Comscore Tracker

Malam Ini PSS Sleman Vs PSM Makassar, Ujian Mental di Laga Pembuka

Juku Eja ingin memetik hasil positif di pertandingan perdana

Makassar, IDN Times - PSM Makassar akan mengawali perjalanan mereka di BRI Liga 1 2022-23 dengan melawat ke markas PSS Sleman, Sabtu malam (23/7/2022). Pelatih PSM Bernardo Tavares menganggap laga pembuka ini sebagai ujian sesungguhnya.

Berbekal hasil yang bagus di Piala Presiden dan AFC Cup, ia mengincar poin penuh di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Pengalaman meraih poin penuh kala melawat ke kandang lawan saat pramusim rupanya jadi modal tersendiri.

"Untuk pertandingan besok, akan menjadi pertandingan pertama dan kita ingin memulai liga dengan hasil yang bagus," ujar Tavares dalam sesi jumpa pers pra pertandingan pada Jumat sore (22/3/2022).

"Pemain saya bisa membuktikan bisa menang di luar. Seperti saat Piala Presiden," sambungnya.

Baca Juga: TC di Jogja Jelang Liga 1, PSM Bawa 'Skuad Remaja'

1. Tavares menyebut pemainnya harus mengasah mental tandang

Malam Ini PSS Sleman Vs PSM Makassar, Ujian Mental di Laga PembukaPelatih PSM Makassar Bernardo Tavares dalam laga Grup H AFC Cup 2022 kontra Tampines Rovers di KLFA Stadium Kuala Lumpur, Senin 27 Juni 2022. (the-afc.com)

Tavares bahkan ingin Maguwoharjo untuk terisi penuh. Aturan bertanding tanpa penonton pada musim lalu memang sudah dihapus. Ia menyebut para pemainnya kini harus menempa mental tandang, dan merasakan suasana sepak bola sesungguhnya.

"Bagi para pelatih, kita tentu berpikir bahwa stadion yang penuh itu lebih baik daripada kosong. COVID-19 menghantam dan mengubah keadaan, tapi kita semua sudah kembali ke situasi semula," paparnya.

"Jadi meski suporter yang datang mayoritas mendukung tim tuan rumah, suporter kita tetap akan datang. Pemain PSM juga ingin tampil maksimal di hadapan pendukung sendiri, dan ingin stadion penuh," imbuh pelatih asal Portugal itu.

2. Pelatih PSS masih memberi waktu adaptasi pada seluruh legiun asing

Malam Ini PSS Sleman Vs PSM Makassar, Ujian Mental di Laga PembukaPelatih kepala PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan kontra PSM Makassar, Jumat 22 Juli 2022. (PSSleman.id)

Lebih jauh, Wiljan Pluim dkk diwanti-wanti Tavares untuk waspada dengan para pemain asing baru PSS. Yakni bek tengah Tallyson Duarte, gelandang bertahan Jihad Ayoub, gelandang serang Ze Valente dan striker Mychell Chagas.

Namun, Seto Nurdiyantoro selaku arsitek Elang Jawa justru masih belum pasti menurunkan keempat legiun asingnya sekaligus. Tiga di antaranya dianggap masih butuh waktu untuk nyetel

"Dengan hanya satu pemain asing di Piala Presiden 2022, butuh waktu butuh proses adaptasi. Untuk pertandingan besok kita belum tahu apakah bisa dimainkan atau tidak," ungkap Seto dalam sesi terpisah.

"Kedatangan mereka dalam waktu yang singkat, yaitu dua minggu bahkan satu pemain asing baru bergabung dan berlatih dua hari," imbuh Seto, merujuk pada Tallyson Duarte.

3. Elang Jawa siap tampil agresif kala ladeni perlawanan Pasukan Ramang

Malam Ini PSS Sleman Vs PSM Makassar, Ujian Mental di Laga PembukaPara pemain PSS Sleman dalam sesi latihan di Stadion Maguwoharjo, Juli 2022. (PSSleman.id)

Lebih jauh, coach Seto berharap Bagus Nirwanto cs bisa tampil maksimal di rumah sendiri. "Mudah-mudahan di laga besok kondisi pemain lebih baik, lebih bugar dan harapannya tampil lebih agresif," tutur sosok 48 tahun tersebut.

Berikut ini prakiraan susunan pemain kedua tim :

PSS Sleman (4-3-3)

Muhammad Ridwan (GK); Bagus Nirwanto, Syaiful Ramadhan, Dedy Gusmawan, Marckho Sandy; Wahyu Sukarta, Jihad Ayoub, Ze Valente; Saddam Gaffar, Mychell Chagas, Boaz Solossa

PSM Makassar (3-5-2)

Reza Arya Pratama (GK); Erwin Gutawa, Yuran Fernandes, Agung Mannan; Yakob Sayuri, Muhammad Arfan, Wiljan Pluim, Bryan Cesar, Rizky Eka Pratama; Ramadhan Sananta, Everton Nascimento

Siapa yang akan memetik tiga poin di Maguwoharjo? Saksikan pertandingan PSS Sleman versus PSM Makassar pada hari Sabtu (23/7/2022), pukul 19.15 WITA.

Baca Juga: Demi AFC Cup, LIB Ubah Jadwal PSM di Liga 1 2022/23

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya