Comscore Tracker

Kapan Terakhir Kali Rizky Pellu dan Ferdinand Sinaga Perkuat Timnas?

Juku Eja sumbangkan dua nama andalan untuk Tim Garuda

Makassar, IDN Times - Kabar gembira datang untuk dua penggawa PSM Makassar, Rizky Pellu dan Ferdinand Sinaga. Pelatih Tim Nasional Indonesia yakni Simon McMenemy mencantumkan nama mereka dalam daftar 24 pemain yang masuk dalam persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2024 kontra Malaysia dan Thailand pada awal September mendatang.

Melalui situs resmi PSSI, Simon mengungkap bahwa pemain yang dipanggil adalah mereka yang mampu menjadi role model sekaligus memiliki pengetahuan taktik dan formasi memadai. Training camp (TC) timnas senior sendiri dimulai pada 21 Agustus 2019 di Stadion Pakansari, Bogor.

Memperkuat Merah Putih tentu saja jadi kehormatan bagi seluruh pemain sepak bola berkewarganegaraan Indonesia. Rasa bangga tentu tumbuh di dada lantaran tampil sebagai yang terbaik di antara terbaik. Performa moncer saat memperkuat klub masing-masing membuat mereka menarik perhatian coach Simon.

Baca Juga: Jadi Juara Piala Indonesia 2018-19, PSM Makassar Kebanjiran Bonus

1. Rizky Pellu baru empat kali tampil untuk Timnas Indonesia di semua ajang

Kapan Terakhir Kali Rizky Pellu dan Ferdinand Sinaga Perkuat Timnas?Instagram.com/rizkypellu19

Contohnya Rizky Pellu yang menjadi bagian vital dari lini tengah PSM selama dua musim terakhir. Sulit memisahkannya dari skema trio gelandang Juku Eja bersama Wiljan Pluim dan Marc Klok. Untuk level Timnas, Rizky akan bersaing dengan darah muda seperti Evan Dimas dan Zulfiandi ditambah nama-nama senior lain macam Manahati Lestusen serta Irfan Bachdim.

Namun, sosok 27 tahun itu kembali masuk dalam radar pada pertengahan tahun 2019. Yang mengejutkan, gelandang sekaliber Rizky Pellu baru empat kali tampil untuk Timnas sejak debut pada 2014. Sinarnya saat bersama tim U-23 di Asian Games 2014 dan SEA Games 2013 tak serta merta amankan satu tempat di level senior.

Setelah dicoret oleh Alfred Riedl dari seleksi jelang AFF Cup 2016, eks penggawa Mitra Kukar itu harus menunggu selama tiga tahun sebelum kembali berseragam Garuda. Terakhir kali Rizky memperkuat Timnas yakni saat Indonesia lakoni pertandingan uji coba kontra Yordania pada 11 Juni silam.

2. Terakhir kali Ferdinand Sinaga berseragam merah kebesaran negara adalah pada final AFF Cup 2016

Kapan Terakhir Kali Rizky Pellu dan Ferdinand Sinaga Perkuat Timnas?Liga-Indonesia.id

Sementara itu, Ferdinand Sinaga sedikit bernasib sedikit lebih baik ketimbang sang rekan. Penyerang bernomor punggung 6 itu memang sempat tersisih dari persaingan pengisi sektor depan setelah kedatangan Eero Markkanen. Namun ia didapuk sebagai starter dalam empat partai terakhir PSM.

Meski baru mengumpulkan enam gol dari total duabelas penampilan untuk Pasukan Ramang sejak awal 2019, Simon McMenemy agaknya mendasarkan pemanggilan The Dragon pada karakteristik permainan. Dua striker lain yang dipanggil, Osas Saha dan Beto Goncalves memang memiliki gaya dinamis sehingga tak canggung beroperasi di sisi sayap atau bahkan turun hingga lapangan tengah.

Di level internasional, Ferdinand sejauh ini baru mengumpulkan 19 caps --dan belum sekalipun mencetak gol-- sejak debut pada tahun 2011. Top skorer cabor sepak bola pria Asian Games 2014 itu terakhir kali tampil membela Timnas Indonesia pada AFF Cup 2016, tepatnya final leg kedua kontra Thailand sebagai pemain pengganti.

3. Siapa yang kira-kira didapuk mengisi pos kosong di lini tengah dan depan?

Kapan Terakhir Kali Rizky Pellu dan Ferdinand Sinaga Perkuat Timnas?Liga-Indonesia.id

Rizky Pellu dan Ferdinand Sinaga dipastikan tak memperkuat PSM hingga empat pertandingan mendatang --usai duel kontra Persib pada Minggu (18/8) ini-- lantaran agenda TC dan Kualifikasi Piala Dunia berjalan hingga lebih dari dua pekan. Nah, siapa kira-kira yang akan mengisi pos mereka?

Untuk lapangan tengah, Kalezic bisa menjatuhkan pilihannya pada gelandang muda Muhammad Arfan. Meski demikian, Rasyid Bakri juga berhak mencicipi menit bermain tambahan. Sedangkan lini depan jadi fokus utama. Semenjak Guy Junior menepi akibat cedera, opsi mengerucut hanya kepada Eero Markkanen seorang.

Baca Juga: Jalan Panjang PSM Makassar dalam Merajai Sepak Bola Indonesia

Topic:

  • Ach. Hidayat Alsair
  • Ita Lismawati F Malau

Just For You