Persija vs PSM, Macan Kemayoran Kobarkan Misi Revans

Big match tengah pekan di ibu kota!

Rabu 28 Agustus 2019, Stadion Utama Gelora Bung Karno - Jakarta, 16.30 WITA

Makassar, IDN Times - Tak ada yang berubah dari atmosfir pertemuan pertama Persija dan PSM di Shopee Liga 1 2019, atau yang ketiga sepanjang tahun ini. Seiring tensi rivalitas kedua kubu yang melonjak dalam dua tahun terakhir, duel partai tunda pekan ke-7 di SUGBK pada Rabu (28/8) sore layak disematkan label big match alias partai akbar.

Menengok papan klasemen sementara, PSM saat ini bercokol pada posisi 9 berkat koleksi 19 poin dari 11 partai yang sudah dijalani. Sedang Persija berdiri di bibir zona degradasi, tepatnya di peringkat ke-15, lantaran baru kantongi 13 angka setelah lakoni 12 pertandingan. Namun tepikan dulu hitung-hitungan tersebut, apa yang akan tersaji nanti adalah adu ngotot demi poin penuh.

1. Jadwal padat dan kelelahan dianggap bukan masalah bagi skuad Persija

Persija vs PSM, Macan Kemayoran Kobarkan Misi RevansInstagram.com/persijajkt

Persija, oleh sang pelatih kepala Julio Banuelos, memang disebut kewalahan menghadapi jadwal padat. Energi pemain terkuras habis lantaran menempuh penerbangan jauh dari satu kota ke kota lainnya. Namun ia yakin tekad anak asuhnya mendulang tiga poin di hadapan Jakmania, sekaligus revans hasil di final Piala Indonesia, akan berjalan tanpa hambatan.

"Selama duapuluh hari, tim menjalani enam pertandingan. Meski singkat, persiapan juga sudah sebaik mungkin," papar pelatih berpaspor Spanyol tersebut dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan, Selasa (27/8) kemarin.

Macan Kemayoran sendiri tanpa dua pemain andalannya yakni Adritany Ardhiyasa dan bek kanan Ismed Sofyan. Sang kiper utama dipanggil ke Timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022, sementara kapten tim sejak dua pekan belakangan berkutat dengan masalah di kaki.

Baca Juga: Jelang Jumpa Persija, Maitimo Sudah Ikut Latihan Bersama PSM

2. PSM masih penasaran cara memutus rekor tandang buruk

Persija vs PSM, Macan Kemayoran Kobarkan Misi RevansDok. Istimewa (PSM Makassar/Ahmad Alia)

Sementara itu dari kubu tamu, coach Darije Kalezic mengaku sudah melupakan sepenuhnya kekalahan pahit di kandang PSS Sleman pekan kemarin. Meski demikian, ia masih mencari penawar atas problem yang acapkali mendera Wiljan Pluim cs tiap jauh dari Mattoanging.

"Hal itu memang sudah menjadi fokus saya sejak masuk melatih PSM. Saya masih menyelidikinya dengan seksama. Namun sampai kapan penyelidikan tersebut, saya tidak tahu," seloroh pria asal Swiss itu dalam kesempatan terpisah.

Komposisi tim utama Pasukan Ramang diperkirakan tak banyak berubah. Absennya Ferdinand Sinaga serta Rizky Pellu --untuk memperkuat Timnas-- serta Guy Junior yang masih berkutat dengan cedera tak jadi soal. Di lini tengah, opsi coach Kalezic mengerucut ke Muhammad Arfan atau Rasyid Bakri. Striker Eero Markkanen pun siap kembali unjuk ketajaman pasca akhiri puasa gol selama empat bulan.

3. Pasukan Ramang baru sekali menang atas Macan Kemayoran dalam lima pertemuan terakhir

Persija vs PSM, Macan Kemayoran Kobarkan Misi RevansANTARA FOTO/Arnas Padda

Prakiraan susunan pemain kedua kesebelasan :

Persija (4-2-3-1)

Shahar Ginanjar (GK); Novri Setiawan, Maman Abdurrahman, Tony Sucipto, Rezaldi Hehanusa; Sandi Sute, Rohit Chand; Heri Susanto, Ramdani Lestaluhu, Riko Simanjuntak; Marko Simic

PSM (4-3-3)

Rivky Mokodompit; Asnawi Mangkualam Bahar, Abdul Rahman Sulaeman, Aaron Evans, Beny Wahyudi; Muhammad Arfan, Marc Klok, Wiljan Pluim; Zulham Zamrun, Eero Markkanen, M Rahmat

Catatan lima pertemuan terakhir :

06/08/2019 PSM 2-0 Persija (Piala Indonesia)

21/07/2019 Persija 1-0 PSM (Piala Indonesia)

16/11/2018 PSM 2-2 Persija (Liga 1)

07/06/2018 Persija 2-2 PSM (Liga 1)

15/08/2017 Persija 2-2 PSM (Liga 1)

Baca Juga: Ditantang PSM, Pelatih Persija Ogah Bercermin dari Rekor Tandang Tamu

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya