Jajal Persija, Pelatih PSM Targetkan Poin Penuh

Kemenangan berarti kepastian bertahan di Liga 1

Makassar, IDN Times - Persija Jakarta akan menjajal PSM Makassar dalam lanjutan gameweek ke-32 BRI Liga 1 2021/22 yang berlangsung Senin sore (21/3/2022), di Stadion I Gusti Ngurah Rai Denpasar.

Cuma memetik hasil imbang dalam dua partai teranyar, anak asuh Joop Gall kembali membidik poin penuh kala ladeni Macan Kemayoran. Ini demi memastikan satu tempat di papan tengah lebih cepat.

1. PSM ingin sapu bersih tiga laga tersisa

Jajal Persija, Pelatih PSM Targetkan Poin PenuhStriker PSM Makassar Golgol Mebrahtu (kanan) berusaha mengecoh gelandang Persipura Jayapura Takuya Matsunaga (kiri) dalam laga pekan ke-30 BRI Liga 1 2021/22 yang berlangsung di Stadion Kompyang Sujana Denpasar, Kamis 10 Februari 2022. (Dok. PT. Liga Indonesia Baru)

"Kemenangan akan secara resmi mengamankan tempat di liga musim depan. Sehingga di tiga laga sisa kita bisa bertanding dengan rasa lega," kata coach Gall dalam sesi jumpa pers virtual pada Minggu pagi (20/3/2022).

Ternyata, ada target baru yang dipancang Juku Eja. Mereka ingin menyapu bersih tiga laga sisa, termasuk duel pamungkas kontra Arema FC. Jika 8 angka bisa dikantongi, maka PSM akan finis dengan koleksi poin 43.

"Kita ingin menargetkan delapan laga tanpa kekalahan. Tapi kita pun harus memantau apa yang terjadi di bawah klasemen, ada tim yang masih bertarung untuk menyelamatkan diri dari zona degradasi," lanjut juru taktik berpaspor Belanda tersebut.

2. Joop Gall sebut persiapan terhalang cuaca buruk

Jajal Persija, Pelatih PSM Targetkan Poin PenuhPelatih PSM Makassar Joop Gall sedang berbicara dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pekan ke-32 BRI Liga 1 2021/22 pada Minggu 20 Februari 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Meski begitu, persiapan mereka jelang duel ini sedikit terkendala akibat hujan yang mengguyur Denpasar beberapa hari terakhir.

"Setelah laga terakhir, saya memberi mereka waktu libur dua hari untuk memulihkan kondisi psikologis," tutur Gall.

"Kemarin kita melakukan persiapan, tapi lapangan tidak bisa digunakan karena hujan deras. Alhasil, kita harua latihan di tempat lain," sambungnya.

Minus Anco Jansen yang cedera hingga akhir musim, PSM siap turun dengan kekuatan penuh. Seperti duet stopper Ganjar Mukti - Erwin Gutawa, gelandang Muhammad Arfan dan penyerang Yakob Sayuri.

3. Wiljan Pluim menyebut lini belakang Persija cukup solid

Jajal Persija, Pelatih PSM Targetkan Poin PenuhPemain PSM Makasar Wiljan Pluim (kiri) dan pelatih Joop Gall (kanan) dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan pekan ke-32 BRI Liga 1 2021/22 pada Minggu 20 Februari 2022. (Dok. MO PSM Makassar)

Di sisi lain, Wiljan Pluim menyebut lini belakang Persija cukup solid. Kekalahan anak asuh coach Sudirman dari Madura United pekan lalu tak merubah penilaian playmaker asal Negeri Kincir Angin itu.

"Dari pengamatan saya, mereka punya pertahanan yang bagus. Bek kanan mereka (Marco Motta, red.) salah satu yang terbaik di liga," terangnya

"Bek-bek mereka bertahan dengan baik, tapi tetap saja pertahanan yang baik tidak mulai dari belakang, melainkan dari depan. Jadi kita harus bersiap, bukan cuma melihat pemain bertahan Persija saja," pungkas pemilik nomor punggung 80 itu.

Siapa berhak kantongi tiga poin penting? Saksikan duel Persija versus PSM pada Senin besok (21/3/2022) pukul 17.00 WITA.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya