Misi Bangkit Berhasil, PSM Makassar Taklukkan RANS FC 3-1

Laga ini sempat dihentikan akibat hujan deras

Makassar, IDN Times - Misi bangkit PSM Makassar di kandang sendiri berhasil dijalankan. Menjamu RANS Nusantara FC pada laga pekan ke-21 BRI Liga 1 2022-23 Stadion Gelora BJ Habibie Parepare, Senin sore (30/1/2023), Pasukan Ramang bisa menang dengan skor 3-1.

PSM Makassar menurunkan duet Yuran Fernandes - Safrudin Tahar pada lini belakang. Untuk sektor depan, Bernardi Tavares mengandalkan Everton Nascimento serta Wiljan Pluim yang diposisikan sedikit lebih ke belakang.

Tim tamu sendiri bermain defensif dengan memainkan lima pemain bertahan. Cuma ada Septian Bagaskara yang ditugaskan sebagai juru gedor oleh juru taktik Rahmad Darmawan.

Berlangsung di bawah guyuran hujan, kedua tim sempat kesulitan mengalirkan bola akibat genangan air di atas lapangan. Alhasil, wasit Steven Yubel Poli sempat menghentikan pertandingan untuk sementara setelah 13 menit berjalan.

Setelah hujan reda, pertandingam kembali dilanjutkan. Permainan kedua tim mulai terlihat. PSM andalkan kombinasi umpan direct serta bola-bola atas. Adapun RANS FC mengirim bola-bola jauh yang tertuju langsung ke depan.

Dua peluang didapatkan oleh penyerang PSM, Everton Nascimento. Menit ke-19, tembakannya dari jarak dekat masih menyamping tipis dari sasaran. Masuk menit ke-27, striker asal Brasil itu melepas tembakan keras yang bisa diamankan kiper RANS FC yakni Hilman Syah.

Keasyikan menyerang, PSM justru kebobolan di menit ke-29. Umpan kiriman pemain RANS FC mengenai punggung Akbar Tanjung, tapi bola jatuh tak jauh dari Ikshan Nul Zikrak. Gelandang muda kelahiran Padang Pariaman tersebut langsung melepas tembakan keras dari luar kotak penalti yang tak bisa dihalau Reza Arya. RANS FC memimpin 1-0.

Tertinggal satu gol, PSM meningkatkan intensitas serangan untuk mencari gol penyama kedudukan. Salah satunya lewat tembakan jarak jauh Muhammad Arfan di pengujung babak pertama. Tapi, upaya tersebut belum membuahkan hasil hingga turun minum.

Masuk babak kedua, PSM tetap bermain ofensif. Ramadhan Sananta bahkan masuk untuk menambah daya gedor. Dua peluang beruntun didapatkan, masing-masing oleh Everton Nascimento dalam situasi satu lawan satu (61') dan tembakan jarak dekat Yakob Sayuri (62') yang bisa dihalau Ady Setiawan.

Strategi memasukkan Sananta terbukti jitu. Striker muda tersebut mencetak gol di menit ke-67. Manfaatkan umpan lambung kiriman Pluim, Sananta yang lolos dari perangkap offside bisa menceploskan bola dengan sontekan kaki luar.

Empat menit berselang, PSM bisa membalikkan kedudukan. Diawali situasi serangan balik, umpan tarik Pluim bisa dikonversi menjadi gol oleh Yakob Sayuri yang lolos dari pengawalan Ady Setiawan. Tuan rumah memimpin 2-1.

Yakob kembali catatkan namanya di papan skor saat laga berusia 78 menit. Tembakan plessing-nya dari tepi kotak penalti gagal dihalau oleh kiper RANS FC, Hilman Syah. Bola menghujam telak sisi kanan gawangnya.

Meski Magenta Force memaksimalkan bola-bola mati di penghujung waktu normal, mereka tetap tidak bisa perkecil defisit angka. Skor 3-1 tak berubah hingga peluit panjang ditiup Steven Yubel Poli.

Hasil ini membuat PSM sudah mengantongi 41 poin, menggeser Persib Bandung sebagai runner-up klasemen sementara. Sedangkan RANS Nusantara FC bergeming di peringkat 16 alias tepi zona degradasi.

Berikut ini susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Safrudin Tahar, Yuran Fernandes, Yance Sayuri; Muhammad Dzaky Asraf, Akbar Tanjung, Muhammad Arfan (Adil Nur Bangsawan, 90+3'), Kenzo Nambu (Ramadhan Sananta, 58'), Yakob Sayuri (Rizky Eka Pratama, 90+3'); Wiljan Pluim (Mufli Hidayat, 90+3'), Everton Nascimento (Rasyid Bakri, 87')

RANS Nusantara FC (5-4-1)

Hilman Syah (GK); Ady Setiawan (Kevy Syahertian, 90+2'), Willian Correia (Herwin Tri Saputra, 46'), Hamdan Zamzani, Arif Satria, Saddam Hi Tenang (Kurniawan Karman, 90+2'); Ikhsan Nul Zikrak (Romadhona Dwi Kusuma, 82'), Sumarna (Finky Pasamba, 82'), Makan Konate, Mitsuru Matsuoka; Septian Bagaskara

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya