Para Pemain PSM yang Minim Menit Bermain di Putaran Pertama Liga 1

Ada yang tampil kurang dari 5 menit, serta belum debut

Makassar, IDN Times - Sepanjang putaran pertama BRI Liga 1 2023-24, hampir semua pemain PSM Makassar mendapat menit bermain. Meski begitu, ada sejumlah penggawa yang waktu merumputnya tidak sampai satu jam. Sebagian lagi malah kurang dari lima menit.

Hal tersebut memang lumrah, terlebih kebutuhan strategi pelatih kepala Bernardo Tavares dalam setiap pertandingan juga berbeda. Berikut ini para penggawa Pasukan Ramang yang minim waktu penampilan, seperti dihimpun oleh IDN Times.

1. Antara 15 hingga 30 menit : pemain junior hingga senior

Para Pemain PSM yang Minim Menit Bermain di Putaran Pertama Liga 1Mufli Hidayat (kiri), Adil Nur Bangsawan (tengah) dan Rasyid Bakri (kanan). (Instagram.com/psm_makassar)

Mufli Hidayat : 57 menit

Ujung tombak jebolan Akademi PSM ini bermain sebagai pemain pengganti pada 6 pertandingan, dengan total waktu 57 menit. Pemain 18 tahun tersebut memang belum pernah dipasang sebagai starter sejak promosi ke tim utama pada musim lalu.

Adil Nur Bangsawan : 24 menit

Naik kelas ke tim senior sejak Januari 2023, Adil Nur Bangsawan belum banyak diberi waktu bermain. Sejauh ini, sang gelandang bertahan sudah merumput selama 23 menit dalam 3 penampilannya bersama Juku Eja.

Rasyid Bakri : 19 menit

Sejauh ini, pemain paling senior di skuat PSM tersebut baru tampil selama 19 menit. Ketatnya persaingan lini tengah membuat gelandang 32 tahun tersebut perlahan-lahan tersisihkan dari tim utama. Bernardo Tavares lebih condong memilih para gelandang muda seperti Ananda Raehan Alief dan Muhammad Arfan.

2. Di bawah 5 menit : terselip satu nama legiun asing

Para Pemain PSM yang Minim Menit Bermain di Putaran Pertama Liga 1Edgard Amping (kiri), Kike Linares (tengah) dan Sandy Ferizal (kanan). (Instagram.com/psm_makassar)

Edgard Amping : 4 menit

Edgard Amping baru sekali bermain, tepatnya pada laga tandang pekan ke-13 kontra Borneo FC, 25 September 2023. Dengan ini, jumlah penampilan bek kiri yang sempat dipinjamkan ke Muba Babel United tersebut adalah 2 pertandingan.

Kike Linares : 3 menit

Setelah lebih sering jadi penghangat bangku cadangan, akhirnya Kike Linares mendapat kesempatan debut di Liga 1 pada laga pekan ke-16 versus Arema FC, 20 Oktober 2023. Setelah laga play-off tiket ke Liga Champions Asia, bek Timnas Filipina tersebut harus menunggu selama empat bulan untuk kembali berseragam PSM.

Sandy Ferizal : 1 menit

Pemain yang direkrut pada pengujung bursa transfer ini juga mendapat kesempatan debut saat PSM menjamu Arema FC. Meski begitu, ia tak banyak beraksi sebab hanya bermain selama 1 menit.

Baca Juga: PSM Resmi Perkenalkan Ze Paulo, Suksesor Pluim di Lini Tengah

3. Ada tiga pemain yang sama sekali belum mendapat menit bermain

Para Pemain PSM yang Minim Menit Bermain di Putaran Pertama Liga 1Raka Octa Bernanda (kiri), Syamil Bahij Irawan (tengah) dan Sulthan Zaky (kanan). (Instagram.com/psm_makassar)

Tercatat ada tiga pemain yang belum mendapat menit bermain sama sekali. Mereka adalah Raka Octa Bernanda, Syamil Bahij Irawan serta Sulthan Zaky.

Dua nama pertama adalah barisan kiper cadangan. Bernardo Tavares sendiri cuma menurunkan Reza Arya Pratama serta Muhammad Ardiansyah sebagai pengawal benteng terakhir.

Sedangkan Sulthan Zaky baru sekali duduk di bangku cadangan yakni pada duel pekan ke-3 versus Persikabo 1973, 14 Juli 2023. Ia kemudian harus menjalani pemusatan latihan jangka panjang bersama Timnas U-17 untuk Piala Dunia U-17.

Apakah pemain-pemain dalam daftar pendek ini akhirnya bisa mendapat jam terbang lebih banyak di putaran kedua? Kita tunggu saja.

Baca Juga: Naik Turun Angka Penonton Kandang PSM di Putaran Pertama Liga 1

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya