Comscore Tracker

PSM Makassar Pakai Jasa Zulham-Nurhidayat di Piala Menpora 2021

Pemain baru hasil seleksi akan diumumkan sebelum pramusim

Makassar, IDN Times - Setelah Patrich Wanggai, giliran Zulham Zamrun dan Nurhidayat Haji Haris yang merapat ke PSM Makassar. Keduanya sudah mengikuti pemusatan latihan di Bosowa Sport Center sejak Jumat (12/3/2021), dalam rangka persiapan menuju turnamen pramusim.

"Sementara (mereka didatangkan) untuk Piala Menpora," ujar Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, melalui pesan pendek kepada IDN Times, Sabtu (13/3/2021).

Artinya, tak menutup kemungkinan salah satu atau keduanya bakal disodorkan kontrak permanen. Sama seperti Patrich Wanggai yang diketahui punya opsi demikian.

Baca Juga: Rekrut Juru Gedor, PSM Makassar Datangkan Patrich Wanggai

1. Di Makassar, Nurhidayat Haji Haris pulihkan cedera sambil jalin komunikasi dengan tim luar

PSM Makassar Pakai Jasa Zulham-Nurhidayat di Piala Menpora 2021Nurhidayat Haji Haris dalam sesi latihan bersama PSM Makassar di Bosowa Sport Center pada Jumat 12 Maret 2021. (LigaIndonesiaBaru.com)

Salah satu pemain yang "pulang kampung", Nurhidayat Haji Haris, menyebut ada andil Rizky Pellu. Gelandang senior itulah yang memberi saran menghubungi pihak manajemen.

"Saya 'kan sekamar dengan Rizky Pellu di TC Timnas kemarin. Saya ngobrol dengannya, kemudian dia beri saran supaya balik ke PSM saja. Ya sudah setelah saya langsung menghubungi pak bos (CEO PSM Munafri Arifuddin) dan akhirnya bertemu di salah satu mall di Jakarta waktu itu," ungkapnya seperti dikutip dari LigaIndonesiaBaru.com, Sabtu (13/3/2021).

Lebih jauh, bek 21 tahun tersebut juga kembali ke PSM untuk melepas rasa kangen dengan keluarga. Menyoal rencana merumput di luar negeri, dia masih ada komunikasi lewat agennya. Terlebih ia harus memulihkan cedera sembari menunggu bursa transfer kembali buka pada medio Juni-Agustus mendatang.

2. Hengkang dari Persib akhir bulan lalu, Zulham Zamrun memilih kembali ke PSM

PSM Makassar Pakai Jasa Zulham-Nurhidayat di Piala Menpora 2021Zulham Zamrun dalam sesi latihan PSM Makassar di Bosowa Sport Center pada Jumat 12 Maret 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Nurhidayat sendiri memulai karier profesionalnya bersama Juku Eja pada Liga 1 2017, di bawah asuhan pelatih kepala Robert Rene Alberts. Pemuda kelahiran Makassar, 5 April 1999 tersebut tercatat hanya bermain di dua pertandingan saja.

Masuk 2018, ia menerima pinangan Bhayangkara FC. Empat tahun bersama The Guardian, Nurhidayat hanya catatkan 29 penampilan atau merumput selama 2.274 menit. Satu-satunya asis di kariernya sejauh ini tercipta saat ia membela BFC. Di saat bersamaan, panggilan memperkuat Timnas U-23 --era Indra Sjafri dan Shin Tae-yong-- justru selalu mampir.

Sementara itu, Zulham Zamrun sempat berstatus tanpa klub pasca hengkang dari Persib Bandung pada 17 Februari 2021. Dalam tiga partai Liga 1 2020 sebelum dihentikan, winger yang identik dengan nomor punggung 7 itu hanya sekali tampil untuk Pangeran Biru. Itu pun sebagai pemain pengganti.

3. Latihan intensif akan terus dijalani penggawa Pasukan Ramang sebelum berangkat ke Malang

PSM Makassar Pakai Jasa Zulham-Nurhidayat di Piala Menpora 2021Sejumlah pemain PSM Makassar dalam sesi latihan di Lapangan Bosowa Sport Center pada hari Jumat 13 Maret 2021. (Instagram.com/psm_makassar)

Menyoal nama baru yang segera menyusul, tim pelatih disebut masih dalam tahap seleksi. "Belum ada hasil akhir untuk itu. (Pemain lolos seleksi) nanti yang didaftar (ke Piala Menpora)," lanjut Sulaiman Abdul Karim.

Dalam peraturan, masing-masing peserta helatan pramusim tersebut bisa mendaftarkan maksimal 30 pemain. Masuk hari keenam persiapan, sudah ada enam nama yang dicoret. Sementara itu, 11 pemain binaan akademi masih bertahan. Peluang promosi ke tim senior pun terbuka lebar.

Zulkifli Syukur dkk dijadwalkan masih terus jalani latihan intensif sebelum berangkat ke Malang. Sesuai jadwal, anak asuh Syamsuddin Batola tersebut bakal berjumpa Persija Jakarta di laga pembuka Grup B Piala Menpora 2021, Senin 22 Maret mendatang.

Baca Juga: Ezra Walian Hengkang dari PSM Makassar, Bakal Dipinang Persib?

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya