Kerap Berakhir Nihil, Ini Cerita Perjalanan PSM di Piala Presiden

Untungnya, nasib buruk tak berlanjut hingga Liga 1

Makassar, IDN Times - Sudah bukan rahasia umum jika Piala Presiden tak memiliki arti istimewa bagi PSM Makassar. Hal tersebut sudah terbukti dalam tiga edisi belakangan.

Bahkan yang terbaru, mereka pulang dari Stadion Moch. Soebroto Magelang sebagai juru kunci grup. Meski dengan hadiah uang tunai menggiurkan, skuat Ayam Jantan Dari Timur tetap tak tergoda dan tidak mematok target prestasi terlalu tinggi.

Sebagai penyegar ingatan, IDN Times menyajikan kilas balik perjalanan PSM di Piala Presiden sejak pertama kali dihelat pada tahun 2015.

1. 2015: Terhenti di perempat final

Kerap Berakhir Nihil, Ini Cerita Perjalanan PSM di Piala PresidenPialaPresiden.org

Jauh sebelum dilabeli "turnamen pra-musim," PSM pernah mencurahkan segenap fokus. Bisa dipahami, lantaran tiada kompetisi resmi bergulir, sementara sanksi pembekuan dari FIFA baru dicabut setahun berselang. Alhasil Piala Jenderal Sudirman, Bhayangkara Cup, dan Habibie Cup hadir mengisi hausnya publik akan laga-laga sepak bola.

Di edisi perdana Piala Presiden, pasukan Assegaf Razak mengandalkan skuat "warisan" Alfred Riedl - Hans Peter Schaller di ISL 2015. Dengan status sebagai tuan rumah Grup D, PSM menjajal tiga tim lain yakni Persegres Gresik United, Pusamania Borneo FC dan Persipasi Bandung Raya.

Tak terbendung sepanjang fase penyisihan grup, langkah Syamsul Chaeruddin cs malah terjegal Mitra Kukar kala jalani babak perempat final lantaran kalah gol tandang. Meski prestasi Razak bisa tergolong tak buruk-buruk amat, ia langsung dicopot dari jabatan sebagai pelatih kepala.

Catatan pertandingan :

31/08/2015 PSM 3-0 Persegres (Penyisihan grup)

04/09/2015 PSM 2-0 PBR (Penyisihan grup)

08/09/2015 PSM 0-0 Borneo FC (Penyisihan grup)

19/09/2015 Mitra Kukar 0-1 PSM (Leg pertama delapan besar)

26/09/2015 PSM 2-1 Mitra Kukar (Leg kedua delapan besar)

2. 2017: jadi runner-up grup

Kerap Berakhir Nihil, Ini Cerita Perjalanan PSM di Piala PresidenANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra

Tahun 2016 jadi awal kebangkitan PSM. Hadirnya Robert Rene Alberts di tengah helatan Indonesia Soccer Championship membawa angin segar. Juku Eja lantas digadang-gadang sanggup berbicara banyak pada Liga 1, kompetisi resmi yang baru diputar pada 2017.

Sempat diisukan menarik diri demi fokus ke training camp, PSM baru bersedia ikut seminggu sebelum kick-off. Namun, meneer Robert enggan mematok target tinggi. Piala Presiden 2017 dianggap sebagai ajang para pemain memanaskan otot usai libur panjang. Selain itu para pemain berstatus trial seperti Pouya Hosseini, Raphael Maitimo dan Arthur Irawan diberi kesempatan memikat hati si juru taktik.

Tergabung di Grup 3 bersama tuan rumah Persib Bandung, Persela Lamongan dan Persiba Balikpapan, Hamka Hamzah cs finis sebagai runner-up. Mereka hanya mengumpulkan 3 poin dari tiga laga, dengan rincian sekali menang dan dua kali kalah. Menurut perolehan gol dan jumlah poin, jatah perdelapan final untuk peringkat dua terbaik lepas dari genggaman.

Benar saja, Piala Presiden hanya batu loncatan. Gas yang disimpan langsung digeber habis-habisan di Liga 1. Sepanjang musim 2017, PSM konsisten meramaikan persaingan papan atas.

Catatan pertandingan :

06/02/2017 Persib 1-0 PSM

12/02/2017 PSM 1-2 Persela

17/02/2017 Persiba 1-3 PSM

3. 2018: Membungkam Maung di Bandung

Kerap Berakhir Nihil, Ini Cerita Perjalanan PSM di Piala PresidenTwitter.com/PSM_Makassar

Tahun kedua menukangi PSM, Robert masih konsisten dengan pendirian terhadap Piala Presiden. Pada edisi 2018, fokus Zulkifli Syukur beserta kolega harus terbagi. Pada saat bersamaan mereka turut serta dalam Supercup Asia, hajatan pra-musim yang diikuti empat klub lintas negara.

Tim pun dipecah menjadi dua. Seluruh pemain inti tetap tinggal di Makassar (Mattoanging jadi tuan rumah Supercup Asia). Sedang para rekrutan baru ditambah seluruh tenaga muda dikirim ke Bandung (tuan rumah Grup A), bersaing dengan Persib, PSMS Medan yang baru saja promosi serta Sriwijaya FC.

PSM sendiri finis sebagai juru kunci, lantaran dua laga awal berakhir dengan kekalahan. Namun kisah singkat di Tanah Priangan ditutup dengan sempurna. Hadir dengan setengah kekuatan, sebiji gol Bruce Djite membungkam Persib di hadapan lebih dari 20 ribu penonton yang memenuhi Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Pada Liga 1 2018, Pasukan Ramang keluar sebagai runner-up. Capaian terbaik sejak menyabet status serupa di Ligina 2004.

Catatan pertandingan :

16/01/2018 PSM 1-2 PSMS

21/01/2018 Sriwijaya FC 3-0 PSM

26/01/2018 PSM 1-0 Persib

Baca Juga: Gol PSM Makassar Terbaik di Piala AFC

4. 2019: positif-negatif dari Magelang

Kerap Berakhir Nihil, Ini Cerita Perjalanan PSM di Piala PresidenANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Tahun 2019 diawali dengan campur aduk. Semua merasa antusias lantaran Wiljan Pluim dkk kembali meramaikan persaingan tingkat benua, usai absen selama 13 tahun. Sayang, mundurnya Robert Alberts dari kursi pelatih dengan alasan kesehatan memberi rasa sedih mendalam di hati sebagian suporter.

Hadirnya Darije Kalezic, sosok pelatih kaya pengalaman Eredivisie Belanda, diharapkan sanggup mengisi lubang sang meneer. Masalah klasik kembali muncul, lantaran ada dua kompetisi yang harus diikuti dalam waktu bersamaan, Piala Presiden dan AFC Cup. Tim pun kembali terbagi. Inti berjuang di Asia, sementara pemain muda diberi kesempatan unjuk gigi.

Tergabung di Grup C bersama tuan rumah PSIS Semarang, Kalteng Putra dan Persipura, PSM pulang dari Magelang usai finis di peringkat buncit. Tiada kemenangan dari tiga kali main, meski mereka juga tak menjadi bulan-bulanan. Poin negatif, kinerja lini belakang masih mengkhawatirkan. Sisi positif? Pemain jebolan U-19 seperti Takwir, Aji Kurniawan dan Muh. Rezki Eka Putra punya kapasitas meramaikan persaingan di tim utama.

Catatan pertandingan :

06/03/2019 PSM 0-1 Kalteng Putra

10/03/2019 Persipura 1-0 PSM

16/03/2019 PSIS 1-0 PSM

Ada hal unik. Meski di Piala Presiden kurang mulus, nasib PSM kala berurusan dengan Liga 1 selalu mujur. Apakah tradisi tersebut bakal berlanjut di bawah asuhan Kalezic? Patut ditunggu seperti apa perjalanan mereka di Liga 1 2019 serta Piala Presiden.

Baca Juga: Hari Hutan Sedunia: Menilik Kondisi Terkini Hutan di Sulawesi Selatan

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Ita Lismawati F Malau

Just For You