Jelang Jumpa Persija, Maitimo Sudah Ikut Latihan Bersama PSM

Kapan si gelandang naturalisasi diperkenalkan?

Makassar, IDN Times - Jelang berjumpa Persija Jakarta dalam partai tunda pekan ke-7 Shopee Liga 1 2019, Rabu (28/8) esok, skuad PSM sudah menjalani sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Selasa (27/8) sore. Sebanyak 19 pemain yang diboyong dalam lawatan ke ibu kota ikut serta, termasuk sejumlah nama baru.

Yang menarik perhatian tentu saja kehadiran Raphael Maitimo. Setelah dilepas oleh klub Liga 2, PSIM Yogyakarta, ternyata sang gelandang naturalisasi memilih kembali berlabuh ke Kota Daeng. Pemain 35 tahun tersebut pernah berseragam merah pada Piala Presiden 2017 sebelum hengkang tanpa alasan yang jelas.

1. Usai dilepas PSIM Yogyakarta, Raphael Maitimo kembali merapat ke PSM Makassar

Jelang Jumpa Persija, Maitimo Sudah Ikut Latihan Bersama PSMDok. Istimewa (PSM Makassar/Ahmad Alia)

Kehadiran Maitimo diperkirakan demi menjaga kedalaman komposisi lini tengah. Tanpa Rizky Pellu yang absen selama tiga pekan lantaran memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022, praktis hanya tersisa Rasyid Bakri dan dua pemain muda yakni Muhammad Arfan dan Takwir Rahman.

Hadirnya sosok berdarah Maluku itu sebagai gelandang tengah bakal memberi banyak pengaruh. Dan Darije Kalezic bisa saja menurunkan "Trio Belanda" Wiljan Pluim - Marc Klok - Raphael Maitimo jika skemanya memungkinkan. Namun hingga berita ini ditulis, Juku Eja belum mengumumkan perekrutan lulusan akademi Feyenoord tersebut.

2. Akumulasi kartu Zulham Zamrun dan dua penggawa PSM lain tak berlaku di laga tunda

Jelang Jumpa Persija, Maitimo Sudah Ikut Latihan Bersama PSMDok. Istimewa (PSM Makassar/IDN Times)

Lebih jauh, komposisi tim inti dipastikan tak berubah drastis. Tiga pemain yang sudah mengantongi kartu kuning ketiga saat PSM tumbang 3-2 di kandang PSS Sleman pada Jumat (23/8) silam yakni Zulham Zamrun, Marc Klok dan Muhammad Arfan ternyata tak langsung jalani sanksi akumulasi yaitu absen satu pertandingan.

Menurut peraturan dari PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi, duel kontra Macan Kemayoran adalah laga tunda pekan ke-7. Alhasil apa yang terjadi dalam jadwal reguler, dengan konteks ini adalah pekan ke-15 kemarin, baru berlaku pada pekan ke-16 saat PSM menjamu Persela (Minggu, 1/9). Coach Kalezic jelas bisa bernafas lega, membuang jauh potensi jalani laga keras dengan skuad timpang.

Baca Juga: Final Piala Indonesia: PSM vs Persija, Menjegal Macan di Tepi Podium

3. Total ada 19 penggawa Pasukan Ramang yang saat ini dipersiapkan

Jelang Jumpa Persija, Maitimo Sudah Ikut Latihan Bersama PSMDok. Istimewa (PSM Makassar/Ahmad Alia)

Bertolak ke Jakarta dari Kota Gudeg dengan 17 pemain, amunisi Pasukan Ramang sudah terbilang lengkap. Bek Hasim Kipuw juga sudah bergabung sejak Senin (26/8) dalam sesi latihan di Lapangan Aldiron, Pancoran, Jakarta Selatan. Ia terpaksa kembali ke Makassar demi menemani sang istri melahirkan anak pertamanya.

Aji Kurniawan, penggawa PSM U-19, juga dipanggil. Winger muda yang sudah jalani debut tim senior pada Piala Presiden 2019 ini kembali "naik kelas" lantaran Firza Andika, rekutan anyar PSM lainnya, harus bergabung ke pemusatan latihan Timnas U-23 jelang SEA Games yang berlangsung di Yogyakarta.

Baca Juga: Pasca Tumbang di Sleman, PSM Wajib Lakukan Ini Jelang Jumpa Persija

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya