnya memperkuat klub Persemi Mimika. Ia ikut mengantar Persemi keluar sebagai juara Regional Papua dan menembus Babak 16 Besar Putaran Nasional di helatan Liga 3 musim 2019.

Ferdinand Ayomi juga merumput bersama Persemi dari 2018 hingga 2019. Masuk tahun 2020, ia merapat ke klub Liga 2 Persewar Waropen jelang rencana restart kompetisi yang akhirnya batal. Duo Papua ini berposisi sebagai gelandang serang.

Sementara itu, Sutanto Tan adalah penggawa PSMS Medan musim lalu. Gelandang tengah berusia 26 tahun tersebut juga sempat berkarier di Hougang United (2014), Mitra Kukar (2016), Persija Jakarta (2016-17), Bali United (2017-18) dan PSIM Yogyakarta (2019).

2. Sutanto Tan dan dua pemain seleksi lain memperebutkan tempat di lini tengah PSM

Jelang Piala Menpora 2021, PSM Datangkan Lagi Tiga Pemain SeleksiSalah satu pemain trial PSM Makassar, Sutanto Tan, saat masih berseragam PSMS Medan pada musim 2020. (Instagram.com/sutantoo)

Hal ini menyiratkan coach Syamsuddin Batola masih berupaya memperkuat lini tengah. Menginjak hari kedelapan persiapan Piala Menpora, ada tujuh gelandang yang ikut berlatih. Dua di antaranya adalah penggawa tim senior yakni Muhammad Arfan dan Rasyid Bakri.

Ada pula tiga nama jebolan akademi yakni M. Farhan Rahman, M. Fitrah Ramadhan dan Fadel Muhammad. Dua sisanya adalah pemain seleksi yakni Raymond Tauntu (PSIM Yogyakarta) plus Fahri Caesar (Tim PON Sulsel).

Belum menghitung penggawa yang masih belum bergabung, seperti Rizky Pellu serta Yakob Sayuri. Mereka baru kembali dari pemusatan latihan Timnas Indonesia yang berlangsung sejak 8 Februari sampai 9 Maret silam.

Baca Juga: Peta Kekuatan PSM dan Penghuni Grup B Piala Menpora 2021

3. Juru taktik Juku Eja, Syamsuddin Batola (kiri), gencar menyeleksi jelang Piala Menpora 2021

Jelang Piala Menpora 2021, PSM Datangkan Lagi Tiga Pemain SeleksiPelatih kepala Syamsuddin Batola (kiri) dan asisten pelatih Bahar Muharram (kanan) saat mengawasi sesi latihan PSM Makassar di Bosowa Sport Center pada Jumat 12 Maret 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Syamsuddin Batola selaku juru taktik menyebut bahwa fase latihan kurang dari sepekan akan dipakai untuk mengamati dan menguji kualitas tiga pemain tersebut. Ia pun mengakui masih ada pemain baru yang bergabung dalam waktu dekat.

"Kita masih ada kesempatan beberapa hari ke depan. Jadi karena itu kami masih bisa lihat. Bagaimana perkembangannya, dan adaptasi dengan rekan setim," ungkapnya pada awak media.

Zulkifli Syukur cs dijadwalkan masih jalani latihan dan internal game berintensitas tinggi hingga akhir pekan ini. Kemungkinan skuad PSM berangkat ke Malang dua hari jelang matchday pertama Grup B Piala Menpora, Senin 22 Maret.

Baca Juga: Rony Beroperay dan Bayu Gatra Umumkan Pamit dari PSM Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya