Kabar Terbaru eks Striker PSM Pavel Purishkin, Kini Jadi Pelatih

Pemain kesayangan suporter PSM di musim 2017

Makassar, IDN Times - Masih ingat dengan Pavel Purishkin? Penyerang asal Uzbekistan tersebut pernah memperkuat PSM Makassar pada putaran kedua Liga 1 2017. Saat itu, ia diplot sebagai pengganti Reinaldo Elias da Costa yang hengkang ke Persija Jakarta.

Namun, alih-alih menjadi ujung tombak, Pavel justru bermain sebagai penyerang sayap. Dalam formasi racikan Robert Rene Alberts saat itu, tugas juru gedor diserahkan kepada Ferdinand Sinaga.

Pavel menyumbang 4 gol dan 4 asis dari 13 pertandingan yang ia mainkan. Meski cuma setengah musim, pria yang biasa disapa Pasheko tersebut jadi kesayangan suporter PSM.

Baca Juga: Kabar Terbaru Darije Kalezic Eks Pelatih PSM, Baru-baru Dipecat

1. Sudah menjadi pelatih Akademi Pakhtakor Tashkent sejak tahun 2021

Kabar Terbaru eks Striker PSM Pavel Purishkin, Kini Jadi PelatihEks pemain PSM Makassar, Pavel Purishkin, saat mendampingi para pemain Akademi Pakhtakor Tashkent di Kroasia pada Juni 2023. (Instagram.com/pasheko_88)

Lantas bagaimana kabarnya sekarang? Penyerang yang kini berusia 34 tahun tersebut rupanya sudah banting setir menjadi pelatih usai pensiun. Sejak tahun 2021, Pavel bekerja menjadi pelatih kepala tim Akademi Pakhtakor Tashkent. Ini agaknya jadi bentuk balas jasa, sebab ia juga jebolan akademi klub papan atas Uzbekistan tersebut.

Pavel bertugas melatih anak-anak berusia di bawah 10 tahun untuk menimba ilmu bal-balan dasar. Tak cuma itu, ia pun menemani tim asuhannya terjun dalam kejuaraan sepak bola anak-anak di tingkat nasional dan internasional.

2. Berhasil membawa anak asuhnya menyabet empat trofi dalam dua tahun terakhir

Kabar Terbaru eks Striker PSM Pavel Purishkin, Kini Jadi PelatihEks pemain PSM Makassar, Pavel Purishkin, saat mendampingi para pemain Akademi Pakhtakor Tashkent di Kroasia pada Juni 2023. (Instagram.com/pasheko_88)

Di bawah asuhannya, Akademi Pakhtakor Tashkent bisa memenangi empat trofi. Pada tahun 2021 yang menandai debutnya sebagai juru latih, ia bisa menyabet dua gelar yakni Arystan Cup dan Bigissikyl Cup.

Masuk 2022, Pavel memboyong piala dari ajang Summer Cup yang berlangsung di Bulgaria. Dan yang terbaru, pada hari Minggu lalu (11/6/2023), Akademi Pakhtakor Tashkent menjadi jawara Dalmatinko Cup 2023 U-10, sebuah kejuaraan bergengsi yang mempertemukan akademi tim-tim Eropa Timur.

3. Sempat memperkuat Oman Club sebelum gantung sepatu di usia masih sangat muda

Kabar Terbaru eks Striker PSM Pavel Purishkin, Kini Jadi PelatihEks pemain PSM Makassar, Pavel Purishkin, saat menandatangani kontrak dengan Oman Club pada Januari 2020. (Instagram.com/pasheko_88)

Usai dilepas PSM pada akhir musim 2017, Pavel kembali ke Uzbekistan untuk memperkuat tiga klub. Mulai dari Metallurg Bekabad (Februari-Juli 2018), Dinamo Samarqand (Juli-Desember 2018) kemudian FK Oqtepa sepanjang musim 2019. Di FK Oqtepa, ia mencetak 19 gol sekaligus menjadi top skorer Uzbekistan Pro League.

Pavel kemudian merantau ke tanah Arab dengan bergabung ke Oman Club pada putaran kedua Oman Professional League 2019-20. Sayang, petualangannya di Liga Oman cuma berlangsung setengah musim. Berstatus tanpa klub sejak Juli 2020, ia kemudian memutuskan pensiun dan kembali mengabdi ke Pakhtakor Tashkent.

Baca Juga: Ini Calon Lawan PSM di Babak Kualifikasi AFC Cup

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya