Menerka Poin PSM dan Persaingan 4 Tim Hindari Degradasi dari Liga 1

Empat tim masih akan salip-menyalip di papan bawah

Makassar, IDN Times - BRI Liga 1 2021/22 menyisakan dua pertandingan lagi. Tapi PSM Makassar belum juga aman dari ancaman degradasi. Setelah takluk 3-1 dari Persija Jakarta pada Senin lalu (21/3/2022), mereka gagal perlebar jarak dengan zona merah. Jarak Wiljan Pluim dkk dengan Persipura Jayapura di peringkat 16 cuma lima poin.

Selain PSM, masih ada tiga tim yang berjibaku hindari degradasi. Mereka adalah PSS Sleman (33 poin), Barito Putera (32 poin) dan tentu saja Ferinando Pahabol dkk yang saat ini sudah mengantongi 30 poin.

Seperti apa persaingan di papan bawah hingga musim ini tutup tirai? Berikut ulasan yang disusun IDN Times.

1. PSM Makassar: menebus poin yang terbuang

Menerka Poin PSM dan Persaingan 4 Tim Hindari Degradasi dari Liga 1Bek PSM Makassar Dallen Doke (kanan) berusaha merebut bola dari gelandang Persela Lamongan Selwan Eljaberi (tengah) dalam laga pekan ke-31 BRI Liga 1 2021/22 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Senin 14 Maret 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Dalam tulisan sebelumnya, IDN Times memproyeksikan ada 9 poin bisa dikantongi PSM dari pekan ke-28 hingga 32. Cuma ada 6 poin bisa dipetik, serta gagal menekuk PSS Sleman dan Persela Lamongan yang performanya belum stabil.

Selepas dibekuk Persija, Pasukan Ramang sudah ditunggu Persiraja Banda Aceh. Tiga poin bisa dikantomgi kala jumpa Laskar Rencong yang sudah resmi terdegradasi. Tapi, anak asuh Sergio Aparecido tersebut berpotensi memberi ujian, terlebih grafik permainan mereka di putaran kedua sedikit membaik.

Melawan Singo Edan pada pekan pamungkas, PSM butuh keajaiban jika ingin meraih poin. Bahkan untuk sekadar hasil imbang pun.

Prakiraan poin akhir : 38

2. PSS Sleman: asa Super Elja masih ada

Menerka Poin PSM dan Persaingan 4 Tim Hindari Degradasi dari Liga 1Striker PSS Sleman Wander Luiz (kiri) berusaha melewati bek Persipura Jayapura Wulf Horota (kanan) dalam laga pekan ke-32 BRI Liga 1 2021/22 di Stadion Kompyang Sujana Denpasar, 20 Maret 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Pergantian pelatih dari Dejan Antonic ke I Putu Gede justru membuat performa PSS Sleman makin menukik. Mereka cuma mengantongi 8 poin dalam 11 laga teranyar. Suporter Elang Jawa pun was-was dengan kemungkinan degradasi, apalagi mereka butuh waktu satu dekade lebih untuk kembali ke kasta tertinggi sepak bola nasional.

Di pekan ke-33 PSS akan menjajal Persela yang juga sudah dipastikan terdegradasi. Dengan kualitas Bagus Nirwanto dkk, harusnya mereka tak sulit menundukkan anak-anak Lamongan.

Persija jadi lawan mereka di gameweek penutup musim 2021/22. Meski performa Macan Kemayoran cenderung naik-turun, kombinasi pemain-pemain muda mereka kian padu. Duo penyerang Irfan Jauhari dan Taufik Hidayat berpotensi menggila di kotak penalti PSS.

Prakiraan poin akhir : 36 poin

3. Barito Putera: lebih percaya diri jelang tutup musim

Menerka Poin PSM dan Persaingan 4 Tim Hindari Degradasi dari Liga 1Para pemain Barito Putera merayakan gol yang dicetak ke gawang Persik Kediri dalam laga pekan ke-32 BRI Liga 1 2021/22 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, 20 Maret 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Senasib seperti PSS, Barito Putera masih ketar-ketir. Tapi Laskar Antasari bisa sedikit bernapas lega lantaran tak terkalahkan dalam tiga laga terakhir. Rinciannya, dua kali imbang dan sekali kemenangan. Anak asuh Rahmad Darmawan tersebut bisa lebih percaya diri. Terlebih kombinasi Rafael Silva dan Bruno Matos mulai terlihat garang.

Usai menang 0-2 atas Persik Kediri pekan lalu, Barito akan menjajal Persita Tangerang pada Kamis besok (24/3/2022). Di atas kertas, mereka harusnya bisa menang atas Pendekar Cisadane.

Persib jadi lawan Rafael Silva cs di pekan terakhir. Maung Bandung punya materi pemain yang lebih mumpuni. Sehingga mengalahkan Marc Klok cs akan jadi perjuangan yang ekstra berat. Menahan imbang sang kandidat juara adalah hasil maksimal, meski agresivitas Persib tak perlu diragukan.

Prakiraan poin akhir : 35 poin

Baca Juga: Dibekuk 3-1, PSM Harus Akui Keunggulan Persija

4. Persipura Jayapura: terus berjuang hingga penghabisan

Menerka Poin PSM dan Persaingan 4 Tim Hindari Degradasi dari Liga 1Dua pemain Persipura Jayapura yakni Muhammad Tahir (kiri) dan Elisa Basna (kanan) merayakan gol yang dicetak ke gawang PSS Sleman dalam laga pekan ke-32 BRI Liga 1 2021/22 di Stadion Kompyang Sujana Denpasar, 20 Maret 2022. (Dok. PT Liga Indonesia Baru)

Sulit melihat Persipura berkutat di zona degradasi alih-alih ramaikan persaingan papan atas. Apalagi poin mereka dikurangi 3 setelah tak muncul dalam laga tunda kontra Madura United. Tapi, bukan The Black Pearls namanya kalau mengibar bendera putih. Mereka menggila dalam lima laga terakhir, dengan hasil tiga kemenangan dan dua kali imbang. Bhayangakara FC dibekuk 2-1, kemudian pekan lalu PSS dilibas 4-2.

Dua tim yang mereka jajal di akhir musim adalah PSIS Semarang (pekan ke-33) dan Persita (pekan penutup). Performa dua tim papan tengah tersebut sedang angin-anginan. Jika anak asuh Alfredo Vera itu tetap tampil ciamik dan pantang menyerah, mereka bisa menyapu bersih dengan kemenangan.

Namun, masih ada faktor penghalang lain yakni mental dan kebugaran. Dua hal tersebut rutin dikeluhkan seluruh tim Liga 1.

Prakiraan poin akhir : 36

Sanggupkah Juku Eja melampaui prakiraan ini? Yang jelas, Wiljan Pluim dkk sudah siap berjibaku di lapangan.

Baca Juga: Timnya Kalah Lagi, Pelatih PSM: Saya Bukan Penyihir

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya