Comscore Tracker

Liga 1 Jeda Akibat Corona, PSM Makassar Liburkan Pemain Sementara

Bojan Hodak menerima semua keputusan dari pemerintah

Makassar, IDN Times - Berbarengan dengan wabah virus COVID-19, PSSI telah mengambil sikap dalam menekan penyebaran virus tersebut. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengeluarkan keputusan meliburkan Shopee Liga 1 2020 terhitung mulai hari Senin (16/3) ini.

"Kita tentukan minimal dua pekan kompetisi berhenti, sembari menanti perkembangan terkini atas persebaran virus Corona," ungkap Iriawan di sela-sela acara kick-off Liga 2 di Stadion Batakan Balikpapan, Kalimantan Barat pada hari Sabtu (14/3) kemarin, seperti dilansir oleh laman resmi PSSI.

Baca Juga: Bojan Hodak: PSM Makassar Tak Punya Penjaga Gawang Utama

1. Usai jalani laga kontra Barito Putera, skuad PSM Makassar diliburkan selama empat hari

Liga 1 Jeda Akibat Corona, PSM Makassar Liburkan Pemain SementaraANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Seperti apa sikap PSM Makassar? Sama seperti tim-tim Liga 1 lainnya, manajemen Juku Eja menindaklanjuti perintah dari PSSI dengan memberi libur kepada seluruh pemain dan stafnya. Usai meladeni perlawanan Barito Putera pada Minggu (15/3) kemarin, jeda diambil untuk sementara waktu.

Menurut Media Officer PSM Makassar Sulaiman Abdul Karim, Wiljan Pluim beserta kolega juga mendapat libur meski cukup singkat.

"PSM libur selama empat hari, setelah itu (Jumat 20 Maret) kembali lakukan latihan normal," tulisnya dalam pesan singkat yang diterima IDN Times pada hari Senin (16/3).

2. Pelatih PSM, Bojan Hodak, dan seluruh pemain menerima segala keputusan dari pemerintah

Liga 1 Jeda Akibat Corona, PSM Makassar Liburkan Pemain SementaraANTARA FOTO/Arnas Padda

Hal senada juga sudah diucapkan sang pelatih PSM Makassar, Bojan Hodak, dalam sesi jumpa pers pra-pertandingan sehari sebelum duel kontra Laskar Antasari. Juru taktik asal Kroasia itu menyebut bahwa dirinya dan seluruh pemain menerima segala keputusan dari pemerintah.

"Jika dihentikan (ditunda), kami ikut. Jika bermain tanpa penonton, kami juga akan lakukan. Tapi menurut saya, masalah ini (mengatasi wabah COVID-19) lebih penting dari sepak bola, dan bahkan jauh lebih penting dari semuanya," ungkap sosok 48 tahun itu di hadapan awak media.

Manajemen turut memperhatikan kesehatan pendukungnya. Tangan seluruh penonton, yang menyaksikan duel PSM kontra Barito di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, lebih dulu mendapat cairan hand sanitizer dari petugas di seluruh pintu masuk.

3. Untuk kesehatan, seluruh punggawa Pasukan Ramang sudah menjalani vaksinasi

Liga 1 Jeda Akibat Corona, PSM Makassar Liburkan Pemain SementaraANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Menyoal kesehatan, Sulaiman menjelaskan bahwa seluruh pemain dan staf PSM telah melakukan vaksinasi demi meningkatkan imunitas tubuh. Ini dilakukan pada Februari silam, ketika Pasukan Ramang akan jalani partai tandang ke Singapura kontra Tampines Rovers, pada matchday pertama Grup H AFC Cup 2020.

Beberapa klub Liga 1 sudah mengambil sikap demi kesehatan punggawanya. Skuad Persib Bandung baru saja menjalani tes virus Corona pada hari Senin (16/3) yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Hal sama juga akan dilakukan oleh Persija Jakarta di sela-sela libur selama satu pekan.

Baca Juga: Imbang 1-1 Atas Barito Putera, PSM Gagal Tembus Papan Atas Klasemen

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya