Comscore Tracker

Pakai Sistem Bubble, Ini Jadwal Sisa PSM di Putaran Pertama Liga 1

Liga 1 rencananya dilanjutkan pada 2 Desember mendatang

Makassar, IDN Times - Setelah libur selama nyaris dua bulan, Liga 1 2022-23 sudah mengambil ancang-ancang kembali bergulir. Ini berdasarkan keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB) saat lokakarya dan sosialisasi peraturan pengamanan penyelenggaraan pertandingan yang berlangsung di Jakarta, 23-25 November lalu.

"Lanjutan Liga 1 itu rencananya mulai 2 Desember 2022. Untuk bubble nantinya tanpa penonton dan kami mau menyelesaikan putaran pertama dahulu," ujar Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus pada Kamis pekan lalu (24/11/2022), seperti dilansir ANTARA.

1. Masih ada laga tunda kontra Barito Putera yang harus dilakoni

Pakai Sistem Bubble, Ini Jadwal Sisa PSM di Putaran Pertama Liga 1Pemain PSM Makassar Yakob Sayori (kiri) berebut bola dengan pemain Barito Putera Rizky Pora (kanan) dalam Liga 1 2020 di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Minggu (15/3/2020). (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Namun, sistem bubble sendiri disebut hanya berlaku hingga akhir putaran pertama. Artinya, PSM Makassar akan menjalani tujuh partai tersebur jauh dari Parepare. Laga tunda pekan keenam kontra Barito Putera kemungkinan besar jadi pertandingan pertama yang dilakoni Wiljan Pluim dkk sejak bulan Oktober.

Setelah Barito, PSM akan bertemu dengan Persikabo 1973 di pekan ke-12, Anak asuh Djadjang Nurdjaman itu sedang menikmati tren positif sebelum liga terhenti, dengan dua kemenangan beruntun.

Pada pekan ke-13, giliran Persita Tangerang yang menjajal Juku Eja. Pendekar Cisadane sendiri baru saja dibekuk Persija Jakarta dengan skor tipis 0-1 dalam uji coba tanpa penonton pada Sabtu lalu (26/11/2022).

2. Duel kontra Borneo FC jadi penutup jadwal PSM di putaran pertama

Pakai Sistem Bubble, Ini Jadwal Sisa PSM di Putaran Pertama Liga 1Salah satu momen pertandingan perempat final Piala Presiden 2022 antara Borneo FC versus PSM Makassar di Stadion Segiri Samarinda, Minggu 3 Juli 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Masuk pekan ke-14, PSM akan menjajal Bhayangkara FC. Ini jadi momen reuni dengan bek kiri Abdul Rachman yang hengkang ke The Guardian pada bursa transfer awal musim. Dan pekan ke-15 akan tersaji duel sengit antara PSM versus runner-up klasemen sementara, Madura United.

Setelah itu, PSIS Semarang jadi lawan Pasukan Ramang berikutnya di pekan ke-16. Laskar Mahesa Jenar sedang berada di papan tengah klasemen akibat performa inkonsisten yang mendera Taisei Marukawa beserta kolega.

Pekan ke-17, sekaligus penutup putaran pertama, PSM akan terlibat duel sengit melawan Borneo FC sang pemuncak klasemen. Anak asuh Milomir Seslija itu sedang sulit dihentikan berkat trio maut Stefano Lilipaly - Matheus Pato - Terens Puhiri.

3. Stadion Jatidiri jadi salah satu dari empat stadion yang disiapkan

Pakai Sistem Bubble, Ini Jadwal Sisa PSM di Putaran Pertama Liga 1Suporter PSIS Semarang memenuhi Stadion Jatidiri pada laga uji coba Liga 1 2022, Sabtu (28/5/2022). (dok. PSIS)

Sisa putaran pertama ditargetkan rampung pada 22 Desember, atau sehari sebelum Timnas Indonesia terjun ke Piala AFF 2022. Dengan kata lain, seluruh klub (termasuk PSM) akan berlaga dua kali dalam sepekan.

Berdasarkan hasil sosialisasi PT LIB, format home-away baru kembali digunakan pada putaran kedua. Bertindak sebagai tuan rumah selama sisa putaran pertama adalah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Alasannya yakni faktor geografis dan infrastruktur yang memadai.

Sebanyak empat stadion disiapkan sebagai tempat jibaku seluruh 18 tim peserta. Antara lain Stadion Maguwoharjo (Sleman), Stadion Jatidiri (Semarang), Stadion Sultan Agung (Bantul) dan Stadion Mochammag Soebroto (Magelang). Seluruh laga juga akan digelar tanpa penonton.

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya