Comscore Tracker

Pamit dari Persebaya, Amido Balde Merapat ke PSM Makassar

Eero Markkanen pun resmi dicoret dari skuad Juku Eja

Makassar, IDN Times - Setelah diliputi spekulasi, PSM Makassar mengumumkan perekrutan Amido Balde pada Sabtu (31/8) sore. Mantan striker Persebaya tersebut menggeser Eero Markkanen di posisi ujung tombak setelah dia tak sanggup penuhi target dari tim pelatih. Balde sendiri dikontrak hingga akhir musim dan mengenakan nomor punggung 90.

"Akhirnya kita bisa mengumumkan striker bernama Amido Balde. Pemain yang kita datangkan ini adalah pemain yang sudah bermain di paruh pertama Liga 1 musim ini. Pada saat mengakhiri hubungan kerjasama dengan klub sebelumnya (Persebaya), kami ditawari oleh agennya dan kami merespon penawaran tersebut," tutur CEO PSM, Munafri Arifuddin, dalam sesi perkenalan Balde di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging.

1. Amido Balde dianggap punya gaya bermain yang cocok dengan strategi racikan Darije Kalezic

Pamit dari Persebaya, Amido Balde Merapat ke PSM MakassarInstagram.com/psm_makassar

Rupanya manajemen Juku Eja langsung melakukan pembicaraan begitu tahu eks penggawa Glasgow Celtic itu pamit dari skuad Green Force, Rabu (28/8) silam. Hanya butuh tiga hari agar sang pria berpaspor Guinea-Bissau didaratkan ke Makassar. Bergabung dengan status free transfer, salah satu klausulnya adalah perpanjangan durasi kontrak di akhir musim.

"Sejak awal, kami hanya mencari pemain yang memiliki karakter. Dan Balde memiliki karakter yang kami cari. Saya juga sudah lama membayangkan dua top skorer Piala Indonesia bermain dalam satu tim," lanjut sosok yang biasa disapa Appi' tersebut. Satu lagi sosok dimaksud tentu saja Zulham Zamrun, sesama pemain tersubur di kejuaraan yang baru saja rampung.

Baca Juga: Gubernur Tegaskan Kandang PSM Makassar Milik Pemprov 

2. Balde berpotensi langsung menjadi starter saat PSM menjamu Persela, Minggu (1/9)

Pamit dari Persebaya, Amido Balde Merapat ke PSM MakassarInstagram.com/psm_makassar

Striker dengan tinggi badan 1,93 cm ini kemungkinan besar langsung turun sebagai starter saat PSM bersua Persela Lamongan, Minggu (1/9) esok. Dengan catatan, segala urusan administrasi dan registrasi ke pihak PT. LIB selaku operator Liga 1 rampung dengan cepat tanpa hambatan.

Perihal nasib Eero Markkanen, Appi' mempersilahkan pemain bersangkutan untuk mencari tujuan baru lantaran kuota pemain asing hanya terbatas empat orang saja. Dengan peraturan tersebut, si jangkung asal Finlandia tak bisa dilepas dengan status pinjaman.

3. Saat memperkuat Persebaya, Balde lesakkan 19 gol dari 23 penampilan

Pamit dari Persebaya, Amido Balde Merapat ke PSM MakassarInstagram.com/officialpersebaya

Berbicara dalam kesempatan yang sama, Balde bergabung dengan Pasukan Ramang lantaran reputasi sebagai kandidat peraih trofi. "Saya senang ke Makassar. Terima kasih kepada pak Appi yang bersedia memberi kesempatan. Saya memang belum lama ini mengikuti PSM, namun saya tahu tim ini adalah tim juara," pungkasnya.

Selama berseragam hijau-hijau Persebaya sejak awal tahun 2019, Balde mengemas 19 gol dari 23 penampilan di semua ajang. Selepas diperkenalkan ke awak media, ia langsung mengikuti latihan bersama Wiljan Pluim dan kawan-kawan.

Bem-vindo, Balde! Selamat datang di Makassar!

Baca Juga: PSM Makassar vs Persela Lamongan, Krisis Pemain Juku Eja Kian Gawat

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Irwan Idris

Just For You