Liga 3 Sulsel: Perslutim dan Persim Lolos ke Putaran Kedua

Perslutim menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan

Makassar, IDN Times - Tuntas sudah babak penyisihan Grup A Liga 3 2022-23 Regional Sulawesi Selatan (Sulsel). Dua tim lolos ke babak 8 besar dan ajang berformat setengah kompetisi itu, yakni Perslutim Luwu Timur serta Persim Maros.

Pada dua partai matchday terakhir yang berlangsung di Stadion Persesos Sorowako, Jumat lalu (30/12/2022), Perslutim melibas Masolo United Pinrang lima gol tanpa balas. Sedangkan Persim ditahan imbang 1-1 oleh Bank Sulselbar FC (Makassar).

1. Perslutim lolos ke babak 8 besar regional untuk pertama kalinya

Liga 3 Sulsel: Perslutim dan Persim Lolos ke Putaran KeduaSalah satu momen pertandingan Liga 3 2022-23 Sulsel antara Perslutim Luwu Timur melawan Masolo United FC di Stadion Persesos Sorowako, Jumat 30 Desember 2022. (Dok. Istimewa)

Perslutim finis sebagai pemuncak klasemen Grup A setelah menyapu bersih tiga pertandingan. Mereka sebelumnya menekuk Persim dengan skor 2-0 pada Senin lalu (27/12/2022) dan menang 1-3 atas Bank Sulselbar FC di hari Selasa (28/12/2022).

Tradisi tim tuan rumah putaran pertama selalu lolos ke babak berikutnya ternyata dirasakan Perslutim. Dalam keikutsertaan terakhir dalam edisi 2019, Laskar Bumi Batara Guru hanya finis di peringkat empat fase grup. Kian sempurna sebab Perslutim akhirnya merasakan manisnya lolos dari fase grup tingkat regional untuk kali pertama sejak tahun 2017.

2. Persim finis sebagai runner-up Grup A dengan koleksi 4 poin

Liga 3 Sulsel: Perslutim dan Persim Lolos ke Putaran KeduaSuasana latihan para pemain Persim Maros di Stadion Persesos Sorowako, Minggu 25 Desember 2022. (Dok. Ofisial Persim Maros)

Sementara itu, Persim finis sebagai runner-up dengan koleksi 4 poin. Laskar Kupu-Kupu Raja mendapat nilai yang sama dengan Bank Sulselbar FC. Tapi mereka unggul dalam hal agresivitas gol.

Setelah dibekuk 2-0 oleh Perslutim, anak asuh Denny Tarkas tersebut bangkit di matchday kedua. Mereka menghajar Masolo United dengan skor 5-0. Mereka masing-masing mendapat sekali menang, kalah dan imbang. Ada 6 gol mampu dilesakkan dari tiga laga, lebih banyak dari Bank Sulselbar FC yang cuma mengoleksi 5 gol.

Menjadi bulan-bulanan dan kemasukan 13 kali, Masolo United FC finis sebagai juru kunci klasemen akhir Grup A.

3. Babak 8 besar baru berlangsung pada Februari 2023 mendatang

Liga 3 Sulsel: Perslutim dan Persim Lolos ke Putaran KeduaPara pemain Perslutim Luwu Timur merayakan kemenangan atas Bank Sulselbar FC di Stadion Persesos Sorowako, Selasa 27 Desember 2022. (Dok. Istimewa)

Perslutim dan Persim jadi dua tim pertama yang memastikan satu tempat di putaran kedua Liga 3 2022-23 Regional Sulsel. Babak 8 besar sendiri baru berlangsung pada 1-9 Februari 2023 mendatang. Alhasil, mereka punya banyak waktu persiapan sembari mengamati kekuatan para calon lawan.

Setelah Grup A rampung, Grup B akan dihelat mulai Kamis mendatang (5/1/2023) hingga 10 Januari 2023 di Stadion La Patau Watampone. Kontestan Grup B sendiri yakni tuan rumah Persibone Bone, Perssin Sinjai, Gasiba Bulukumba serta runner-up Liga 3 Sulsel musim kemarin yakni Alesha FC Makassar.

Baca Juga: Liga 3 Regional Sulsel Dimulai, Diikuti 16 Tim

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya