Dibekuk 3-1, PSM Harus Akui Keunggulan Persija

Syahrian Abimanyu jadi momok bagi bek-bek Juku Eja

Makassar, IDN Times - Persija Jakarta memutus catatan tak terkalahkan PSM Makassar di lima laga, sekaligus gagalkan misi tiga poin Wiljan Pluim. Saling jajal dalam lanjutan gameweek ke-32 BRI Liga 1 2021/22 yang berlangsung di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Senin sore (21/2/2022), anak-anak ibu kota menang meyakinkan dengan skor 3-1.

Berbeda dengan pertemuan pertama, tak ada nama Marko Simic di susunan pemain Persija. Coach Sudirman masih percaya pada kemampuan penyerang muda Irfan Jauhari dan Taufik Hidayat yang sedang on fire. Lalu di lini tengah ada Rohit Chand serta Makan Konate.

Sementara itu PSM cuma menurunkan satu pemain asing yakni Wiljan Pluim, minus Golgol Mebrahtu yang masih cedera. Tugas menyerang diberikan pada Yakob Sayuri serta Saldy Amiruddin. Pada lini belakang, Erwin Gutawa - Ganjar Mukti bertandem sebagai duo stopper.

Babak pertama berjalan seru. PSM unggul lebih dulu di menit ke-16. Diawali kesalahan Ryuji Utomo saat menghalau, bola liar justru bisa diambil oleh Yakob Sayuri yang datang dari belakang. Tanpa kesulitan, winger asal Yapen itu menjebol gawang Persija dengan tendangan cungkil.

Tertinggal, Persija langsung menggeber serangan dari kedua sisi sayap. Hasilnya langsung terlihat pada menit ke-34. Diawali tendangan bebas Syahrian Abimanyu, Osvaldo langsung menendang bola yang tiba di depan kakinya. Kiper PSM Hilman Syah masih bisa menghalau, tapi bola liar langsung diceploskan Makan Konate. Situasi kemelut berakhir jadi gol penyama kedudukan.

Lini belakang PSM sebenarnya bisa bekerja cukup solid. Pressing ketat dan permainan defensif sempat menyulitkan para penyerang tim lawan. Tapi Persija punya gelandang kreatif bernama Syahrian Abimanyu. Tepat di menit terakhir babak pertama, ia melihat ruang di sisi kiri pertahanan PSM. Ia langsung mengirim umpan terobosan yang disambut Irfan Jauhari. Tak banyak kontrol, penyerang 21 tahun tersebut bisa menjebol gawang Hilman, membawa Persija memimpin 2-1 sebelum jeda turun minum.

Gol Irfan juga memakan korban. Kiper PSM Hilman Syah sudah coba bergerak maju menutup ruang. Tapi kakinya terinjak, berujung pada cedera sehingga ia harus ditarik keluar. Turun mengganti pemain asal Jeneponto itu adalah Syaiful Syamsuddin.

Keluar dari kamar ganti, Rohit Chand dkk terlihat bermain lebih tenang. Serangan dibangun dari bawah, memanfaatkan operan kaki ke kaki. PSM tak banyak keluar menyerang, dan cuma mengirim serangan balik. Wiljan Pluim pun minim menit beraksi lantaran selalu dikepung pemain-pemain berbaju merah.

Pluim mendapat peluang saat laga berjalan 53 menit. Tendangan bebas playmaker asal Belanda itu mengarah ke pojok kiri atas gawang. Beruntung bola bisa diamankan Adritany Ardhiyasa dengan tangkapan akrobatik.

Abimanyu kembali menjadi arsitek gol ketiga Macan Kemayoran, lagi-lagi melalui situasi bola mati. Umpan dari tendangan bebasnya di menit ke-59 bisa dikonversi menjadi gol lewat sundulan Taufik Hidayat. Bola menukik dan melewati kolong kaki bek Dallen Doke, juga membuat Syaiful Syamsuddin mati langkah.

Unggul 3-1, Persija rupanya tak mengendurkan serangan. Mereka tetap agresif di sepanjang 20 menit akhir. Ini tak lepas dari masuknya Rafli Mursalim dan Riko Simanjuntak.

PSM masih berupaya mengejar. Ferdinand Sinaga dan Friska Womsiwor dimasukkan, agar daya gedor bisa didongkrak. Tapi gol yang dicari Juku Eja tak kunjung datang hingga peluit panjang ditiup wasit Agung Setiawan.

Poin penuh membuat Persija naik ke posisi 7 klasemen sementara, menggeser PSIS. Bagi PSM, hasil minor ini membuat mereka bergeming di peringkat 13 dengan poin 35. Alhasil, anak asuh Joop Gall masih harus kembali berjuang pada dua laga sisa demi bertahan di Liga 1.

Berikut susunan pemain kedua tim :

Persija Jakarta (4-3-3)

Adritany Ardhiyasa (GK); Ilham Rio Fahmi, Ryuji Utomo (Ikhwan Ciptady, 46'), Maman Abdurrahman, Novri Setiawan; Rohit Chand, Makan Konate (Braif Fatari, 86'), Syahrian Abimanyu (Ichsan Kuwniawan, 81'); Osvaldo Haay (Riko Simanjuntak, 70'), Irfan Jauhari, Taufik Hidayat (M. Rafli Mursalim, 86')

PSM Makassar (4-3-1-2)

Hilman Syah (Syaiful Syamsuddin, 45+4') (GK); Dallen Doke, Erwin Gutawa, Ganjar Mukti, Yance Sayuri (Ilham Udin Armaiyn, 46'); Manda Cingi, Muhamad Arfan (Delvin Rumbino, 85'), Rasyid Bakri (Ferdinand Sinaga, 65'); Wiljan Pluim; Saldy Amiruddin (Friska Womsiwor, 85'), Yakob Sayuri

Baca Juga: Jajal Persija, Pelatih PSM Targetkan Poin Penuh

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya